Penggunaan finger print di banyak tempat seperti perkantoran menjadi hal yang umum. Salah satu alat yang populer adalah finger print X100C. Fungsi alat ini tentunya membantu manajemen dalam tracking kehadiran hingga menjaga keamanan dari orang yang tidak diinginkan masuk ke tempat tertentu.

Cara Setting Finger Print X100C

1. Buka perangkat yang baru saja Anda beli. Di dalam kardusnya, Anda akan menemukan sebuah mesin finger print, sebuah standee untuk menempelkan alat, beberapa baut, kabel data, CD instalasi dan adaptor.

2. Hubungkan dengan jaringan LAN. Hal ini merupakan langkah penting agar mesin finger print terhubung dengan perangkat laptop atau komputer. Susunannya harus dibuat straight.

3. Masukkan CD instalasi ke pemutar CD di komputer atau laptop agar bisa menginstal. Untuk itu, pastikan laptop Anda mendukung pemutar CD. Karena jika tidak, tentunya finger print tidak bisa digunakan.

4. Setelah berhasil instal, lakukan setting IP. IP harus sama dengan mesin finger print. Default IP untuk perangkat ini adalah 192.168.1.201. Begitu juga dengan bagian subnet mask yakni 255.255.255.0.

5. Jika ingin mengganti IP sesuai dengan keinginan sendiri, Anda bisa masuk ke bagian setting. Pilih ethernet, lalu ganti IP sesuai dengan keinginan. Tekan bagian ESC untuk menyimpan hasilnya.

6. Jika sudah selesai, Anda harus log sebagai admin untuk mendaftarkan finger print user. Pilih menu M\OK lalu pilih menu user, kemudian tambah user.

7. Isi data karyawan yang terdiri dari ID, nama, hak akses, mode verifikasi jari atau password.

8. Pilih opsi jari, lalu klik OK. Masukkan input sidik jari. Anda butuh 3x mengescan sidik jari lalu tekan OK. Jika sudah selesai, pilih ESC untuk menyimpan data tersebut.

9. Opsi password hanya berlaku untuk super admin. Jika hak akses karyawan hanya sebagai user biasa, maka hanya berlaku opsi sidik jari saja.

10. Atur menu tanggal dan jam di bagian Sistem. Sesuaikan dengan waktu saat ini.

11. Untuk pengambilan data finger print, Anda perlu masuk ke bagian Kelola USB. Lalu pilih ambil data atau download. Nanti hasilnya akan masuk ke komputer atau laptop Anda.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Printer HP Laserjet p1102 Tidak Bisa Print

Keunggulan Solution X100C

  • Tingkat keamanan yang tinggi

Alat yang satu ini memiliki tingkat keamanan yang baik. Finger print sulit untuk dipalsukan dan bertahan dalam jangka waktu yang lama. Hanya admin yang bisa menggunakan tipe akses password. Sementara user lainnya harus menggunakan sidik jari. Anda tak bisa memalsukan dengan bekas sidik jari di medium.

  • Mudah untuk digunakan

Mulai dari setting hingga penggunaan dari finger print X100C sangat mudah. Instalasinya tak membutuhkan waktu yang lama dan petunjuknya mudah dimengerti. User juga hanya perlu menggunakan sidik jari, bukan password. Jadi mereka tak bisa menggunakan alasan lupa password.

  • Tidak bisa terganti

Penggunaan password sangat rentan untuk disalahgunakan oleh kolega atau user. Untuk itu, finger print ini mengutamakan sidik jari dalam penggunaannya. Hal ini menjadikan alat ini sangat akurat dalam hal keamanan. Orang yang tak berkepentingan tidak akan bisa masuk ke dalam ruangan.

  • Akuntabilitas tinggi

Dalam hal tracking, finger print memudahkan sistem untuk mengenali orang. Bukti biometrik bisa digunakan apabila terjadi insiden yang tak diinginkan seperti bencana. Data yang terekam bisa digunakan untuk tracking dengan hasil yang akurat.

  • Menghemat biaya

Dibandingkan dengan cara lain, finger print merupakan teknologi yang mampu menghemat cost. Manajemen ini memudahkan pengguna dalam banyak hal mulai dari keamanan hingga urusan absensi. Akurasinya juga jauh lebih tinggi dan tak bisa dipalsukan.

Tak heran jika penggunaan finger print cukup populer. Brand finger print X100C menjadi salah satu alat yang unggul. Selain mudah digunakan, alat ini juga menjadi investasi kantor karena menghemat biaya dan memudahkan manajemen.

Baca Rekomendasi Berikut: