Dalam dunia percetakan, ada banyak sekali jenis kertas yang tidak akan bisa dihafal seluruhnya oleh orang biasa. Salah satu kertas yang banyak digunakan karena kelebihan yang ada pada bahannya adalah art paper.

Kertas ini memang tidak sepopuler HVS yang biasa digunakan untuk mencetak isi buku dan berbagai jenis surat. Namun, daya tahan maksimal yang dimiliki kertas ini membuatnya mulai banyak digunakan untuk keperluan promosi.

Art Paper

Art paper merupakan salah satu jenis kertas yang terbuat dari bahan yang memiliki daya serap rendah. Selain itu, beberapa komposisi di dalamnya membuat kertas ini lebih tebal dibandingkan kertas pada umumnya.

Kekuatan dan karakteristik inilah yang membuat penggunaan kertas ini semakin hari semakin bertambah. Bahkan, sebagian besar kebutuhan percetakan menggunakan jenis kertas ini demi mencetak tulisan atau gambar yang berkualitas tinggi.

Penggunaan Art Paper

Ada banyak sekali penggunaan art paper yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun cenderung digunakan oleh mereka yang bergelut dalam dunia  percetakan, masyarakat umum juga harus mengetahui penggunaannya.

Dengan begitu, saat ingin mencetak sesuatu menggunakan kertas,  bisa menyesuaikan jenis kertas paper dengan penggunaan yang sesuai karakteristiknya. Beberapa penggunaan yang tepat untuk jenis kertas ini di antaranya :

1. Mencetak Poster

Poster yang dipenuhi warna dan gambar biasanya dicetak menggunakan kertas art paper. Dengan demikian, gambar berupa ajakan yang ingin disampaikan kepada publik bisa terlihat lebih cerah dan menarik.

Poster yang kerap kali di pasang pada ruang terbuka ataupun tertutup juga menuntut penggunaan kertas yang bahannya tidak mudah rusak. Inlah yang menyebabkan banyaknya penggunaan kertas ini sebagai bahan untuk mencetak kertas bergambar.

2. Mencetak Sampul Majalah

Majalah yang identik dengan tulisan bergambar juga menuntut penggunaan kertas yang bisa memberikan kesan gambar lebih menarik. Bagian sampul majalah juga harus lebih tebal dibanding isinya untuk melindungi bagian dalamnya.

Oleh sebab itu, sampul majalah juga banyak yang memakai kertas art paper. Ketebalannya sendiri bervariasi, beberapa majalah ternama sering menggunakan jenis kertas yang paling tebal dengan ketebalan mencapai 150 gram.

3. Mencetak Tag atau Penanda Merek

Tag atau penanda merek yang sering ditemukan pada berbagai pakaian dan barang belanjaan ternyata juga sering menggunakan kertas jenis art paper. Teksturnya yang tebal dan licin  cukup sesuai digunakan sebagai penanda harga dan merek.

Orang akan mudah mengenali keberadaan tag tersebut pada salah satu benda yang dibeli karena kertas ini tebal. Berbeda dengan kertas biasa yang terlalu ringan dan tidak mudah ditemukan saat terselip di berbagai tempat.  

4. Membuat Kalender Dinding

Meskipun cukup tebal, ternyata kisaran berat kertas ini tidak sampai melebihi kertas karton. Tidak heran jika penggunaannya masih belum bisa dilipat menjadi bentuk yang kokoh seperti boks dan kalender duduk.

Karakteristik ini justru membuatnya lebih dimanfaatkan sebagai kalender dinding yang lebih tipis tetapi tetap terlihat mewah.

5. Mencetak Kartu Ucapan

Ketebalan kertas jenis paper ini masih tergolong ringan dan mudah dibentuk. Oleh sebab itu, penggunaannya sering kali dimanfaatkan sebagai kartu ucapan dengan berbagai bentuk menarik. Mulai dari kartu ucapan ulang tahun, hari raya, tahun baru, dan sebagainya.

Selain dibentuk menggunakan gunting, kertas ini juga praktis dibentuk menggunakan lipatan. Misalnya pada kartu ucapan yang dilipat menjadi dua bagian seperti buku tulis, di mana bagian belakangnya bisa menjadi sampul kartu sekaligus.  

6. Mencetak Flyer

Flyer termasuk salah satu alat pemasaran yang cukup efektif dalam mempromosikan produk. Oleh karenanya, pembuatan flyer sering kali dibuat menarik dengan gambar produk dan tulisan indah.

Walaupun banyak flyer yang dicetak dengan kertas HVS, namun beberapa perusahaan yang lebih berkelas akan memilih mencetak flyer menggunakan kertas jenis paper untuk menunjukkan kualitasnya.  

7. Mencetak Brosur

Penggunaan arti paper sebagai brosur adalah yang paling banyak ditemukan. Brosur yang memberikan keterangan produk lebih banyak menuntut penggunaan ruang yang lebih besar untuk gambar dan tulisan.

Kondisi inilah yang menuntut banyak orang memilih art paper sebagai media cetaknya. Dengan karakteristik kertas ini, keterangan yang ingin disampaikan bisa dicetak bolak-balik dalam satu kertas. Bahkan kertas bisa dilipat menjadi 2 hingga 3 bagian sebagai pembatasnya.

Baca Juga: Kegunaan, Karakteristik dan Ciri Art Carton

Keunggulan dari Kertas Art Paper

Meski ketebalan kertas ini masih kalah dengan jenis kertas karton, tetapi ada banyak keunggulan lain yang membuat kertas ini tetap menjadi pilihan banyak orang untuk kebutuhan percetakan. Keunggulan tersebut meliputi :

1. Memberikan Kesan Mewah Pada Cetakan

Permukaan kertas yang memberikan kesan kilap dan licin sudah tentu memberikan kesan mewah pada gambar dan tulisan yang dicetak. Kesan ini bisa dimanfaatkan oleh beberapa pihak untuk  menaikkan kelas perusahaan yang dimiliki dan disebarkan melalui media cetak.

2. Memiliki Daya Tahan yang Baik

Selain tebal, bahan penyusun kertas juga sangat baik dari segi daya tahannya. Jadi, saat digunakan tidak mudah sobek ataupun kusut ketika berulang kali dilipat.  Ketahanannya ini memungkinkan kertas untuk digunakan dalam waktu lama.

3. Bisa Diaplikasikan dengan Segala Jenis Printer

Salah satu faktor yang cukup menentukan kualitas hasil cetakan adalah printer. Walaupun kertasnya bagus, jika printernya jelek hasil cetakan bisa saja pudar atau tintanya meluber ke segala area. Kelebihan kertas yang satu ini adalah bisa digunakan pada semua printer yang berkualitas sedang hingga tinggi.

4. Hasil Cetakan Berupa Gambar dan Warna Terlihat Lebih Cerah

Kombinasi tekstur kertas yang licin dan glossy bisa menghasilkan warna tinta yang lebih cerah ketika sudah diaplikasikan. Hal ini tentu sangat menguntungkan, terlebih kalau kertas yang dicetak untuk kepentingan promosi.

5. Daya Serap Rendah

Semua tinta yang diaplikasikan pada kertas tentu akan diserap sehingga membentuk gambar atau tulisan. Namun, kertas art paper  ini memiliki daya serap yang cukup rendah.

Keuntungan dari sifat ini adalah bisa menahan tinta setebal apapun agar tidak  sampai menembus bagian belakang kertas. Bahkan rendahnya daya serap yang dimiliki kertas juga bisa melindungnya dari cipratan air, sehingga tidak mudah basah dan rusak.

Baca Juga: Fungsi Kertas Aluminium Foil

6. Tidak Mudah Sobek

Sebagian besar kertas akan mudah sobek jika terlalu sering dilipat ataupun dibawa ke tempat yang lembab. Kondisi ini tidak berlaku pada kertas art paper.

Ketebalan standar yang dimiliki kertas ini serta bahan dasarnya yang cukup kuat membuat kertas tidak mudah sobek meski sering dilipat dan basah.

7. Harga Terjangkau

Dibandingkan dengan kertas karton, jenis kertas multifungsi yang satu ini memiliki harga lebih terjangkau. Padahal, penggunaannya bisa untuk berbagai macam cetakan seperti sampul majalah hingga poster.

Sifat kertas yang memungkinkan untuk mencetak tulisan di bagian belakang dan depan sekaligus, juga akan menghemat ruang kertas dan meminimalisir penggunaannya.

Banyaknya keunggulan yang dimiliki oleh kertas art paper memang sangat mempengaruhi penggunaannya dalam berbagai jenis percetakan. Keunggulan tersebut bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin mencetak tulisan atau gambar menggunakan kertas berkualitas yang murah.

Baca Rekomendasi Berikut: