Papercraft adalah sebuah kerajinan membuat benda dari kertas. Banyak praktek dan model kerajinan tangan yang bisa dibuat menjadi sebuah karya papercraft, tergantung pada jenis kertasnya. Ya, semua hasil karya tergantung pada kertas yang digunakan untuk papercraft.

Ada banyak sekali papercraft sederhana yang mudah dilakukan dengan cepat, tetapi ada pula banyak jenis kerajaan yang lebih rumit dilakukan dari kertas. Semua tingkat kemudahan dan kerumitan ini juga bergantung pada jenis kertas yang dipilih. Apa saja kertas-kertas yang biasa digunakan papercraft?

Jenis Kertas yang Digunakan untuk Papercraft

Kerajinan kertas memiliki nilai estetika dan terapeutik. Bentuk seni satu ini sangat populer di kalangan anak-anak karena sangat mudah dilakukan.

Papercraft memperkuat pemahaman geometri, mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, mengajarkan kesabaran dalam  mengikuti setiap instruksi. Nah, hal yang terpenting dari kerajinan kertas adalah berfungsi sebagai media untuk mengekspresikan perasaan dan bersenang-senang.

1. Kertas Origami

Kertas yang berasal dari Negara Jepang ini bersifat ringan, tapi kaku dan mampu menahan lipatan tajam saat dilipat. Umumnya, kertas origami mempunyai banyak sekali warna. Kertas tipis yang mudah dilipat ini banyak sekali digunakan dalam berbagai jenis kerajinan kertas.

Biasanya kertas origami dijual dalam bentuk kotak dan berisi banyak sekali lembaran. Kalau pernah melihat perahu kertas yang berwarna-warni, umumnya dibuat dengan kertas origami ini.

2. Kertas Tisu

Kertas tisu mempunyai ukuran yang tipis dengan permukaan halus. Kertas satu ini mempunyai warna-warna yang cerah dan biasanya tidak mudah luntur. Kertas tisu untuk papercraft  biasanya dijual dalam bentuk gulungan tetapi bisa juga dibeli dalam lembaran.

Kertas yang digunakan untuk papercraft ini tidak mahal dan bisa ditemukan di berbagai toko kelontong atau alat tulis. Kegunaan dari kertas tisu adalah membuat bunga atau menjadi hiasan dari dekorasi. Sayangnya, kertas ini sangat tipis dan terlalu mudah sobek.

3. Art Paper

Nah, kalau jenis kertas art paper ini adalah jenis kertas yang tebal dan biasanya agak kasar. Art paper dirancang untuk bisa digambar menggunakan pensil, tinta, dan cat.

Baca juga: Penggunaan Art Paper dan Keunggulannya

Kalau ingin membuat kerajinan dengan bahan kertas yang tebal, maka art paper adalah pilihan yang tepat. Sayangnya, art paper ini harganya terbilang cukup mahal per lembarnya dibandingkan dengan kertas tisu ataupun origami.

4. Kertas  Krep

Hampir mempunyai sifat yang sama dengan kertas tisu, krep juga merupakan jenis kertas dengan sifatnya yang tipis. Jenis kertas satu ini mempunyai  permukaan yang berkerut, namun bisa diregangkan dengan mudah.

Kertas krep hadir dengan warna-warna yang cerah dan biasanya tidak luntur. Warnanya akan luntur jika kertas ini terkena air. Beberapa papercraft biasanya menggunakan kertas krep ini karena dapat digunakan sebagai pembungkus kado. Kertas krep sendiri biasanya dijual dalam bentuk gulungan.

5. Kertas Karton

Terakhir, ada kertas karton yang sifatnya lebih berat. Jenis kertas ini sering digunakan untuk box atau packaging makanan. Namun, ada pula beberapa papercraft yang memanfaatkan kertas karton karena sifatnya yang tebal.

Kertas ini bisa disulap menjadi laci kecil, celengan dan beberapa jenis kerajinan tangan unik lainnya. Per lembar kertas karton ini biasanya dijual seharga Rp 2.000 – Rp 3.000.

Sudah tahu apa saja ya kertas yang digunakan untuk papercraft? Papercraft adalah tentang membuat karya indah dengan kertas. Papercraft memungkinkan seseorang mengubah kertas menjadi sesuatu yang indah dengan prosesnya yang sangat menyenangkan. Kerajinan kertas adalah cara yang baik untuk menjadi kreatif.

Baca Rekomendasi Berikut: