Photoshop menjadi aplikasi edit gambar yang begitu populer di kalangan editor. Salah satunya untuk membuat kartu nama. Bahkan melalui aplikasi ini, pengguna juga bisa mencetak kartu nama bolak balik. Cara print kartu nama bolak balik di Photoshop sangat mudah dilakukan.

Pastinya tidak akan membuang waktu maupun tenaga dalam mengerjakan percetakan tersebut. Cocok sekali bagi yang memiliki kebutuhan kartu nama dalam jumlah banyak. Terutama bagi yang memiliki usaha di bidang percetakan.

Kegunaan Kartu Nama dalam Bisnis

Hingga saat ini kartu nama masih sangat umum dipakai oleh para pebisnis. Dalam kartu mungil tersebut, biasanya akan memuat banyak informasi penting secara singkat. tentunya banyak pebisnis yang menjadikan kartu nama sebagai hal penting karena mempunyai banyak kegunaan.

  • Menambah Jaringan

Dalam dunia bisnis kartu nama sangat penting dalam menambah jaringan agar semakin luas. Ukurannya yang kecil membuat kartu nama mudah sekali dibawa kemana-mana. Jadi, apabila ada pertemuan maupun meeting tertentu tentunya akan sangat mudah membawanya. 

  • Dipakai untuk Personal Branding

Kartu nama sangat penting dalam rangka personal branding. Karena itu wajar sekali apabila kartu nama didesain sedemikian rupa. Hal ini tentunya akan mampu menunjukkan citra perusahaan maupun pekerjaan yang dilakoni dengan sebaik-baiknya. Pastinya akan membuat orang lain gampang mengingat.  

  • Memberi Kesan Profesional

Kartu nama ampuh dalam memberikan kesan positif sekaligus profesional bagi pemiliknya. Dengan adanya kartu nama, maka akan memberikan rasa percaya kepada orang lain yang jauh lebih tinggi. Di samping itu, kartu nama juga ampuh guna menunjukkan eksistensi pemiliknya secara mendetail.

  • Efisien dan Efektif

Biasanya ukuran kartu nama akan mengikuti standar yang dipakai. Misalnya, standar nasional Indonesia. Ukurannya pasti 9 x 5,5 cm. Dengan ukuran mini seperti ini nantinya akan lebih efektif dan efisien untuk dibawa kemana-mana. Terlebih jika dibandingkan dengan company profile. Kartu nama adalah juaranya.

  • Media Promosi

Kartu nama sangat penting dijadikan sebagai media promosi. Muatan logo perusahaan dan jabatan yang tercantum dari sebuah kartu nama akan sangat efektif untuk mempromosikan diri dan perusahaan. Terlebih jika pemilik kartu nama bekerja sebagai marketing. Hal ini akan menjadi nilai tambah tersendiri. 

  • Akses Kapan Saja

Saat ini kartu nama juga bisa diajakan media akses untuk kemana dan kapan saja. Misalnya, untuk akses lift sampai gedung-gedung terkait. Bahkan tidak jarang kartu nama yang bisa membuka akses wifi hingga mendapatkan diskon produk tertentu dari perusahaan terkait.

Buat Kartu Nama di Photoshop

Sebelum melakukan percetakan via Adobe Photoshop, sebaiknya buat kartu nama tersebut terlebih dahulu. Terlebih bagi yang mrasa jenuh dengan kartu nama standar dengan desain itu-itu melulu. Pastinya Adobe Photoshop bisa menjadi opsi terbaik.

  1. Buka aplikasi Adobe Photoshop di PC atau laptop yang digunakan.
  2. Buka New Image yang ada dalam aplikasi tersebut
  3. Atur panjang ukuran mencapai 9,5 cm dan lebar  cm.
  4. Set resolusi tampilan menjadi 200 piksel.
  5. Aktifkan Ruler dengan cara mengklik View dan piilih Ruler.
  6. Klik Ruler bagian atas dan seret kursor sampai ke bawah hingga membuat dua garis panduan horizontal. Satu garis memiliki panjang 0,3 cm dan satunya 5,4 cm.
  7. Buat juga dua garis vertikal dengan panjang 0,3 cm dan satunya 9,2 cm.
  8. Nantinya garis-garis tersebut akan menjadi batas tepi kartu nama yang hendak dibuat.
  9. Pilih Gradient Tool dan klik Pratinjau pada bagian kiri-kanan guna melakukan penggantian warna.
  10. Pilih warna gelap maupun terang agar teks dan gambar nantinya bisa dilihat dengan jelas.
  11. Rencanakan tata letak untuk membuat teks nama, jabatan, logo perusahaan hingg informasi kontak lainnya.
  12. Tambahkan teks menggunakan Text Tool Layer yang baru. Pakai ukuran huruf sekitar 18-20 poin.
  13. Tambahkan logo perusahaan pada salah satu bagian sudut atau letakkan di dekat nama perusahaan. Jika sudah memiliki gambarnya, maka cukup klik Opn File saja.
  14. Pakai Quick Selection Tool guna memberikan garis seleksi pada daerah sekeliling logo.
  15. Inversikan sekeliling logo menggunakan Ctrl + Shift + l dan pakailah Ereaser Tool guna melakukan penghapusan terhadap latar belakang sekeliling logo.
  16. Tambahkan efek tampilan teks agar nampak jauh lebih profesional. Caranya adalah dengan klik kanan pada opsi Blending Options dan pilih Bevel & Emboss.
  17. Pakai Brush guna menciptakan detail pada gambar latar belakang.
  18. Tambahkan gambar tertentu guna menekankan tema atau sekedar mengisi bagian yang kosong saja.
  19. Tambahkan pinggiran untuk mempercantik tampilan desain. Manfaatkan opsi Rectangle Tool dalam pengerjaan ini. Sebelumnya jangan lupa untuk memilih Pan Style pada bagian pojok kiri atas.
  20. Editlah desain kartu nama sesuai keinginan.
  21. Jika sudah selesai, terakhir jangan lupa simpan file kartu nama tersebut ke dalam 2 format. Pertama, yakni format PSD apabila kemungkinan ini mengubah atau mengedit desain. Kedua, yakni PDF agar lebih gampang ketika proses pencetakan kartu nama tersebut.

Cara Print Kartu Nama Bolak Balik di Photoshop

Membuat kartu nama Photoshop memang bisa menjadi pilihan terbaik. Hasil akhirnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Menariknya, dengan aplikasi ini pengguna bisa mencetak kartu bolak-balik dengan hasil yang bagus. Pastinya tidak akan membuat repot.

  1. Siapkan terlebih dahulu desain kartu nama yang sudah jadi. Desain kartu nama tersebut termasuk bagian muka dan belakangnya.
  2. Buka aplikasi Adobe Photoshop seperti biasa.
  3. Buka dokumen baru dengan mengetuk pilihan File dan pilih New. Praktisnya, bisa langsung mengetuk tombol keyboard yakni Ctrl + N untuk langsung membuka dokumen Photoshop baru.
  4. Nantinya akan muncul kotak dialog tertentu. Lanjutkan dengan mengatur ukuran kertas menjadi A4 dan jangan lupa klik pilihan Ok.
  5. Berikan garis grid dengan mengetuk pilihan menu View. Lanjutkan dengan mengklik pilihan Show dan Grid.
  6. Apabila sudah, masukkan gambar atau desain kartu nama yang sudah selesai dibuat sebelumnya. Atur posisi bagian depan kartu nama dengan baik.
  7. Hitung kotak grid yang ada dan berikan jarak yang sesuai.
  8. Berikutnya klik pilihan Print.
  9. Setelah rampung mencetak, berikutnya masukkan kembali kertas prinan tersebut ke dalam printer.
  10. Tampilkan bagian belakang kartu nama pada layar dan mulai cetak dengan mengetuk opsi Print. Pastikan jaraknya sudah benar dan tidak terlalu menghimpit.
  11. Kartu nama sudah selesai dcetak. Coba lakukan beberapa kali jika diperlukan.

Cara print kartu nama bolak balik di Photoshop tentu sangat mudah dilakukan. Pengguna tidak akan kerepotan lagi dalam mencetak kartu nama tersebut karena sangat praktis. Cetak saja kartu nama sesuai kebutuhan dan dapatkan banyak manfaat dari benda mungil komplit tersebut.

Baca Rekomendasi Berikut: