Mempunyai bisnis percetakan tentunya membutuhkan pilihan terbaik untuk bisa menentukan jenis-jenis kertas percetakan yang bisa diandalkan. Pilihan kertas dapat berdampak besar pada produk akhir seperti tinta dan desain.

Pilihan kertas mempengaruhi bagaimana hasil karya dapat diproses dan juga dapat berpengaruh signifikan terhadap harga. Mulai dari kebutuhan mencetak kartu nama, selebaran, brosur, poster dan sebagainya, maka seseorang yang berbisnis di bidang percetakan harus tahu apa yang dibutuhkannya.

Jenis-jenis Kertas Percetakan

1. Fancy Paper

Fancy paper merupakan pilihan kertas yang umumnya digunakan untuk kebutuhan mencetak undangan. Baik undangan pesta pernikahan, walimatul khitan atau undangan lainnya, jenis  kertas ini seringnya menjadi pilihan yang utama.

Fancy paper tersedia dalam beberapa warna dan jenis sesuai dengan karakteristik uniknya masing-masing. Kertas untuk cetak undangan ini tersedia dalam berat 80 hingga 300 gram. Beberapa jenis fancy paper yang tersedia adalah :

  • Polos
  • Java emboss
  • Vanguard
  • Tekstur
  • Hawaii dst

2. Samson Kraft

Jenis kertas percetakan satu ini umumnya sering digunakan sebagai paper bag atau kertas kemasan lainnya.

Kertas dengan warna cokelat ini terbuat dari proses daur ulang, jadi tidak heran jika warna yang dihasilkan adalah cokelat. Khusus untuk samson kraft ini, gramatur yang tersedia adalah 70 dan 80 gram saja.

3. Art Paper

Bisa dibilang art paper adalah salah satu kertas yang wajib ada dalam industri percetakan manapun. Art  paper mempunyai sebuah permukaan yang licin dan bagus digunakan untuk mencetak katalog, selebaran maupun brosur.

Baca juga: Penggunaan Art Paper dan Keunggulannya

Beberapa majalah juga menggunakan art paper sebagai pilihan kertasnya. Art paper sendiri terbagi menjadi dua kategori yakni matt paper maupun semi doff dengan gramatur yang tersedia adalah 100 hingga 150 gram.

Sayangnya, paper art kurang bagus untuk menyerap air jadi tidak begitu cocok apabila diaplikasikan dengan tinta dye yang berbahan dasar air.

4. Ivory

Ivory merupakan jenis kertas percetakan yang permukaan dan teksturnya sangat halus. Sifat kertasnya yang halus ini dihasilkan melalui proses coating.

Ivory sering sekali digunakan untuk mencetak paper bag, packaging kosmetik atau makanan. Berat yang tersedia untuk kertas ivory adalah 210, 230 hingga 310 gram.

5. Art Carton

Untuk menjawab kebutuhan customer akan cover majalah, company profile, poster, box packaging dan sebagainya, maka art carton adalah pilihan kertas percetakan terbaik yang bisa digunakan. Art karton mempunyai ketebalan dan sisi yang halus dibandingkan dengan art paper.

Baca juga: Kegunaan, Karakteristik dan Ciri Art Carton

 Art carton sangat bagus untuk orang-orang yang ingin kualitas cover atau box packagingnya tidak mudah rusak. Adapun gramatur dari jenis art paper sendiri tersedia dari 190 sampai 400 gram.

6. Matte

Matte ataupun doff merupakan jenis kertas terbaik untuk mencetak foto karena hasil gambar yang dicetak sangat bagus. Matte adalah jenis kertas percetakan dengan sifatnya yang mudah sekali menyerap tinta.

Selain itu, matte juga mampu memantulkan cahaya sehingga tidak heran ya jika matte adalah pilihan terbaik untuk mencetak foto. Adapun gramatur dari kertas matte sendiri adalah 100 hingga 118 gram.

7. Sublime Paper

Terakhir, ada sublime paper yang biasanya menjadi media untuk transfer gambar dari mesin percetakan ke atas kaos.

Ketika sebuah industri printing juga melayani sablon kaos dengan desain custom, maka sublime paper adalah pilihan kertas yang tepat sebab bisa memindahkan tinta seoptimal mungkin ke atas kaos.

7 jenis kertas percetakan yang disebutkan umumnya sering digunakan oleh bisnis percetakan. Selain jenis-jenis kertas yang telah disebutkan di atas, masih ada banyak kertas lainnya, tergantung pada kebutuhan bisnis. 

Baca Rekomendasi Berikut: