Dalam dunia perkantoran/pendidikan biasanya penggunaan kertas dalam hal cetak mencetak telah menjadi kegiatan yang biasa dilakukan. Pada umumnya kertas yang digunakan adalah HVS, tapi ada juga yang menggunakan folio atau F4 yang disesuaikan dengan ukuran kertas F4 yang diperlukan.

Salah satu jenis kertas yang terkenal di Indonesia adalah kertas folio ini, selain kertas A4 atau kuarto. Nama lain dari kertas folio ini adalah F4, keduanya memiliki ukuran dan jenis kertas yang sama tetapi cara penyebutannya saja yang berbeda.

Ukuran Kertas F4 yang Digunakan Secara Umum

Setiap orang tentu bisa membedakan antara ukuran kertas folio F4 dengan ukuran kertas kuarto atau A4. Ukuran kertas F4 ini lebih besar dibanding A4, F4 memang memiliki ukuran yang lebih lebar dan lebih tinggi. Berikut ini ukuran pada kertas F4 yang sering digunakan secara umum:

  • Dalam satuan cm (centimeter) adalah 21,0 x 33,0 cm.
  • Dalam satuan inci (inchi) adalah 8,27 x 12,99 inci.
  • Dalam satuan mm (milimeter) adalah 210 x 330 mm.

Ada beberapa negara yang biasanya memakai kertas folio dengan ukuran 215 x 330 mm. Namun sekarang Anda bisa membedakan kertas F4 dengan ukuran kertas lainnya dengan mudah, jika sudah tahu standar ukuran yang paling umum.

Tips Memilih Kertas F4

Ketika akan menggunakan kertas folio atau F4, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam memilih kertas F4 yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Berikut ini tips memilih kertas F4 atau Folio dengan tepat:

1. Perhatikan Apa Merknya

Sebelum membeli perhatikan ukuran kertas F4 sebaiknya perhatikan lebih dulu merk apa saja dari kertas tersebut, yang kualitasnya baik. Harga dari masing-masing jenis kertas juga harus diperhatikan, dan harga akan mempengaruhi kualitas dari masing-masing merk folio tersebut.

Tentukan juga tujuan penggunaan kertas tersebut sebelum mulai membeli. Misalnya jika keperluannya adalah untuk mencetak dokumen dan hal penting lainnya, maka gunakan merk folio yang kualitasnya sangat baik.

Namun jika tujuan pemakaian kertas hanya untuk membuat buku/dokumen lain, jenis kertas folio dengan merk yang kualitasnya biasa saja juga tidak menjadi masalah.

2. Bagaimana Gramasi dari Kertas F4 Tersebut

Gramasi atau yang biasa dikenal dengan GSM adalah skala dari berat kertas. Ada banyak ukuran kertas F4 yang ukurannya berbeda-beda di pasaran, sehingga sering kali membuat bingung. Jenis 70 GSM adalah jenis kertas F4 yang paling banyak digunakan.

Walaupun ada juga sebagian orang yang menggunakan folio dengan gramasi 60 dan 80 GSM. Tentukan juga kira-kira kertas mana saja yang paling banyak dibutuhkan orang. Jenis kertas 60-70 GSM biasanya mudah ditemukan di tempat-tempat fotocopy.

Sedangkan untuk folio yang gramasinya 80 GSM lebih sering dipakai untuk mencetak dokumen penting di perkantoran.

3. Warna dan Bahannya

Hal lainnya yang harus diperhatikan ketika memilih atau membeli kertas F4 adalah bagaimana warna serta bahan kertasnya. Biasanya, warna putih adalah warna pada kertas F4 yang paling banyak digunakan.

Namun ada pula warna lainnya seperti warna kuning, hijau, biru, merah muda, dan jenis warna lainnya. Namun, kertas-kertas berwarna tersebut harganya memang jauh lebih mahal dibanding harga kertas folio berwarna putih.

Setelah penguraian mengenai ukuran kertas F4 dengan tipe dan jenisnya, kini Anda bisa lebih mudah membedakan kertas folio dengan HVS A4. Para pelajar atau pegawai kantoran biasanya menggunakan kertas jenis apa saja, tetapi yang membedakan adalah pemakaian kertas tersebut.

Apabila mengetahui berapa saja ukuran standar pada jenis kertas tertentu, maka pemilihan kertas akan lebih mudah dilakukan.

Baca Rekomendasi Berikut: