Pernahkah Anda melihat kertas dengan warna yang unik dan dijual bebas baik di percetakan maupun toko alat tulis. Kertas tersebut disebut sebagai karton. Kertas karton memiliki banyak manfaat seperti membuat poster, menulis kartu, kemasan produk dan sebagainya.

Namun karton tak hanya itu saja. Jenis kertas ini memiliki tipe yang bermacam-macam. Secara umum, kertas yang juga disebut paperboard ini berasal dari pulp baik organik, sintetis, maupun daur ulang. Gramatur kertas ini adalah 200 gsm. Berikut ini adalah tipe dan kegunaan dari karton.

Jenis-Jenis Kertas Karton

1. Karton boks (box paperboard)

Karton yang satu ini merupakan yang paling kuat dan tahan lama. Orang biasanya menggunakan karton boks untuk jasa pengiriman. Meskipun sekelas nampak murahan dan tampilannya hanya coklat saja, namun kertas yang satu ini ampuh untuk melindungi barang.

Ketebalan kertas ini cukup baik. Serat-seratnya mungkin terlihat tipis, namun kemampuan menahannya sangat tinggi. Meskipun kertas ini banyak dibanting, konsistensi layernya tidak berubah. Terkecuali dalam keadaan basah, kertas ini rentan mengembang dan terkoyak.

Karena cukup tebal, karton ini juga mudah untuk dibentuk dan dilipat tanpa harus takut sobek atau terkoyak. Beberapa karton memiliki layer ganda yang tengahnya terdapat gelombang penahan. Tak jarang jika kertas ini sering dijadikan kotak kado dan kemasan produk di pergudangan.

2. Karton kemasan

Ada pula kertas karton polos yang sering digunakan untuk kemasan makanan dan minuman. Karton ini memiliki permukaan yang glossy, berwarna putih polos dan bersifat anti jamur. Karton juga bersifat food grade sehingga aman untuk menyimpan makanan dalam jangka waktu tertentu.

Ketebalan karton ini sangat baik. Nama lainnya adalah tetrapack. Karton mudah untuk dilipat dan dibentuk sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Anda juga bisa bebas menentukan desain karena cetakan print di atas karton ini akan menghasilkan warna yang cukup baik.

3. Karton biasa

Kertas yang satu ini seringkali ditemukan di pasaran, terutama di toko alat tulis. Muli dari warna putih hingga warna-warni dan dijual dalam bentuk lembaran. Ukurannya biasanya plano A0 dan dibanderol dengan harga yang sangat murah. Anda bisa memotongnya sesuai kebutuhan.

Kertas ini sangat serbaguna. Seringkali, orang menggunakannya untuk kerajinan tangan, membuat poster, kartu dan lain-lain. Hal ini disebabkan karena permukaannya yang berkilau sehingga memberi efek yang bagus. Kertas ini juga memiliki ketahanan yang sangat tinggi.

Baca juga: Kegunaan, Karakteristik dan Ciri Art Carton

Manfaat Kertas Karton

1. Kerajinan tangan

Bagi anak sekolah, kertas karton memiliki peran yang cukup besar dalam pelajaran kerajinan tangan. Karena warnanya yang beragam dan cerah, kertas ini banyak dipilih. Meski dilipat, karton tak mudah sobek. Kertas ini juga tak mudah lusuh serta mudah dibentuk menjadi apa saja.

2. Paperbag

Salah satu kegunaan dari kertas ini adalah dijadikan sebuah paperbag. Paperbag cukup populer karena lebih ramah lingkungan dan mudah didaur ulang. Karton memiliki daya angkut yang cukup baik. Jika hanya mengantongi barang yang ringan, karton tak mudah sobek.

3. Cetakan undangan

Karena permukaannya yang halus dan kualitas tampilannya yang cerah, tak jarang jika karton sering dijadikan bahan kertas undangan. Kualitas cetakan di atasnya sangat baik dan bersih. Ragam warna karton juga mendukung agar undangan tak tampil monoton.

4. Kemasan makanan

Karton polos banyak dijadikan kemasan makanan selama kualitasnya food-grade. Karton polos mudah dicetak dengan berbagai logo di atasnya sesuai dengan jenis bisnis. Bahannya yang tebal juga mencegah makanan terkontaminasi dari kotoran.

Penggunaan kertas karton dalam kehidupn sehari-hari bukanlah hal yang asing. Banyak sekali brang atau item yang menggunakan jenis kertas ini. Karena tebal dan kualitasnya yang sangat baik, tak heran jika karton menjadi jenis kertas yang serba guna.

Baca Rekomendasi Berikut: