Memberikan tampilan buket bunga yang indah pastinya akan membuat si penerima merasa terpesona dan berkesan. Memberikan buket bunga tidak hanya menarik dari isinya saja, namun juga dari pemilihan kertasnya. Lalu, ada apa saja jenis dan nama kertas pembungkus buket bunga itu sendiri?

Bagi yang bingung dengan nama-nama kertas untuk membungkus sebuah buket bunga agar terlihat indah, di bawah ini ada detail nama dan spesifikasinya. Dengan mengetahui nama kertas pembungkus buket bunga, maka membuat sebuah buket yang cantik pun akan semakin mudah.

Nama Kertas Pembungkus Buket Bunga

1. Fancy Paper Classic

Pertama, nama kertas pembungkus buket bunga yaitu fancy paper classic dengan karakteristiknya yang mempunyai ketebalan hingga 120 gsm. Jenis kertas yang biasa digunakan untuk membungkus buket dan beberapa kado ini sangat elegan. Ada kertas yang modelnya polos, namun juga ada yang bermotif.

Menggunakan fancy paper classic untuk membungkus seikat bunga akan menjadikan buket terlihat lebih indah dan elegan. Cukup tambahkan pita untuk mengikat buket bunga dan pastikan untuk mencari pita dengan warna yang sekiranya lebih cerah atau gelap dari warna kertas agar tampak lebih indah.

2. Samson Kraft

Selanjutnya ada kertas samson kraft dengan ketebalannya 90 gsm. Kertas satu ini tidak bermotif atau polos dengan warna coklat atau merah. Samson kraft memiliki serat yang cukup terlihat. Nah, kelebihan dari samson kraft ini adalah kuat digunakan untuk membungkus seikat bunga yang ukurannya berat.

Banyak buket bunga yang menggunakan jenis kertas satu ini untuk karena desainnya yang polos, namun tampak elegan. Samson kraft tidak hanya digunakan untuk membungkus buket bunga saja, namun juga digunakan untuk paper bag atau bahkan membungkus kado.

3. Tissue Paper Basic

Jenis kertas satu ini sering sekali menjadi alternatif banyak pengrajin untuk membuat buket bunga, karena tekstur kertasnya yang lentur dan tipis. Ya, nama kertas ini adalah tissue paper basic atau bisa juga disebut dengan kertas tisu.

Keistimewaan dari kertas tisu ini adalah tersedia dalam banyak warna, cukup kuat dan tidak akan mudah tersobek. Selain menjadi pembungkus bunga, tissue paper basic juga bisa digunakan untuk proyek kerajinan tangan.

4. Kertas Metalik

Sesuai dengan namanya, yakni metalik, maka kertas satu ini memang mempunyai warna seperti logam. Jenis kertas metalik ini memiliki kilauan yang indah dan sangat cocok untuk siapapun yang menyukai tampilan buket bunga yang indah dan mewah.

Ya, permukaan kertas metalik ini hampir seperti kain satin yang licin namun berkilau. Jenis kertas satu ini sering digunakan sebagai alternatif pembungkus buket bunga agar terkesan mewah dan elegan. Selain menjadi pembungkus buket bunga, kertas ini juga sering digunakan untuk membungkus kado.

5. Cellophane Flower Wrap

Terakhir, ada kertas cellophane atau selofan yang berupa lembaran tipis dan transparan. Kertas satu ini dibuat dari selulosa regenerasi, sehingga bersifat transparan dan dapat ditembus udara, bakteri, minyak dan lemak.

Kertas cellophane banyak digunakan untuk aplikasi wrapping atau pembungkusan karena sifatnya yang sangat fleksibel. Nah, kertas cellophane ini tersedia dalam berbagai jenis warna yang tentunya bisa dipilih sesuai dengan preferensi.

Di antara kelima nama kertas pembungkus buket bunga yang telah disebutkan di atas, semuanya memiliki kelebihannya masing-masing. Mulai dari kertas tisu, metalik, samson kraft, fancy paper classic, hingga cellophane, semua nama dan jenis kertas bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Misal, jika ingin memberikan buket bunga yang terlihat mewah, maka pemilihan kertas metalik adalah yang terbaik. Sementara jika ingin buket bunga yang sederhana namun elegan, samson kraft adalah alternatif yang tepat.

Baca Rekomendasi Berikut: