Bagi seorang pebisnis, hal pertama yang biasanya diberikan kepada klien atau pelanggan potensial adalah sebuah kartu nama. Jika kartu tidak menarik, maka seorang pemilik bisnis mungkin tidak akan diingat sama sekali. Oleh sebab itu, mencari kertas untuk kartu nama adalah hal yang perlu dipikirkan.

Mencetak kartu nama memang harus selektif dalam memilih berbagai pilihan kertas. Kertas yang bagus adalah langkah penting dalam memiliki kartu nama yang menarik dan bisa diperhatikan oleh pelanggan potensial. Mau tahu apa saja jenis kertas terbaik untuk membuat sebuah kartu nama?

Jenis-jenis Kertas untuk Kartu Nama

Memahami pilihan kertas dalam hal mencetak kartu nama itu penting karena mencerminkan citra bisnis yang profesional. Bagi yang ingin sekali menemukan kertas untuk kartu nama yang berkualitas baik, beberapa jenis di bawah ini mungkin bisa membantu :

1. Linen Jepang

Pilihan kertas pertama untuk mencetak kartu nama adalah linen Jepang. Ada berbagai bobot dan warna yang tersedia. Meski namanya linen Jepang, namun kertas satu ini dari lokal, kok. Kertas satu ini bagus sekali menjadi alternatif mencetak kartu nama.

Selain bagus untuk membuat kartu nama, linen Jepang juga acapkali digunakan untuk mencetak sertifikat ataupun piagam. Kertas satu ini mempunyai tekstur bergaris halus yang bagus sekali sebagai bahan utama membuat kartu nama bisnis.

2. Art Paper

Art paper adalah kertas yang bisa digunakan untuk mencetak kartu nama karena hasil akhirnya adalah tidak mengkilat. Art paper sangat halus dan menjadi salah satu pilihan kertas yang bagus untuk mencetak kartu nama.

Ada beberapa macam warna untuk dipilih dengan gramasinya masing-masing. Ya, umumnya tebal dari art paper ini adalah 85, 100, 115, 120 sampai 150 gram. Sayangnya, kertas ini cenderung lambat untuk menyerap cairan yang sekiranya menetes di atasnya, jadi kartu nama akan mudah kotor jika terkena air.

3. Paper Premium Glossy

Kertas yang menghasilkan kesan glossy adalah salah satu pilihan bahan pembuat kartu nama yang cukup populer. Dengan bahan kertas glossy, maka kartu nama yang dihasilkan akan lebih mengesankan. Hasil akhir dari kartu nama yang dicetak dengan kertas jenis adalah berkilau berkat lapisan khususnya.

Kalau suka dengan desain kartu nama yang konsep warna-warnanya cerah atau ingin mencetak kartu nama dengan dua sisi, maka opsi kertas glossy mungkin menjadi pilihan yang lebih baik. Kertas premium glossy sangat tahan terhadap tumpahan cairan, robek, dan kerusakan umum lainnya.

4. BW

Kertas BW yang merupakan singkatan dari Blues White adalah  sebuah kertas yang cukup sering dijadikan sebagai kertas untuk kartu nama. BW mempunyai permukaan yang halus sehingga tulisan akan semakin terlihat tajam dan jelas.

Sayangnya, kertas BW tidak mempunyai lapisan dan teksturnya sedikit lebih kaku. Meski demikian, kertas BW adalah salah satu bahan yang ekonomis untuk membuat kartu nama dalam jumlah yang banyak.

5. Mohawk Option

Pilihan kertas untuk kartu nama yang terakhir adalah mohawk option. Kertas satu ini adalah impor dengan sifatnya yang halus dan daya serapnya yang bagus. Bahan kertas satu ini mempunyai ketebalan antara 104 sampai 234 gram.

Nah, bagi yang ingin mencetak kartu nama dengan bolak-balik, maka bahan mohawk option ini bisa menjadi salah satu pilihan yang bisa dipertimbangkan.

Dari beberapa uraian pilihan kertas untuk kartu nama di atas bisa menjadi bahan pertimbangan. Jangan sampai salah memilih bahan, ya! Ingatlah bahwa kartu nama bisnis mungkin hal pertama yang dilihat calon klien, dan mewakili perusahaan agar terlihat profesional.

Baca Rekomendasi Berikut: