Buket bunga adalah salah satu kerajinan indah yang banyak disukai oleh wanita. Membuat buket bunga tidak hanya membutuhkan rangkaian bunga-bunga yang masih fresh saja. Membuat buket bunga yang indah juga harus memanfaatkan kertas tisu sebagai wrappingnya.

Tidak mungkin bukan jika hanya menyerahkan seikat bunga saja tanpa dibungkus dengan kertas apapun? Nah, salah satu jenis kertas yang bisa dimanfaatkan untuk membungkus seikat bunga yang indah adalah tissue paper ini.

Mengenal Kertas Tisu untuk Buket Bunga

Tissue paper basic merupakan salah satu jenis kertas yang banyak digunakan sebagai bahan kerajinan. Tissue paper basic merupakan kertas yang khusus digunakan untuk membungkus sebuah buket bunga yang indah.

Ada beberapa warna yang bisa dipilih dari tissue paper basic mulai kuning, merah, pink, ungu, biru, hijau, putih dan masih banyak lagi. Berbagai macam jenis warna yang bisa dipilih ini bisa menyesuaikan preferensi si pengrajin ketika hendak menggunakan kertas ini sebagai wrapping buket bunga.

Meskipun namanya adalah tissue paper, yang mana tisu yang identik dengan teksturnya yang lembut namun mudah lepek dan basah, tissue paper ini berbeda dengan tisu yang biasanya digunakan di kamar mandi atau mengusap keringat.

Tissue paper ini berbahan kertas basic yang mempunyai  tekstur kuat namun lentur sehingga aman dan kuat jika digunakan untuk pembungkus buket bunga. Selain itu tissue paper basic juga tidak mudah tersobek.

Selain menambahkan tissue paper ke buket bunga yang indah, balutan paper craft dan pita juga semakin membuat sebuah buket bunga tampak lebih cantik dan begitu indah.

Siapapun yang mendapat bunga dengan hasil kerajinan tangan satu ini pasti akan merasa terkesan, apalagi jika bunga itu dibungkus sendiri.

Membeli kertas tisu untuk kerajinan sangat mudah karena bahan satu ini bisa ditemukan di manapun baik di toko-toko penjual alat kerajinan maupun  di toko online. Kertas ini dibandrol dengan kisaran harga yang sangat terjangkau.

Baca juga: Penggunaan Art Paper dan Keunggulannya

Cara Membuat Buket Bunga dengan Wrapping Tissue Paper

Bagi yang ingin membuat seikat buket bunga dengan wrapping tissue paper basic, coba siapkan beberapa bahan dan cara membuatnya di bawah ini!

Bahan-bahan :

  • 1 ikat berbagai bunga yang masih segar
  • Selotip atau gelang karet
  • 1 lembar paper craft yang sudah dipotong dengan ukuran persegi
  • 1 lembar tissue paper yang sudah dipotong persegi
  • 1 buah pita

Cara membuat Buket Bunga dengan Wrapping Tissue Paper

1. Siapkan Bunga

Pertama, Anda perlu menyiapkankan beberapa bunga yang masih segar, bisa satu jenis bunga dan warna yang sama, bisa terdiri dari berbagai macam bunga dengan warna berbeda. Setelah itu potonglah batang bunga menjadi sama rata.

2. Ikat Bunga

Setelah mengumpulkan beberapa jenis bunga yang diinginkan dan dan memotong batangnya sama rata, maka satukan semua bunga dan ikatlah dengan karet.

3. Letakkan Bunga di Atas Kertas Tisu

Jika sudah terikat dengan kuat, maka letakkan seikat bunga di atas tissue paper dengan bentuk belah ketupat. kemudian letakkan bunga di atasnya. Pastikan bagian ujung batang bunga berada tepat di tengah kertas.

Setelah itu lilitkan kertas di sisi kiri sampai menutupi semua batang bunga. Kemudian lipatlah bagian bawah tissue paper ke atas dan lakukan gerakan yang sama dengan menyelimutkan sisi kanan kertas ke bagian batang bunga.

4. Tutup dengan Craft Paper

Terakhir, setelah semua bunga tertutup dengan tissue paper, maka bungkus dengan craft paper dengan serapi mungkin. Baru setelah itu ikat dengan pita untuk mempercantik tampilan.

Kertas tisu adalah salah satu alternatif kertas yang bisa digunakan untuk membuat sebuah kerajinan. Buket bunga akan terlihat lebih cantik dengan memanfaatkan tissue paper basic dengan varian warnanya yang banyak.

Baca Rekomendasi Berikut: