Foto yang dicetak seringkali dianggap istimewa dan dihargai. Banyak orang yang suka mengabadikan gambar untuk dijadikan sebuah foto. Tidak heran jika fotografer mulai mempertimbangkan kertas untuk cetak foto karena hal itu bisa mempengaruhi gambar yang dihasilkan.

Foto yang telah dicetak biasanya digunakan untuk dekorasi baik itu digantung di dinding atau diletakkan di atas rak dan meja. Siapapun yang berniat untuk mengembangkan keterampilan fotografi lebih jauh, maka memahami berbagai klasifikasi dari kertas foto adalah hal penting.

Apa itu Kertas Foto?

Secara garis besar, kertas foto adalah nama yang diberikan untuk sejumlah besar kertas dengan lapisan beresolusi tinggi dalam berbagai ukuran. Kertas dapat menangani tinta dalam jumlah besar tanpa luntur atau bertambahnya titik.

Kalau diperhatikan saat mencetak gambar pada kertas printer biasa, akan ada titik-titik kecil yang menjadi noise dalam cetakan. Maka dari itu, kertas foto didesain dengan spesifikasi khusus agar  gambar yang dicetak memiliki kualitas yang bagus.

Ukuran kertas untuk cetak foto sendiri bervariasi dari 10x15cm dan 13x18cm hingga ukuran tampilan foto A5 dan A4. A3 dan A3 berukuran besar juga tersedia untuk penggunaan komersial.

Adapun tingkat kepadatan atau GSM (gram per meter persegi) pada sebuah kertas foto terdiri dari 2 jenis yakni :

  1. 120 gsm, sering digunakan untuk pembuatan brosur atau flyer dan bisa digunakan untuk mencetak gambar berkualitas tinggi dengan baik.
  2. 200gsm, digunakan untuk mencetak gambar yang sengaja untuk dekorasi. Kualitas akan bervariasi tergantung pada jenis kertas dasar yang digunakan, baik dilapisi pori mikro atau nano.

Jenis-jenis Kertas untuk Cetak Foto

Beberapa jenis kertas foto sendiri terdiri dari :

1. Kertas Foto Glossy

Kertas foto glossy memiliki permukaan yang sangat halus dan mengkilap. Foto yang dicetak dengan kertas glossy akan memiliki tampilan yang lebih elegan dengan kontras tinggi dan terlihat licin saat disentuh.

Kertas foto glossy ini sering menjadi pilihan sebagai kertas untuk cetak foto karena hasil gambarnya juga sangat tajam. Adapun kekurangan dari kertas glossy adalah mudah menempel di kaca dan sidik jari juga akan mudah meninggalkan bekas.

2. Kertas Foto Matte

Kertas foto matte atau doff mempunyai sebuah permukaan kertas yang terbilang sangat halus. Foto yang dicetak dengan kertas ini juga tidak menyilaukan. Cetakan foto dengan kertas matte mempunyai kontras yang lebih rendah saat dicetak dan sering digunakan untuk meningkatkan tekstur cetakan.

Kertas foto matte juga tidak meninggalkan sidik jari, tahan lama, mudah menyerap jenis tinta apapun dan tentunya sangat cocok dimasukkan ke dalam bingkai foto.

3. Lustre Photo Paper

Kebanyakan foto pernikahan biasanya dicetak di atas lustre photo paper karena kualitasnya yang sangat bagus. Lustre photo paper memiliki sedikit kilap dengan tekstur yang halus. Foto yang dicetak menggunakan lustre photo paper ini terlihat glossy dan matte.

Lustre photo paper ini sangat tahan lama dan hasilnya tidak akan mudah luntur. Saking tahan lamanya, kertas ini bahkan mampu bertahan hingga puluhan tahun lamanya.

4. Kertas Foto Kanvas

Kertas kanvas memiliki tekstur kain yang sangat terasa jika disentuh dan bagus untuk mencetak foto yang sifatnya dekoratif.

Dengan tampilan seperti kain, cetakan kertas foto di atas kertas kanvas sangat bagus untuk scrapbooking, framing dan ide hadiah lainnya. Jenis kertas untuk cetak foto ini bagus sekali jika dibandingkan dengan matte ataupun glossy.

5. Kertas Foto Tenun

Kertas foto tenun atau woven dilapisi resin sehingga menghasilkan cetakan foto yang mengkilap dan berkilau.

Permukaan kertas ini juga tahan air dan memiliki tekstur tenun yang membuatnya menjadi pilihan paling disukai untuk mencetak foto pernikahan dan fotografi profesional.

Di antara kelima jenis kertas untuk cetak foto di atas, semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jika hanya digunakan untuk mencetak foto yang sifatnya dekorasi, maka glossy atau matte bisa dimanfaatkan. Sementara untuk foto berkualitas tinggi, maka lustre dan tenun bisa menjadi pilihannya.  

Baca Rekomendasi Berikut: