Buku digital kini menjadi pilihan orang karena lebih mudah dibaca, lebih murah dan tidak perlu repot menenteng seperti halnya buku cetak. Membuat buku ebook juga ternyata mudah berkat software Sigil. Bagi yang tertarik, berikut cara membuat buku digital menggunakan Sigil yang lengkap.

Cara Membuat Buku Digital Menggunakan Sigil

Apa itu Sigil? Sigil merupakan software open source yang berfungsi untuk membuat buku digital dalam format epub. Software ini bisa diunduh secara gratis dan digunakan oleh siapapun. Berikut, 10 langkah membuat ebook dengan bantuan Sigil:

1. Menginstal Software Sigil

Tahap awal yang harus dilakukan adalah menginstal software Sigil di PC agar bisa mengaplikasikan cara membuat buku digital menggunakan Sigil. Bisa dibilang cukup mudah karena hanya perlu mengikuti petunjuk instalasi yang sudah tertera jelas. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Download software Sigil yang bisa didapat secara gratis;
  2. Setelah berhasil, klik pilihan ‘Run’ kemudian akan muncul kotak dialog ‘Setup Sigil’;
  3. Lanjutkan dengan memilih ‘Next’ dan ikuti petunjuk yang ada di kotak;
  4. Saat ada perintah ‘Select Destination Location’, maka pilih folder yang akan menjadi tempat penyimpanan software Sigil nantinya;
  5. Lalu klik ‘Next’ dan akan muncul perintah ‘Select the Components You Want to Install’ kemudian centang pilihan “for all users”, “associate ebook files with Sigil” dan “epub”;
  6. Lanjutkan mengklik ‘Next’ sampai muncul kotak dialog berisikan ‘Ready to Install”;
  7. Pilih tombol ‘Install’;
  8. Tunggu sampai proses installing selesai;
  9. Setelah selesai, akan muncul kotak notifikasi kemudian pilih ‘Finish’;
  10. Buka aplikasi Sigil yang tersimpan di folder yang tadi dipilih saat instalasi. Sebaiknya buat shortcut di desktop agar lebih bisa lebih cepat membuka softwarenya.

2. Menyiapkan Konten yang Akan Dijadikan Ebook

Cara membuat buku digital menggunakan Sigil perlu menyiapkan materi apa saja yang akan dimasukan. Agar isi ebook lebih lengkap dan mudah dipahami, sebaiknya masukan jenis materi berupa teks, gambar, tabel, grafik dan video.

  • Teks

Materi teks dapat diketik pada Microsoft Word dengan rapi dan terstruktur. Sesuaikan ukuran dan jenis font agar lebih mudah dibaca. Apabila perlu, beri efek bold, italic maupun warna pada tulisan yang ingin ditekankan.

Setelah selesai mengetik materi, jangan lupa untuk mengeceknya apakah sudah sesuai dengan tampilan web atau belum.

Caranya dengan klik menu ‘View’ kemudian klik pilihan ‘Web Layout’. Nantinya, akan muncul preview tulisan dalam layout website. Apabila ada yang kurang rapi, maka langsung saja perbaiki lalu preview lagi.

  • Gambar

Penambahan gambar cukup penting agar ebook lebih menarik. Selain itu, gambar juga bisa membantu pembaca untuk lebih memahami penjelasan.

Jenis gambar yang bisa dimasukan berupa picture maupun hasil screenshot. Pengaturan agar tampilan gambar rapi adalah dengan cara:

  1. Klik kanan pada area gambar;
  2. Pilih ‘Text Wrapping’;
  3. Kemudian klik pilihan ‘In Line with Text’.
  • Tabel

Selain gambar, tabel juga terkadang diperlukan agar data lebih mudah terbaca. Pengaturan agar tampilan tabel dapat menyesuaikan berbagai ukuran layar saat ebook dibuka yaitu:

  1. Pertama, klik kanan pada area tabel;
  2. Kedua, klik pilihan ‘Table Properties;
  3. Lalu, pada bagian ‘Size’, centang pilihan ‘Preferred Width’ dan atur sampai 100%. Pastikan satuan yang dipakai sudah diatur ke pilihan ‘Percent’; 
  4. Terakhir, klik ‘OK’ untuk menyimpan perubahan.
  • Video

Syarat utama dari video yang akan dimasukan adalah harus berformat mp4. Apabila memiliki format yang berbeda, maka wajib dikonversi terlebih dahulu menggunakan software Format Factory.

3. Memasang Readium Pada Google Chrome

Agar dapat membaca ebook di PC/laptop maka perlu menggunakan alat bantuan, salah satunya readium. Sebelum itu, pastikan sudah ada aplikasi Google Chrome di PC karena readium adalah plug in pada browser tersebut.

Cara menambahkan readium adalah dengan mengklik ‘Install from Chrome’ lalu cari readium kemudian klik pilihan ‘Add’. Setelah itu, readium otomatis akan terpasang. Langkah ketiga cara membuat buku digital menggunakan Sigil.

Bagi Anda yang ingin membuka ebook di handphone juga perlu menginstal aplikasi untuk membacanya. Pilih saja aplikasi pembaca ebook yang bisa didownload secara gratis dari Play Store.

4. Menginstal Software Format Factory

Seperti yang sudah disinggung tadi, apabila ingin menyisipkan video maka harus berformat mp4. Apabila ingin melakukan konversi format, maka wajib menginstal Format Factory di PC.

Cara menginstalnya ikuti saja perintah dalam kotak dialog yang muncul. Secara garis besar, tahapannya hampir sama dengan saat menginstal software Sigil.

5. Memasukan File ke Sigil

Setelah semua konten siap, maka saatnya memasukan ke Sigil. Berikut caranya:

  • Mengubah Format Dokumen

Terlebih dahulu, konversikan dokumen Microsoft Word ke format HTML. Pertama, buka file tulisan kemudian klik menu ‘File’. Kedua, klik pilihan ‘Save As’ lanjutkan ke ‘Other Format lalu klik ‘Web Page Filtered’. Ketiga, akhiri dengan mengklik ‘Save’.

  • Memasukan Dokumen ke Sigil

Setelah file sudah HTML, maka langsung saja buka software Sigil. Kemudian klik pilihan ‘File’ lalu pilih ‘Open’ dan klik dokumen HTML yang tadi.

6. Mengisi Metadata

Bagian penting dari cara membuat buku digital menggunakan Sigil yaitu mengisi bagian metadata. Apa saja isi metadata? Isinya terdiri dari informasi tentang judul, nama penulis, tahun terbit, bahasa yang dipakai, penerbit, kategori, deskripsi singkat dan ISBN.

Langkah untuk masuk ke bagian metadata yakni:

  1. Pilih menu ‘Tools’;
  2. Lanjut ke pilihan ‘Metadata Editor’;
  3. Setelah itu, lengkapi setiap informasi tanpa memalsukannya;
  4. Akhiri dengan mengklik ‘OK’ untuk menyimpannya.

7. Menyusun Daftar Isi

Seperti halnya menyusun buku pada umumnya, bagian daftar isi sangatlah penting. Bedanya, pembuatan daftar isi di ebook memanfaatkan fitur hyperlink agar terhubung dengan setiap bagian tertentu pada tulisan.

Berikut langkah-langkah untuk menyusun daftar isi:

  1. Tentukan mana saja yang menjadi topik, sub topik dan sub dari sub topik;
  2. Setelah itu, klik menu ‘Header’ dan atur H1 untuk topik, H2 untuk sub topik dan H3 untuk sub dari sub topik;
  3. Lanjutkan dengan mengklik menu ‘Tools’ kemudian ‘Table of Content;
  4. Lalu pilih ‘Generate Table of Contents’;
  5. Nantinya akan muncul kotak dialog ‘Generate Table of Contents’ kemudian cek apakah daftarnya sudah sesuai dengan isi tulisan atau belum;
  6. Apabila sudah sesuai, akhiri dengan memilih ‘OK’.

8. Menyisipkan Video

Cara menambahkan video pada buku digital Sigil antara lain:

  1. Konversi video yang belum berformat mp4 menggunakan software Format Factory;
  2. Setelah itu, klik menu ‘Insert’ kemudian pilih ‘File’;
  3. Klik ‘Video’ kemudian ‘Other Files’;
  4. Lanjutkan dengan memilih video yang akan dimasukan ke ebook.

9. Menambahkan Cover Ebook

Bukan hanya buku fisik, cover juga dibutuhkan untuk buku digital. Pembaca tentu akan lebih tertarik apabila sebuah buku digital memiliki cover dengan desain menarik. Langkah ke sembilan cara membuat buku digital menggunakan Sigil.

Anda harus membuat cover terlebih dahulu, contohnya bisa memanfaatkan Corel Draw. Tidak perlu rumit, desain yang sederhana pun boleh asalkan sesuai dengan isi buku.

Setelah selesai kemudian sisipkan cover dengan cara:

  1. Pertama, pilih ‘Tools’;
  2. Kedua, klik pilihan ‘Add’ kemudian ‘Cover’;
  3. Setelah itu, klik ‘Other Files’ dan pilih file cover yang akan dipakai;
  4. Atur cover agar posisinya sesuai.

10. Menyimpan Ebook Dengan Format Epub

Langkah terakhir dari cara membuat buku digital menggunakan Sigil adalah menyimpan dokumen ke format epub. Langkah-langkahnya antara lain:

  1. Klik menu ‘File’ kemudian pilih ‘Save As’;
  2. Setelah itu, klik pilihan ‘Epub’
  3. Secara otomatis, dokumen sudah tersimpan dalam format epub.

Mengikuti cara membuat buku digital menggunakan Sigil dari awal hingga akhir terbilang sangat mudah. Sebab, Sigil memang software yang didesain sederhana dengan fitur yang cukup bagus untuk mendukung pembuatan ebook.

Sebelum menggunakan Sigil, pastikan materi yang akan dijadikan buku digital sudah siap. Selain itu, gunakan jenis gambar dan video yang formatnya bisa terbaca oleh Sigil.

Tidak hanya mudah dalam penggunaan, keistimewaan lain dari Sigil adalah bisa didownload secara gratis. Format penyimpanannya adalah epub sehingga lebih bersifat dinamis dibandingkan format pdf yang statis.

Baca Rekomendasi Berikut: