Undangan menjadi sesuatu yang wajib dipersiapkan ketika akan menyelenggarakan acara pernikahan. Beranjak dari hal itu, tentu diperlukan label nama pada undangan tersebut. Untuk menghemat anggaran pengeluaran, ada alternatif yang bisa dilakukan yaitu print label undangan sendiri.

Membuat label undangan untuk menuliskan nama tamu yang akan diundang secara manual pasti akan memakan banyak waktu dan tenaga. Maka dari itu, perlu dilakukan cara lain yang lebih cepat. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara membuat label undangan.

Cara Print Label Undangan Pernikahan

Untuk membuat label nama pada undangan pernikahan diperlukan laptop yang telah terinstall Microsoft Word dan Microsoft Excel. Selain itu, juga harus disiapkan alat printer dan kertas label. Cara membuatnya cukup mudah, ikuti penjelasannya di bawah ini.

1. Membuat Daftar Nama yang akan Diundang

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat daftar nama tamu undangan. Pembuatan daftar nama ini dilakukan dengan menggunakan Microsoft Excel. Aplikasi tersebut pertama-tama dibuka terlebih dahulu hingga menampilkan sheet tabel.

Apabila sudah terbuka, langsung tuliskan nama dan alamat pada kolom. Kemudian, isikan nama-nama beserta alamatnya. Setelah selesai dalam memasukkan daftar tamu undangan, simpan file tersebut dengan format nama yang mudah diingat.

2. Mengatur Ukuran Kertas Label

Langkah selanjutnya adalah mengatur ukuran kertas label. Terlebih dahulu kertas diukur menggunakan penggaris. Atau pada umumnya kertas labeh sudah disertai dengan keterangan ukurannya.

Kemudian, membuka Microsoft Word dan langsung mengklik Ribbon Mailings. Maka akan muncul tab pada tampilan tersebut. Pilih “Labels” lalu klik “Option”. Pada menu “Label Option” akan muncul pilihan, pilih “New Label”.

Pada contoh kali ini akan digambarkan jika menggunakan kertas label berukuran 103. Berikut ini petunjuk pengisian pada menu tab untuk mengatur ukuan.

  • Top Margin merupakan jarak tepi atas kertas dengan tepi label sebelah atas
  • Side margin merupakan batas tepi samping kertas hingga tepi label sebelah samping
  • Vertical Pitch menunjukkan ukuran tinggi dari label yang ditambah dengan jarak vertikal masing-masing label
  • Horizontal Pitch menunjukkan ukuran lebar dari label yang ditambah dengan jarak horizontal masing-masing label
  • Label Height menunjukkan ukuran tinggi dari setiap label
  • Label Width menunjukkan ukuran lebar dari setiap label
  • Number Across menunjukkan jumlah kolom dari label, jika label 103 maka diisi dengan 3 kolom
  • Number Down menunjukkan jumlah baris dari label, jika label 103 maka diisi dengan 4 baris
  • Page size sebagai ukuran halaman kertas label maka isi dengan “Custom”
  • Page Width sebagai ukuran lebar keseluruhan kertas label
  • Page Height sebagai ukuran tinggi keseluruhan kertas label 103

Setelah selesai pengisian, klik OK. Lanjutkan dengan memilih menu Border and Shading. Munculkan semua garis tepi sebagai pembatas.

Baca juga: Cara Ngeprint Excel di Kertas A4 Agar Hasilnya Rapi

3. Memasukkan Daftar Nama pada Label

Untuk memasukkan daftar undangan ke dalam label maka pilih tab “Mailings” lalu pilih “Recepients-Use Existing List”. Kemudian buka file daftar nama yang berbentuk excel. Selanjutnya tetap di tab “Mailings” pilih “”Insert Merge Field”. Supaya efisien waktu, klik “Next Record”. Setelah itu tinggal diatur posisi centre.

4. Mencetak Dokumen

Selesai semua langkah di atas, dokumen siap untuk dicetak. Masukkan kertas label pada printer. Lakukan print dengan hati-hati.

Bagaimana cukup mudah, bukan? Tanpa perlu repot-repot meminta bantuan jasa rental komputer. Print label undangan bisa dilakukan sendiri.

Baca Rekomendasi Berikut: