Jika ditanya mengenai ukuran dari kertas poster, maka sebenarnya tidak ada ukuran poster standar karena semua tergantung pada permintaan pasar. Ukuran standar dari poster mungkin menimbulkan pertanyaan, apakah ada ukuran poster yang normal? Seberapa besar seharusnya poster itu?

Jawabannya memang tergantung pada preferensi sebuah bisnis, apakah hendak mencetak poster yang kecil, sedang atau besar. Supaya tidak membingungkan, di bawah ini ada beberapa jenis kertas untuk poster dan berapa ukuran yang bisa dipilih.

Jenis Kertas Poster

  • Ivory

Kertas ivory hadir dalam ukuran A4 dan memiliki permukaan halus sehingga memberikan hasil cetakan yang sangat baik. Kertas satu ini sangat cocok untuk mencetak sebuah poster atau selebaran, dokumen dan majalah.

  • Premium Glossy Photo Paper

Kebanyakan poster dicetak di atas kertas glossy karena memberi tampilan gambar yang berkilau sehingga dapat menarik perhatian dari jarak jauh. Premium glossy paling baik untuk mencetak poster dengan warna-warna yang cerah

  • Semi Gloss Paper

Kertas yang semi gloss juga merupakan pilihan yang bagus untuk mencetak poster. Semi gloss paper memberikan tampilan mengkilap pada poster tapi tidak terlalu cerah. Poster yang dicetak dengan paper satu ini akan membuat warna desain dari poster nampak menonjol.

  • Matte atau Doff Paper

Kertas poster satu ini memiliki sedikit kilauan dibandingkan dengan kertas glossy. Jenis kertas matte merupakan pilihan paling baik untuk mencetak poster karena hasilnya yang cerah dan visualnya menjadi lebih tajam.

Ukuran Kertas Poster

1. Kecil, 11 × 17 inci

Ukuran yang pertama adalah kecil yakni 11 × 17 inci atau 28 cm x 43 cm. Jenis ukuran satu ini umumnya merupakan yang paling terkecil.

Jadi, apabila ada poster yang ukurannya lebih kecil dari ukuran ini, maka tidak akan terlihat seperti poster, melainkan seperti selembar kertas printer A4 yang ditempel di dinding.

Poster 28 cm x 43 cm adalah ukuran yang tepat untuk menempel sebuah selebaran pemberitahuan dalam ruangan. Poster dengan ukuran ini  sangat cocok untuk pajangan dalam ruangan atau di area tempat orang sering berkumpul, seperti di lounge, ruang tunggu atau kamar mandi.

2. Sedang, 18 × 24 inci

Poster selanjutnya adalah sedang dengan ukuran 18 × 24 inci atau 46 cm x 61 cm. Poster berukuran sedang dapat dipajang baik di dalam maupun di luar ruangan.

46 cm x 61 cm adalah ukuran poster yang sesuai dan normal untuk hampir semua proyek pemasaran karena bisa dilihat dari dekat dan dari kejauhan.

Untuk tujuan dekoratif, ukuran poster rata-rata ini tampak bagus digantung di belakang meja resepsionis, lorong-lorong, atau di rumah. Kalau tujuannya untuk poster iklan, maka ukuran ini sangat bagus untuk papan buletin publik, promosi di dalam toko, kampus dan jalan-jalan.

46 cm x 61 cm lebih kecil dan lebih lebar dari ukuran poster film standar yang biasanya ada di kotak besar bioskop. Ukuran kertas poster satu ini dapat berfungsi dengan baik untuk jenis poster pemasaran apapun.

3. Besar, 24 × 36 inci

24 × 36 inci atau 61 cm x 91 cm adalah ukuran yang paling sering digunakan untuk mencetak poster dalam format besar. Ukuran besari ini mempunyai rasio aspek 2: 3. Ukuran satu ini adalah pilihan klasik agar poster terlihat paling menonjol di keramaian.

Ukuran besar ini cocok dipajang di mal yang ramai, iklan sidewalk, pameran dagang, festival, dan lokasi lain dengan lalu lintas pejalan kaki yang tinggi. Bisa dibilang 61 cm x 91 cm adalah ukuran poster standar yang dapat dilihat dari kejauhan.

Saat mendesain poster, selalu periksa kembali perusahaan percetakan untuk mengetahui dengan tepat jenis kertas poster apa yang perusahaan miliki. Selalu pastikan untuk mengetahui bagaimana dan di mana poster akan ditampilkan untuk bisa menentukan ukuran.

Baca Rekomendasi Berikut: