Kerajinan dari bahan kertas adalah salah satu hal yang banyak digemari oleh orang. Bagi yang suka membuat kerajinan dari bahan kertas, maka mencari papercraft terbaik adalah suatu kewajiban yang perlu dipertimbangkan. Ya, ada banyak sekali kertas untuk papercraft yang bisa dipilih.

Memilih kertas sesuai dengan spesifikasinya akan memudahkan siapapun dalam membuat kerajinan. Kira-kira apa saja sih kertas yang bisa digunakan untuk papercraft? Seperti apa spesifikasi yang dimiliki oleh jenis-jenis kertas ini?

Jenis Kertas untuk Papercraft

1. Art Paper

Pertama, ada art paper dengan permukaan kertasnya yang halus, licin dan terlihat berkilau. Kertas satu ini bisa dijadikan sebagai papercraft karena kehalusan permukaan dan kilauan yang dimilikinya.

Namun, jika hendak membuat papercraft dari bahan art paper, maka harus menggunakan tinta printer alias harus dicetak. Hal ini dikarenakan art paper memiliki permukaan licin sehingga sulit untuk digambari menggunakan pensil ataupun spidol.

2. Kokuru

Kertas untuk papercraft selanjutnya adalah kokoru dengan bentuknya yang cukup unik. Kertas satu ini mempunyai tekstur yang bergelombang sehingga bisa dijadikan bahan kerajinan kertas. Banyak yang menggunakan kokuru sebagai bahan untuk papercraft karena sifatnya yang mudah dikreasikan.

Ya, kertas ini memiliki bobot yang ringan, mudah untuk dipotong dan dibentuk. Selain itu, kokuru juga tersedia dalam beragam pilihan warna. Sama halnya dengan art paper, kertas satu ini sulit sekali untuk digambar.

3. Art Carton

Jika dibandingkan dengan dua jenis kertas sebelumnya, maka art carton ini mempunyai ketebalan yang berbeda dengan kokuru maupun art paper.

Art carton memiliki ketebalan antara 201 hingga 310 gsm, sangat cocok untuk papercraft yang memang khusus berbahan tebal. Nah, karena art carton ini memiliki ketebalan yang lumayan, maka harga kertas satu ini lumayan mahal, yakni Rp 650 per lembar.

4. Asturo

Kertas untuk papercraft satu ini sangat populer dan sering menjadi kebutuhan para siswa dalam membuat beragam jenis kerajinan. Asturo  mempunyai  dua sisi kertas yang saling berbeda. Bagian dalam mempunyai sisi warna putih sementara di bagian luarnya memiliki warna yang beragam.

Ya, pilihan warna untuk asturo sendiri beragam, ada yang solid, adapula yang gradasi. Kertas satu ini mudah sekali untuk ditemukan, mulai dari toko kelontong, toko kerajinan, toko alat tulis dan sebagainya. Harga per kertas asturo umumnya berkisar Rp 2000 – Rp 5000an saja.

5. Krep

Kalau ada teman yang sedang berulang tahun atau mengadakan acara pesta, maka kertas krep ini adalah bahan yang tepat untuk papercraft. Kertas ini juga cocok untuk dijadikan buket bunga. Krep merupakan kertas warna-warni yang bentuknya digulung, bukan lembaran.

Jenis kertas satu ini tidak bisa digambari tulisan tangan maupun diprint karena hanya bagus untuk dijadikan hiasan. Setidaknya ada 12 warna dari kertas krep yang bisa dipilih. Sayangnya, kertas satu ini mudah sekali luntur.

6. Jasmin

Terakhir, kertas untuk papercraft yang bisa dimanfaatkan adalah jasmin. Jenis kertas satu ini sangat bagus untuk digunakan menjadi sebuah kerajinan bunga. Kertas jasmine mempunyai permukaan yang berkilau sehingga terlihat elegan.

Kertas satu ini juga bagus untuk dicetak dengan menggunakan inject printer. Karakteristik menonjol dari kertas jasmin sendiri adalah warna dan ketebalannya. Nah, karena kertas ini mengkilap dan tebal, maka satu lembar kertas jasmin bisa dibanderol Rp 9.000.

Di antara 6 kertas untuk papercraft di atas, manakah yang sering digunakan? Tentunya jenis-jenis kertas untuk bahan papercraft berbeda karena memang disesuaikan pada produk kerajinan apa yang hendak dibuat.

Baca Rekomendasi Berikut: