Kertas minyak tak hanya digunakan untuk memasak atau kemasan makanan saja. Ada kertas minyak wajah yang khusus untuk menyapu kelebihan minyak. Kertas ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan wajah kusam akibat paparan sinar matahari dan memperbaiki tampilan makeup.

Umumnya, kertas ini dijual dalam kemasan yang kecil dan terdiri dari puluhan lembar kertas. Kertas ini cukup handy untuk dibawa bepergian karena produksi minyak cenderung berlebih saat di luar rumah. Berikut ini adalah beberapa kertas minyak untuk wajah dari berbagai bahan berbeda.

Macam-Macam Kertas Minyak Wajah

1. Kertas bahan linen

Bahan linen merupakan kertas minyak wajah yang paling populer. Kertas linen ini dijual dengan harga murah. Di pasaran, kertas ini memiliki ukuran sekitar 10×7 cm saja. Kertas linen memiliki warna biru yang terang dan mirip seperti lembaran tisu.

Linen merupakan serat alami yang tak memiliki kandungan residu berbahaya. Itu sebabnya, wajah Anda akan tetap aman jika menggunakan kertas minyak ini. Selain kandungan minyak, debu yang ada di wajah juga dengan mudah hilang saat diusapkan ke kulit.

2. Kertas bahan arang

Arang merupakan bahan yang ampuh untuk menyerap minyak. Bahan ini kemudian disulap menjadi lembaran kertas yang memberikan efek baik untuk kulit yang berminyak. Meski begitu, kertas bahan arang tak membuat kulit menjadi kering sehingga aman digunakan.

Kertas ini juga tak memiliki bau, malah ditambah dengan pewangi natural seperti wangi kayu. Anda hanya perlu menempelkan kertas di bagian T-zone untuk mengangkat minyak. Selain itu, kertas minyak wajah ini juga cukup ampuh untuk mengangkat komedo.

3. Kertas bahan chamomile

Tanaman chamomile dapat disulap menjadi sebuah kertas minyak wajah dengan bahan yang alami. Hasil kertasnya sangat ringan dan mengeluarkan aroma chamomile yang menenangkan. Anda bisa menggunakan kertas ini apabila kulitnya agak sensitif.

Kertas ini memiliki masa yang cukup panjang yakni hingga tiga tahun selama tak ditaruh di tempat yang lembab. Kertas memiliki daya serap yang sangat tinggi namun tetap menjaga kelembaban alami kulit. Warna kertas ini adalah kuning terang.

4. Kertas bahan hemp

Bahan hemp berasal dari tumbuhan kanabis yang diekstrak menjadi pulp. Kualitas kertas minyak untuk wajah ini sangat tinggi dan ampuh untuk mencegah produksi minyak. Minyak akan mudah terserap oleh kertas namun tak membuat kulit menjadi kering.

Kertas minyak berbahan hemp memiliki harga yang cukup tinggi dibanding dengan lainnya. Umumnya, hanya merk besar saja yang menggunakan bahan hemp. Namun bahan ini menjadi yang paling aman untuk kulit wajah yang sensitif.

Fungsi Kertas Minyak untuk Wajah

1. Menyerap minyak di wajah

Produksi minyak menjadi masalah bagi sebagian orang. Untuk itu, kertas minyak atau blotting paper hadir untuk membantu orang yang mengalami masalah ini. Minyak yang menyebabkan kilap berlebih pada kulit. Nantinya, kertas akan menyerap minyak sehingga wajah terlihat natural.

2. Memperbaiki makeup

Saat siang hari, Anda seringkali melakukan touch-up makeup, bukan? Agar menghindari makeup menjadi berantakan, Anda bisa menggunakan kertas minyak. Dengan menempelkan pada wajah, residu dan minyak akan terserap tanpa merusak hasil makeup sebelumnya.

3. Bahan makeup dasar

Sebelum menggunakan makeup, tentunya Anda menggunakan base dan sunscreen. Kedua benda tersebut cenderung meninggalkan minyak di wajah. Sebelum Anda melanjutkan dengan aplikasi makeup lainnya, sebaiknya tempelkan kertas minyak pada kulit agar hasil makeup lebih rapi.

Kertas minyak wajah boleh dibilang sebagai benda yang ajaib. Kertas bisa menghilangkan minyak secara instan. Benda ini juga sangat praktis untuk dibawa ke mana-mana. Gunakan kertas ini sesuai dengan kebutuhan agar hasilnya tampak alami di wajah.

Baca Rekomendasi Berikut: