Kartu nama memiliki fungsi penting dalam hal bisnis. Bukan hanya sekedar untuk pengenalan identitas diri saja melainkan juga untuk personal branding. Maka dari itu, penting sekali memberikan sentuhan desain terbaik bagi kartu tersebut. Tentunya dimulai dari memberikan jenis kertas kartu nama yang bagus.

Dengan material kertas pembuatan yang bagus tentu akan menghasilkan kartu nama menarik dan berkualitas. Kartu nama berdesain indah tentunya bisa menarik perhatian banyak orang dan pastinya akan banyak memberikan keuntungan.

Fungsi Kartu Nama

Kartu kecil yang memuat informasi penting ini ternyata bukan hanya sebagai pengenal diri saja. Masih banyak fungsi kartu nama yang menjadikannya sebagai barang penting khususnya dalam keperluan bisnis tertentu. Lalu, seperti apa fungsi kartu nama?

Personal Branding Ekslusif

Kartu nama sangat bagus dijadikan sebagai personal branding ekslusif. Tentunya akan menjadikan nilai diri dan kesan profesional semakin baik. Saat memiliki kartu nama, tentu para konsumen akan lebih menaruh rasa percaya diri tinggi kepada pemiliknya.  

Kartu nama bisa dipakai untuk menunjukkan profil diri melalui cara yang mudah. Hal ini tentu saja karena di dalam kartu nama terdapat informasi diri yang lengkap, mendetail dan disajikan secara singkat. Pastinya akan terlihat lebih mudah dipahami oleh siapa saja yang melihat kartu nama tersebut. 

Memuat Informasi Perusahaan

Bagi pebisnis tentu kartu nama akan memuat informasi perusahaan sebagai sarana promosi yang bagus dan efektif. Dengan demikian, maka ketika seseorang memberikan kartu nama tersebut ke orang lain, secara otomatis ia akan mengetahui informasi lengkah dari perusahaan yang menaunginya.

Siapa saja yang menggunakan kartu nama, pasti akan mampu menunjukkan citra diri sebagai seseorang yang profesional. Tentunya hal ini akan memberikan nilai plus bagi pemilik kartu nama tersebut. Terlebih jika ingin melakukan promosi diri maupun produk perusahaan yang menaunginya.

Macam-Macam Ukuran Kartu Nama

Selain memahami fungsi kartu nama, penting juga untuk mengetahui macam-macam ukuran tandar dari kartu tersebut. Setidaknya terdapat beberapa standar ukuran kartu nama yang bisa dipahami yakni standar Amerika, Eropa, Jepang, Asia dan tentunya Indonesia.

  • Standar Amerika

Kartu nama yang memakai standar Amerika harus memiliki ukuran 51 x 89 mm atau setara dengan 2 x 3,5 inchi. Kartu nama ini umum dipakai di Sri Lanka, Ceko, Mexico, Bulgaria, Rusia, Finlandia dan sebagainya.

  • Standar Eropa

Ukuran standar kartu nama Eropa berkisar mulai dari 85 x 55 mm layaknya kartu kredit Indonesia. Biasanya standar kartu nama ini dipakai di Swiss, Belgia, Portugal, Belanda, Perancis dan sebagainya.

  • Standar Jepang

Standar kartu nama Jepang memiliki ukuran mulai dari 91 x 55 mm. Setelah dicetak, nyaris tidak ada perbedaan dengan standar Indonesia.

  • Standar Asia

Kartu nama standar Asia memiliki ukuran 90 x 54 mm. Ukuran ini umum dipakai di Hongkong, Singapura, China sampai Malaysia.

  • Standar Nasional Indonesia

Standar nasional kartu nama Indonesia yakni 9 x 5,5 inchi atau 90 x 55 mm. Standar kartu nama ini juga dipakai oleh negara lain dunia seperti Swedia, Vietnam, Taiwan dan New Zealand.

Enam Jenis Kertas Kartu Nama untuk Hasil Berkualitas

Setidaknya terdapat enam jenis kertas kartu nama yang bisa dijadikan bahan utama pembuatan katu nama berkualitas. Pastinya tidak akan mengecewakan. Berikut merupakan beberapa pilihan kertas untuk kartu nama yang bisa dijadikan referensi paling baik.

Art Paper

Dalam pembuatan kartu nama berkualitas, paling banyak menggunakan material dasar kertas art paper. Jenis kertas kartu nama ini memiliki bentuk tekstur permukaan yang halus, licin dan begitu mengkilap. Tentunya sangat cocok untuk dijadikan material utama pembuatan kartu nama bermutu prima.

Art paper memiliki ketebalan yang beragam mulai dari 85, 100, 115, 120 sampai 150 gram. Karakteristik utama kertas ini ialah sangat lambat dalam penyerapan tinta di permukaannya. Akan tetapi, ketika dijadikan kartu nama maka sudah pasti hasilnya akan sangat mengagumkan.

Art Carton

Selain art paper, kertas art carton juga sering dipakai untuk pembuatan kartu nama berkualitas. Jenis kertas kartu nama yang memiliki ketebalan mulai dari 190 dan 400 gram ini juga mempunyai tekstur yang nyaris serupa dengan art paper. Terutama dari sisi permukaan yang sangat lambat untuk menyerap tinta dan kotoran.

Demi mempercantik tampilan kartu nama dari bahan art carton, maka biasanya pihak percetakan akan memberikan sentuhan laminasi glossy. Kegiatan ini seringkali disebut sebagai doff. Hal ini akan membuat hasil akhir kartu nama dari kertas art carton akan sangat memuaskan.

Blues White (BW)

Jenis kertas kartu nama bluew white atau BW juga paling sering dipakai untuk kebutuhan cetak kartu nama. Tekstur permukaannya sangatlah halus dan tidak mempunyai lapisan tertentu. Sekilas, bentuk kertas ini begitu mirip dengan kertas manila. Teksturnya cukup kaku dan bisa ditulisi.

Kertas blues white hanya dapat dicetak dalam satu sisi saja dan tidak kedua sisinya. Kertas yang mempunyai gramatur mulai dari 210 sampai 250 gram ini juga menjadi salah satu jenis kertas fancy dengan harga kompetitif. Kertas ini juga gampang sekali ditemukan baik secara offline maupun online.

Mohawk Option

Mohawk option merupakan salah satu jenis kertas kartu nama impor yang cukup banyak dipakai untuk mencukupi kebutuhan cetak kartu nama. Ketebalan kertas impor ini berkisar mulai 104 sampai 234 gram. Perlu diketahui bahwa jenis kertas ini dibuat dari material daur ulang kertas bekas tak terpakai.

Namun, kualitas kertas ini tidak perlu diragukan lagi. Permukaan mohawk option sangat halus serta tidak mempunyai pelapis. Hal ini menjadikan kertas mohawk option memiliki daya serap tinggi dibandingkan jenis kertas lainnya. Bahkan jenis kertas ini menjadi yang paling banyak digemari oleh para desain grafis.

Splendorgel

Kertas splendorgel mempunyai tekstur permukaan berwarna putih dengan sifat halus sekaligus kaku. Jika diaplikasikan untuk pembuatan kartu nama tentu akan menghasilkan kualitas terbaik dibandingkan jenis kertas lain setaranya. Terlebih jika ingin membuat kartu nama dengan blok warna tertentu.

Maka jenis kertas kartu nama kertas splendorgel bisa menjadi opsi paling bagus. Sudah banyak perusahaan yang memakai kertas ini sebagai bahan utama pembuatan kartu nama. Tentunya dengan hasil kartu nama berkualitas akan dibarengi dengan promosi perusahaan yang baik pula. Coba buktikan sendiri kualitas kertasi ini!

Linen Jepang

Walaupun memiliki nama berbau Jepang, akan tetapi jenis kertas kartu nama ini merupakan produk lokal. Kertas linen ini juga cukup banyak dipakai untuk kebutuhan cetak kartu nama terbaik. Bahkan kertas ini juga umum dipakai untuk keperluan pembuatan piagam maupun sertifikat tertentu.

Kertas linen Jepang mempunyai tekstur bergaris-garis sehingga banyak sekali dipakai untuk keperluan kartu nama perusahaan berkelas. Tentu penggunaan kertas ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan umumnya pemakaian kertas ini membuat kertas linen ini banyak diburu para desain grafis ternama.

Memahami jenis kertas kartu nama memang penting sebelum melakukan pencetakan. Pilihlah jenis kertas terbaik untuk menghasilkan kartu nama berkualitas dan tentunya bisa menjadi personal branding yang profesional.

Baca Rekomendasi Berikut: