Dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali benda sederhana yang ternyata memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah kertas aluminium foil yang biasanya dijadikan bahan pembungkus makanan. Kertas yang terbuat dari bahan alumunium ini ternyata memiliki banyak manfaat lainnya yang jarang diketahui.

Berbagai Macam Fungsi Aluminium Foil

Banyaknya produksi kertas berbahan alumunium ini tentu bukan tanpa alasan. Ada banyak kegunaannya dalam kehidupan sehingga permintaannya dari waktu ke waktu terus meningkat. Agar bisa memanfaatkan kertas ini dengan maksimal, beberapa fungsi berikut wajib untuk diketahui.

1. Fungsi Pada Makanan

Manfaat pertama dari kertas alumunium yang paling banyak dikenal masyarakat adalah ketika digunakan pada makanan. Sifat alumunium yang mampu mencegah masuknya kuman, oksigen, dan bau sering kali digunakan untuk mengawetkan berbagai jenis makanan.

Selain itu, ada beberapa fungsi lainnya yang bisa diperoleh dari kertas alumunium jika diaplikasikan pada makanan, di antaranya :

  • Alat mengawetkan makanan tanpa freezer.

Kalau ingin memanfaatkan kertas ini sebagai bahan pengawet makanan, caranya cukup mudah. Siapkan beberapa lembar kertas alumunium yang bersih. Lapisi makanan yang ingin diawetkan dengan kertas tersebut.

Bila makanannya basah atau berkuah, maka bagian yang dilapisi adalah penutupnya. Sementara alas makanan bisa diberi lembaran kertas ini.

  • Sebagai alas loyang agar kue yang dimasak tidak gosong.

Kue yang dimasak dalam loyang sering kali gosong karena terkena permukaan loyang secara langsung. Untuk mencegah kondisi ini, permukaan loyang bisa dilapisi dahulu dengan kertas alumunium yang bersih.

  • Menjaga kehangatan makanan.

Pada jenis makanan yang biasa dihidangkan hangat seperti gorengan, maka penyajiannya bisa menggunakan kertas foil agar kehangatannya terjaga. Terlebih pada makanan hangat yang dijual dengan sistem online.

  • Menjaga aroma dan rasa makanan dalam freezer.

Makanan dalam freezer memang bisa awet, namun rasa dan aromanya bisa hilang dengan mudah. Untuk mencegahnya, makanan yang diawetkan dalam freezer tadi harus dilapisi dengan kertas ini sehingga rasa dan aromanya tetap utuh.

  • Alternatif cetakan kue

Beberapa jenis kue atau makan memiliki bentuk yang unik dan harus dibentuk menggunakan cetakan. Kalau tidak memiliki cetakan tersebut, manfaatkan kertas foil yang mudah dibentuk dan sifatnya agak kaku sebagai cetakan. Misalnya berbentuk kerucut untuk cetakan tumpeng.

2. Fungsi Sebagai Material Bangunan atau Rumah

Bahan dasar alumunium memang sering digunakan untuk material bangunan, seperti kusen dan pintu. Namun, alumunium yang sudah dibentuk menjadi kertas ini juga bisa dimanfaatkan langsung untuk material tambahan dalam rumah ataupun bangunan. Beberapa fungsi aluminium foil meliputi :

  • Sebagai material penghambat panas pada ruangan.

Jika atap ruangan terbuat dari bahan yang panas, kertas aluminium foil bisa dimanfaatkan untuk melapisi bagian atap. Dengan begitu, radiasi panas matahari dari luar akan tertahan oleh kertas dan suhu ruangan tetap stabil.

  • Melindungi lantai agar tidak lecet saat mobilitas pengangkatan barang.

Ketika proses pembangunan rumah atau mengangkat beberapa perabotan seperti lemari, gunakan kertas alumunium untuk melapisi lantai agar tidak lecet atau tergores.

3. Fungsi Pada Perawatan Barang

Penggunaan kertas alumunium sebagai perawatan barang ini masih sangat jarang diketahui oleh masyarakat. Padahal, bahan alumunium yang diolah dalam bentuk kertas ataupun batangan tetap memiliki sifat yang sama, yakni tahan karat dan bisa menjadi konduktor yang baik.

Dengan sifat-sifat asli tersebut, kertas alumunium ini sangat baik apabila difungsikan untuk :

  • Merawat perhiasan perak agar terlihat baru.

Perhiasan perak yang kotor dan terlihat hitam bisa dibersihkan dengan mencampurkan garam, baking soda, dan air panas pada kertas alumunium. Selanjutnya perhiasan tersebut bisa langsung digosok dan menjadi bersih seperti baru.

  • Membantu isi ulang baterai.

Kalau baterai batangan kehabisan dan sedang mati listrik, kertas foil mampu mengisi daya baterai tersebut. Caranya dengan memotong dan kertas dan menggulungnya, lalu letakkan potongan kertas pada kutub positif baterai.

  • Membersihkan karat pada benda logam.

Semua bahan yang berbahan logam dan berkarat langsung digosok menggunakan kertas alumunium. Agar lebih mudah, kertas bisa dicampur sedikit air sebelum digunakan.  

  • Mempercepat pengeringan pakaian basah pada mesin cuci.

Faktor yang menghambat pengeringan baju di mesin cuci adalah karena melekat antara yang satu dengan lainnya. Dengan memasukkan bola kertas aluminium foil pada mesin pengering, maka baju yang melekat karena basah bisa diuraikan dan lebih mudah kering.

  • Alat pembersih pemanggangan.

Alat pemanggangan sangat rentan terkena noda berupa gosong yang berwarna hitam dan merusak pemandangan. Noda ini bisa dibersihkan hanya dengan menggosokkan kertas foil secara langsung.

  • Untuk segel boks makanan yang praktis.

Kertas dari alumunium bisa melekat pada benda tanpa diberikan perekat apapun. Apabila berjualan makanan dan terburu-buru memberikan segel, kertas ini bisa dimanfaatkan sebagai segel yang menjaga makanan dan mencegahnya dari bakteri.

  • Sebagai alas saat menyetrika baju jenis sablon.

Baju yang mengandung sablon sangat berbahaya untuk diseterika karena bisa leleh dan material sablon menempel pada setrika. Untuk mencegahnya, permukaan baju yang di sablon bisa dilapisi dahulu dengan kertas alumunium sebelum di setrika.

  • Melindungi sabun batangan agar lebih awet dan tidak mudah leleh dengan cara membungkusnya sebelum dimasukkan dalam kotak sabun.

4. Fungsi untuk Kesehatan

Setelah dibentuk menjadi kertas yang tipis, alumunium bisa diaplikasikan dengan mudah karena sifatnya sangat ringan. Melalui sifat konduktornya yang sangat baik, kertas aluminium foil bisa dijadikan alat penunjang kesehatan, di antaranya :

  • Mengatasi kelelahan.

Masukkan potongan kertas alumunium selam 2 jam sebelum digunakan. Setelah itu, potong kertas aluminium foil bisa ditempelkan pada titik yang mudah lelah seperti wajah dan kelopak mata.

  • Mengobati nyeri pada sendi.

Aplikasikan langsung kertas aluminium foil ini pada sendi yang nyeri dan biarkan semalaman agar rasa nyeri bisa hilang.

  • Mengatasi kedinginan.

Caranya dengan membungkus beberapa lembar kertas alumunium pada telapak hingga punggung kaki. Biarkan selama 1 jam sebelum dilepas, agar suhu badan kembali hangat.

  • Meredakan sakit karena luka bakar.

Kertas aluminium foil bisa digunakan untuk membungkus luka bakar yang sudah diberi salep untuk meringankan rasa sakitnya.

5. Fungsi untuk Kecantikan

Fungsi terakhir dari kertas aluminium foil yang cukup mengagetkan dan langsung menjadi tren di kalangan wanita adalah sebagai bahan kecantikan. Dalam kertas alumunium ternyata mengandung bahan serum kulit yang sangat terkenal, yakni hyaluronic acid.

Alumunium bahkan disinyalir mengandung bahan ini dua kali lipat lebih banyak dibandingkan pada serum kulit yang biasanya dibuat dalam bentuk krem dan cair. Dengan kandungan tersebut, ditemukan beberapa manfaat kertas alumunium bagi kecantikan, yaitu :

  • Menjaga kelembaban kulit.
  • Membuat kulit lebih kenyal.
  • Memperbaiki sel kulit yang rusak.

Untuk mendapatkan 3 manfaat di atas, tidak harus menunggu perusahaan kecantikan untuk mengolahnya. Kertas alumunium bisa langsung diaplikasikan pada kulit wajah dalam bentuk masker.

Caranya dengan mengguntingnya sesuai bentuk wajah, lalu di tempelkan pada kulit. Agar hasilnya maksimal, gunakan 10 menit saat malam hari.

Berbagai macam fungsi aluminium foil yang tidak terduga di atas bisa menjadi bahan pertimbangan untuk mulai menyetoknya di rumah. Jika ingin memanfaatkannya sesuai fungsi di atas, kertas alumunium bisa langsung digunakan tanpa harus repot membeli.

Baca Rekomendasi Berikut: