Dalam membuat sertifikat ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelumnya. Selain memilih template dan font yang bagus, memilih jenis kertas juga perlu dipertimbangkan. Oleh karena itu, perlu dipahami dulu karakteristik dari masing-masing nama kertas untuk sertifikat.  

Seperti telah dikatakan sebelumnya, memilih jenis kertas sertifikat yang akan digunakan sangatlah penting dalam pembuatan sertifikat. Sebab, pemilihan kertas yang tepat akan mempengaruhi hasil percetakan. Untuk itulah mengapa disarankan untuk mengetahui jenis-jenis kertas yang biasa digunakan untuk membuat sertifikat.

Macam-Macam Nama Kertas untuk Sertifikat

Sertifikat pada umumnya dicetak dengan ukuran A4, namun untuk memilih kertas sertifikat juga didasarkan pada kebutuhan. Sebaiknya, pilih kertas yang berkualitas supaya hasilnya bagus. Inilah macam-macam nama kertas yang digunakan dalam pembuatan sertifikat:

1. Kertas Linen Jepang

Kertas linen jepang ini sering disebut kertas kain. Sebab, kertas jenis ini memiliki tekstur permukaan yang kasar dan bergaris. Pada umumnya, kertas ini mempunyai ketebalan 250 gram, walaupun ada juga yang ketebalannya lebih tipis.

Kertas linen jepang ini banyak digunakan untuk pembuatan sertifikat yang disertai dengan tanda tangan secara manual.

Dikarenakan, kertas ini lebih mudah menyerap tinta pulpen atau tulisan tangan. Dengan demikian, kenampakan hasil pencetakan sertifikat bisa dipastikan akan terlihat bagus.

2. Kertas Art Carton

Kertas Art Carton ini memiliki warna dasar putih, tekstur licin, mengkilap, dan halus. Ketebalan kertas cukup beragam, mulai 190 gram, 210 gram, 230 gram, 260 gram, hingga 310 gram. Setelah proses pencetakan, kertas jenis ini bisa dilaminasi dengan tekstur doff atau glossy.

Baca juga: Kegunaan, Karakteristik dan Ciri Art Carton

Membuat tampilan sertifikat menjadi semakin menarik. Jika dalam sertifikat akan dibubuhkan tanda tangan secara manual, tidak disarankan untuk menggunakan kertas art carton ini. Sebab, kertas ini sulit menyerap tinta manual ataupun tulisan tangan.

3. Kertas BW Carton

Kertas BW (Blues White) Carton memiliki tekstur yang halus dan tersedia dalam berbagai warna. Nama kertas untuk sertifikat ini juga terdapat dalam ketebalan yang beragam. Akan tetapi, yang sering digunakan untuk pembuatan sertifikat adalah 250 gram.

Kertas BW Carton ini mempunyai harga yang ekonomis, sehingga banyak dipilih untuk digunakan dalam pembuatan sertifikat. Kelebihan lainnya yaitu memiliki tekstur yang bagus. Ingat, kertas jenis ini tidak bisa dilaminasi karena teksturnya cenderung kasar.

4. Kertas Ivory

Kertas Ivory ini biasa disebut dengan kertas “Food Grade”. Seringnya nama kertas untuk sertifikat ini digunakan untuk kebutuhan pembuatan box makanan. Warna kertas ivory ini biasanya kuning gading.

Menariknya, kertas ivory memiliki dua sisi yang berbeda. Pada bagian sisi yang pertama mempunyai tekstur glossy, sedangkan pada bagian satunya bertekstur doff. Namun, yang biasa untuk mencetak dilakukan pada bagian yang glossy.

5. Kertas Jasmine

Kertas Jasmine ditandai dengan tekstur kertas yang dilengkapi dengan glitter. Glitter ini akan membuat hasil cetakan menjadi lebih menarik dan elegan. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika kertas ini dibanderol dengan harga yang relatif mahal karena kualitasnya yang premium.

6. Kertas Concorde

Kertas Concorde memiliki tekstur yang kasar sedikit halus. Nama kertas untuk sertifikat ini memiliki permukaan yang membentuk garis yang timbul. Uniknya, kertas ini memiliki warna yang berkarakter soft dan beragam. Ketebalan kertas ini, mulai dari 160 gram, 220 gram, dan 250 gram.

Terkait kegunaan sertifikat yang begitu penting, maka dari itu pemilihan jenis kertas untuk sertifikat harus benar-benar diperhatikan. Dengan mengetahui nama kertas untuk sertifikat, diharapkan bisa mempertimbangkan kesesuaiannya dengan kebutuhan. Dengan begitu, hasil sertifikat yang dicetak pun akan berkualitas baik.

Baca Rekomendasi Berikut: