Memahami berbagai jenis bahan kertas yang digunakan dalam poster sangat penting bagi siapapun yang ingin mendesain poster dan mencetaknya. Seorang desainer perlu mengetahui berbagai jenis kertas untuk poster, agar dapat menentukan bahan yang paling sesuai untuk desainnya.

Selain menemukan jenis kertas poster terbaik, ada pula beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat mencetak poster. Ya, jenis kertas yang akan digunakan saat mencetak poster sangat bergantung pada beberapa faktor. Apa sajakah itu?

Faktor yang Menentukan Jenis Kertas Poster

1. Biaya

Jika ingin mencetak poster dalam jumlah besar baik itu hendak dijual atau sebagai bahan promosi, maka carilah kertas yang sekiranya murah. Banyak kertas poster seringkali merupakan campuran serat dan bahan, seperti katun, poliester, bambu, dan selulosa alfa.

Bahan-bahan ini tidak hanya memiliki tampilan dan spesifikasinya sendiri, tetapi juga mempengaruhi kisaran harganya.

2. Tahan Lama

Namanya juga sebuah poster, sudah pasti akan digantung. Dalam menentukan jenis kertas untuk poster, coba perkirakan waktu tentang berapa lama poster harus digantung atau ditempelkan?

Poster yang digantung di dalam ruangan akan terlindungi dari berbagai debu dan kotoran, sedangkan poster luar ruangan harus sedikit lebih tebal bahannya. Pastikan untuk mengenai durasi dan di mana poster hendak dipajang.

3. Tampilan

Beberapa orang menyukai kemilau kertas glossy, sementara yang lain menganggap hasil akhir matte lebih enak dipandang.

Tampilan matte atau glossy dapat sangat mempengaruhi seperti apa produk akhir poster nantinya. Baik tampilan matte ataupun glossy, semua tergantung pada preferensi masing-masing.

Jenis Kertas untuk Poster

Setelah mengetahui faktor apa saja yang perlu dipertimbangkan ketika menentukan kertas poster, di bawah ini ada beberapa jenis kertas yang bisa digunakan untuk mencetak poster:

1. Art Carton

Art carton merupakan jenis kertas glossy yang biasanya lebih disukai ketika seseorang mencari kertas dengan tampilan berkilau dan ketebalan yang bagus.  Art carton tersedia dalam berbagai macam warna cerah yang cocok untuk poster.

Baca juga: Kegunaan, Karakteristik dan Ciri Art Carton

Art carton mempunyai lapisan UV yang lebih tinggi untuk membuat kertas tampak lebih berkilau. Dengan lapisan UV yang tinggi, maka tidak heran jika art carton menawarkan lebih banyak kilap. Jika kertas ini terkena sidik jari, maka noda sidik jari dapat dengan mudah dihapus.

2. Art Paper

Pilihan kedua yang bisa dipertimbangkan adalah art paper yang mempunyai tampilan semigloss. Art paper sendiri adalah jenis kertas paling populer  digunakan dalam pencetakan poster. Kertas ini memiliki sedikit kilau dibandingkan dengan jenis kertas lainnya.

Baca juga: Penggunaan Art Paper dan Keunggulannya

Meski tingkat kilauannya tidak terlalu banyak seperti art carton, namun poster yang dicetak dengan art paper bisa menghasilkan gambar yang tajam dan menarik. Noda sidik jari jarang terlihat pada poster yang dicetak di atas kertas art paper.

3. BW Carton

Terakhir, ada BW carton yang hanya memiliki tampilan sedikit matte. Poster yang dicetak pada kertas jenis ini harus ditempatkan di bagian yang memiliki tingkat cahaya yang memadai, dan tidak boleh di area ruangan yang gelap.

Tingkat cahaya yang memadai akan mampu memantul pada kertas, sehingga menciptakan visual yang menarik. Poster seni yang dicetak pada jenis kertas ini idealnya ditempatkan di bagian galeri seni yang berwarna cerah, atau di ruangan berwarna cerah seperti ruang tamu.

Gambar poster yang dicetak pada kertas BW carton biasanya cukup mencolok dan cerah. BW carton menawarkan finishing yang indah dan kertas ini juga sangat tahan terhadap noda.

Jenis kertas adalah hal nomor satu yang akan mempengaruhi biaya cetak poster. Maka dari itu, selalu sesuaikan budget yang dimiliki dengan pilihan kertas untuk poster yang tersedia agar tidak menyesal di akhir. 

Baca Rekomendasi Berikut: