Ukuran kertas dengan jenis F4 merupakan format ukuran yang biasa digunakan dalam dunia percetakan, terutama di negara-negara Asia Tenggara seperti di Indonesia. Kertas dengan ukuran F4 ini adalah yang paling banyak dipakai. Sama halnya dengan ukuran kertas F4 di printer secara umum.

Sedangkan untuk ukuran kertas internasional biasanya memiliki ukuran standar ISO, seperti pada kertas seri A,B,C, dan R. Standar ukuran tersebut memiliki ukuran turunannya, misalnya ukuran A0, A1, A2, A3, dan seterusnya. Maka jangan heran ketika mengeprint tak akan ditemukan ukuran kertas F4.

Berapa Ukuran Kertas F4 di Printer?

Kertas F4 atau kertas folio ini muncul karena adanya permintaan kertas di pasaran, sehingga kertas tersebut tak masuk atau tak ada di sistem aplikasi komputer. Aplikasi lainnya selain word dan excel seperti photoshop/corel draw pun tidak ditemukan ukuran kertas F4.

Namun, untuk ukuran kertas folio yang paling banyak dipakai saat ini termasuk di printer adalah 21,5 cm x 33 cm. Walaupun tidak bisa dibilang sama, tetapi kertas folio memang sering disebut dengan kertas F4. Apabila dikonversi ke satuan inci, maka F4 ini ukurannya sama dengan 8,5 x 13.

Ada juga produsen kertas yang memiliki ukuran berbeda pada kertas F4 ini, yaitu ukuran 21 cm x 33 cm dan 21,6 x 33 cm. Memiliki selisih ukuran sekitar 0,5 cm – 0,6 cm, membuat perbedaan tersebut menjadi tidak terlalu jauh.

Baca juga: Ukuran Kertas F4

Kertas F4 atau kertas HVS folio merupakan jenis kertas yang ukurannya kurang lebih sama, perbedaannya hanya pada garis dan polos. Kertas F4 biasanya bergaris sedangkan HVS polos tak ada garis sama sekali.

Kertas folio bergaris biasanya dipakai untuk menulis surat lamaran kerja yang ditulis dengan tangan secara manual. Sedangkan kertas HVS folio biasanya dipakai untuk mengeprint dokumen contohnya fotocopy atau surat menyurat.

Ukuran Kertas F4 di Word

Ketika akan mengeprint dokumen dengan ukuran F4 di word, maka sebaiknya lakukan pemilihan ukuran dengan cara manual. Berikut ini cara menentukan ukuran kertas folio di word secara manual:

  • Pertama-tama masuk dulu ke menu Layout.
  • Setelahnya klik Page Setup yang berupa panah kecil yang ada di sebelah kanan.
  • Klik Paper.
  • Isi bagian Paper Size dengan ukuran Width: 21 cm dan Height: 33 cm.
  • Klik OK.

Setelah melakukan pengaturan seperti yang sudah diuraikan di atas, maka ukuran kertas yang digunakan akan berubah otomatis menjadi ukuran F4. Berapapun versi microsoft yang digunakan cara mensetting ukuran kertas F4 ini akan sama saja, hanya saja peletakkan settingnya yang berbeda.

Jika settingnya sudah diatur menjadi kertas F4, maka mengeprintnya pun akan lebih mudah karena sudah disetting secara manual.

Menambah Ukuran Kertas F4 di Printer Epson

Apabila menggunakan printer dengan merk Epson, maka pengguna bisa menambahkan ukuran kertasnya untuk memudahkan proses edit dokumen pada Ms Office, Adobe Photoshop, dan lain sebagainya.

Cara menambah ukuran kertas F4 ini adalah:

  • Buka pengaturan di Windows yaitu dengan mengklik Setting > Devices > Printer & Scanners.
  • Setelahnya klik lagi printer Epson yang sudah terinstall lalu tekan Manage.
  • Setelah itu pilih Printing Preferences yang ada di jendela Manage Your Device.
  • Nantinya akan keluar jendela yang baru di sana.
  • Klik lagi Size > User Defined sehingga akan keluar jendela baru yaitu User Define Paper.

Menambah ukuran kertas F4 di printer atau mengaturnya secara manual ternyata mudah saja, walaupun tak ada ukuran F4 di komputer. Jika ingin mengatur secara manual, pastikan untuk mengikuti langkah-langkah yang telah disebutkan di atas.

Baca Rekomendasi Berikut: