Kertas saring Whatman atau filter memainkan peran penting dalam proses memisahkan dan memurnikan beberapa tahap kromatografi. Jenis kertas satu ini adalah alat penting yang sering digunakan oleh laboratorium dan proses industri yang melibatkan pemisahan dan pemurnian

Kertas saring sendiri menawarkan tingkat dan kapasitas filtrasi yang berbeda. Penerapan produk filtrasi dalam kebutuhan industri dan penelitian yang tepat dapat sangat bermanfaat bagi keseluruhan proses laboratorium. Berikut adalah jenis-jenis dari kertas saring

Apa itu Kertas Saring Whatman?

Kertas filter Whatman terbuat dari serat selulosa dan dibuat dari serat kapas berkualitas tinggi yang diolah untuk memaksimalkan selulosa alfa.

Alfa selulosa merupakan bentuk selulosa paling stabil, dengan derajat polimerisasi tertinggi. Kertas selulosa terbuat dari persentase alfa selulosa yang tinggi dan  kertas saring Whatman ini mempunyai tanda kualitas dan konsistensi yang tinggi.

Nilai kertas filter Whatman didasarkan pada berbagai properti termasuk retensi partikel, ketebalan, dan berat sehingga cocok sekali untuk digunakan dalam proyek penelitian di laboratorium.

Berbagai Jenis Kertas Saring Whatman

Beberapa jenis kertas filter Whatman sendiri tersedia dalam beberapa ukuran seperti :

1. Kertas Saring Grade 1

Grade 1 adalah kertas filter yang paling banyak digunakan dalam aplikasi rutin yang membutuhkan retensi medium dan laju aliran, dan paling sering digunakan untuk mengklasifikasi cairan. Kertas saring grade 1 biasanya bagus untuk diaplikasikan untuk:

  • Pemisahan analitik kualitatif untuk timbal sulfat, kalsium oksalat, dan kalsium karbonat
  • Analisis tanah dan pengujian benih
  • Memisahkan bahan makanan dari cairan ekstraksi
  • Mengumpulkan debu atmosfer untuk pengukuran fotometri
  • Deteksi gas melalui penambahan reagen kromogenik

Kertas filter Whatman grade 1 tersedia dengan ingkaran 10 mm hingga 150 cm, retensi partikel 11µm, ketebalan nominal 180 µm, berat dasar nominal 87 g / m2 dan kadar abu nominal 0,06%.

2. Kertas Saring Grade 2

Kertas filter Whatman grade 2 sedikit lebih tahan jika dibandingkan dengan yang grade 1. Jenis kertas ini ini cocok untuk diaplikasikan pada :

  • Uji coba pertumbuhan pada tanaman karena sifat serapnya yang bagus
  • Memantau sejumlah kontaminan yang ada di udara dan tanah

Kertas filter Whatman grade 2 mempunyai ukuran lingkaran 42,5 mm hingga 500 mm, tetensi partikel1: 8µm, ketebalan nominal 190 µm, berat dasar nominal 97 g / m2 dan kadar abu nominal 0,06%.

3. Kertas Saring Grade 3

Selanjutnya, ada kertas saring Whatman grade 3 yang memiliki ketebalan 2 kali lipat dari Grade 1 sehingga dapat menahan lebih banyak endapan tanpa tersumbat.

Kertas saring satu ini dirancang untuk digunakan dalam corong buchner karena daya serapnya yang tinggi sehingga sangat cocok untuk pengangkutan sampel.

Kertas filter Whatman grade 3 mempunyai lingkaran 23 mm hingga 320 mm, retensi partikel 6µm, ketebalan nominal, 390 µm, berat dasar nominal 185 g / m2 dan kadar abu nominalnya 0,06%.

4. Kertas Saring Grade 4

Kertas filter Whatman grade 4 adalah kertas saring cepat yang sesuai untuk retensi partikel kasar dan endapan seperti besi hidroksida dan aluminium hidroksida. Kertas ini cocok digunakan untuk pemantauan polusi udara dan pembersihan rutin cairan biologis atau ekstrak organik.

Kertas filter Whatman grade 4 mempunyai lingkaran 27 mm hingga 400 mm, retensi partikel1: 25µm, ketebalan nominal 210 µm, berat dasar nominal: 92 g / m2 dan kadar abu nominal 0,06%.

Ada banyak kertas saring Whatman terbaik untuk kebutuhan laboratorium Anda dengan sifat dan aplikasinya yang unik. Jika tidak yakin apakah kertas yang digunakan sudah tepat, coba gunakan klasifikasi yang sudah disebutkan di atas untuk menemukan kertas filter Whatman terbaik.

Baca Rekomendasi Berikut: