Mengetahui jenis-jenis kertas percetakan memang sangat penting sebelum melakukan kegiatan percetakan dokumen tertentu. Pastinya hal ini dilakukan demi mengantisipasi salah pilih kertas. Akan repot jadinya jika salah menggunakan kertas untuk mencetak dokumen tertentu.

Misalnya, kertas yang diperuntukkan bagi percetakan majalah justru keliru dengan kertas koran. Di samping itu, ragam kertas percetakan juga bisa dipakai untuk keperluan promosi tertentu. Seperti halnya dalam mencetak brosur, kartu nama, kalender, paper bag dan sebagainya.

Jenis-Jenis Kertas Percetakan Wajib Tahu

Khususnya bagi pebisnis, mengetahui apa saja jenis kertas menjadi hal penting. Terlebih untuk keperluan promosi tentu perlu memiliki tampilan desain berkualitas dan profesional dengan kertas yang sesuai pemakaiannya. Berikut 20 jenis-jenis kertas percetakan terbaik untuk percetakan:

Corrugated

Jenis kertas percetakan ini memiliki karakteristik warna cokelat pada bagian permukaannya. Selain itu, tekstur kertas ini juga cukup bergelombang. Umumnyaa jenis kertas ini akan dipakai untuk dijadikan sebagai dus mi instan, dus makanan ringan, dus air mineral hingga pembungkus produk elektronik lainnya.

Yellow Board

Yellow board mempunyai tekstur yang jauh lebih tebal dan kerap dipakai untuk dijadikan rangka desan undangan hard cover. Sebetulnya, percetekan offset tidak dapat mencetak dengan kertas ini karena cukup sulit dan harus dilapisi dengan kertas dupleks maupun art paper terlebih dahulu. 

Fancy Paper

Jenis kertas percetakan Fancy Paper paling sering dipakai untuk keperluan undangan nikah. Warna dan karakteristiknya juga sangat beragam begitu juga dengan variasinya. Variasi kertas ini di antaranya java emboss, millenium, Hawaii dan jasmine. Gramatur dari fancy paper ini berkisar mulai dari 80, 100, 220 dan 300 gram. 

Samson Kraft

Kertas samson kraft dibuat dari proses daur ulang sehingga menjadikan tekstur warnanya kecokelatan. Secara umum jenis kertas percetakan ini biasa dipakai untuk keperluan paper bag maupun pembungkus makanan dan minuman. Gramatur samson kraft berkisar mulai dari 70 dan 80 gram.

BC, BW, Linen Japan dan Concord

Variasi kertas ini sangat berlimpah serta mempunyai keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan kertas jenis lainnya. Salah satu yang paling mencolok ialah warna dan tekstur yang beragam. Biasanya kertas ini umum sekali dipakai untuk berbagai keperluan seperti kartu nama, sertifikat dan lainnya. 

Art Paper

Kertas populer dalam bidang percetakan ini mempunyai tekstur permukaan licin. Art paper umum sekali dipakai untuk kebutuhan cetak brosur, katalog, flyer sampai majalah tertentu. Gramaturnya juga sangat bervariasi mulai dari 100, 115, 120 sampai 150 gram. Bahkan jenis kertas ini ada juga yang semi doff.

Art Carton

Walaupun sering dibilang mirip dengan kertas art paper, nyatanya art carton perbedaan yang cukup mencolok. Jenis kertas percetakan ini mempunyai ketebalan lebih tinggi dibandingkan art paper. Penggunaan kertas ini sering ditujukan untuk keperluan kartu nama, map, cover buku tertentu dan masih banyak lagi. 

HVS

HVS adalah jenis kertas yang paling sering digunakan dalam percetakan. Biasanya jenis kertas percetakan ini dipakai untuk keperluan prin hingga fotokopi tertentu. Kertas dengan tekstur permukaan agak kasar ini mempunyai gramatur bervariasi yakni 60, 70, 80 hingga 100 gram. Pemakaiannya bisa menyesuaikan kebutuhan.

Ivory

Jenis kertas percetakan ini bisa dikatakan kembaran dari art carton. Hanya saja, kertas ivory mempunyai tekstur halus pada satu permukaan saja tidak seperti yang dimiliki art carton yakni dua sisinya. Tekstur halus yang dimiliki oleh satu sisi permukaan kertas ivory dikarenakan proses coating. Kertas ini cocok sekali untuk cetak dus.

Sublime Paper

Untuk kebutuhan transfer gambar ke dalam kaos tertentu, maka sebaiknya pakai saja kertas sublime paper. Kertas perantara ini sangat direkomendasikan bagi pebisnis kaos sablon yang ingin memiliki hasil akhir berkualitas. Pastinya sublime paper bisa memindahkan tinta secara optimal ke media kaos.

Matte atau Doff Paper

Jenis kertas ini sangat umum sekali dipakai untuk keperluan cetak foto dengan kualitas di atas rata-rata. Kertas matte atau doff paper sangat mudah menyerap tinta sehingga bisa menyembunyikan kualitas printer dan tinta. Kertas ini bagus sekali diaplikasikan untuk cetak foto berbingkai untuk pajangan dinding.

Double Side Paper

Double side paper paling sering dipakai untuk kebutuhan cetak foto terbaik, baik pada bagian depan maupun belakangnya. Hasil cetakan akhirnya bisa diacungi jempol saking bagusnya. Selain itu, double side paper juga bisa menjawab kebutuhan cetak pamflet untuk promosi produk tertentu.

Duplex

Dengan dua warna berbeda pada setiap sisinya membuat kertas duplex sangat bagus dipakai untuk keperluan cetak dus obat hingga makanan minuman tertentu.  Salah satu sisinya berwarna putih dan satunya abu-abu. Kertas yang mempunyai gramatur mulai dari 250, 270, 310, 350 dan 450 gram.

Fiver Matte

Kertas ini memiliki daya tahan cukup baik dibandingkan dengan jenis kertas khusus percetakan lainnya. Hal ini tentu saja dikarenakan pada saat produksi menggunakan pH yang netral. Hal ini menjadikan kertas ini sering disebut sebagai archival paper selain akrab dengan nama fiver matte.

Premium Glossy atau Foto Paper

Kertas ini juga paling sering disebut dengan istilah high glossy karena mampu mencetak foto dengan kualitas super mengkilap. Di samping itu, kertas ini juga baik untuk mencetak foto beresolusi tinggi. Walaupun memiliki harga sedikit lebih mahal, akan tetapi untuk urusan kualitas tidak perlu diragukan lagi.

Sticker Glossy Foto Paper

Persis namanya, sticker glossy foto paper memang ditujukan untuk pembuatan stiker. Hasil akhirnya tentu tidak usah dikhawatirkan lagi. Pastinya akan memuaskan setiap pengguna. Selain itu, kertas ini juga sangat direkomendasikan untuk mencetak foto dengan kualitas resolusi tinggi. Persis seperti foto paper.

NCR

Sejatinya kertas ini memiliki kelebihan yaitu mampu menembus warna tanpa karbon. Kertas non karbon ini tersusun atas dua lapisan yakni colour receiver dan colour transfer. Selain itu, tipe kertas NCR juga bervariasi mulai dari tipe top, middl dan bottom. Kertas ini umum dipakai untuk pembuatan surat jalan. 

Doorslag

Seringkali disebut sebagai kertas unik membuat doorslag cukup populer untuk urusan percetakan. Doorslag mempunyai tekstur tipis dan sekilas nyaris terlihat transparan. Biasanya kertas ini dijadikan alternatif NCR karena lebih terjangkau harganya.

Jasmine

Mau cari kertas yang mahal? Maka kertas jasmine bisa menjadi pilihan. Kertas yang biasa dipakai untuk cetak undangan ini akan sangat cocok demi memenuhi ekspektasi kelas mewah. Jangan lupa perhatikan warna tinta ketika proses pencetakan undangan dengan kertas jasmine.

Kalkir

Untuk kebutuhan cetak undangan tembus pandang, maka kertas kalkir bisa menjadi rekomendasi terbaik. Kertas yang umum dipakai oleh para desainer ini pastinya akan mampu menjawab seluruh kebutuhan setiap pengguna. Gramaturnya saja sangat tipis yakni 90/95 gram.

Jenis-jenis kertas percetakan memang sangat beragam. Pastinya setiap kertas akan memiliki karakteristik masing-masing yang mampu menyesuaikan setiap kebutuhan percetakan. Pilihlah kertas yang sesuai untuk mendapatkan hasil cetakan terbaik.

Baca Rekomendasi Berikut: