Printer menjadi peralatan yang penting sekali digunakan di kantoran. Salah satunya ialah seri Epson LX 310. Printer ini terkenal memiliki kualitas bagus dan dapat diandalkan untuk berbagai macam keperluan percetakan kantoran. Tidak heran jika banyak yang cari tahu cara setting printer Epson LX 310.

Printer Epson LX 310 sangat bisa diandalkan dari segi kecepatan. Kemampuan cetak duplikasinya juga relatif tinggi jika dibandingkan dengan printer lain sekelasnya. Pastinya printer ini juga sangat awet dalam hal pemakaian.

Kelebihan Printer Epson LX 310

Epson LX 310 dikenal sebagai printer yang unggul dari segi kecepatan dan ketepatan cetak dokumen. Bahkan bisa dibandingkan dengan seri Epson lainnya. Model yang dirilis Epson dari seri printer dot matrix ini mempunyai sejumlah keunggulan yang bisa memuaskan setiap penggunanya. Sebelum bicara Cara Setting Printer Epson LX 310, mari bahas kelebihan terlebih dahulu.

Kecepatan

Jika dilihat dari segi kecepatan, maka Epson LX 310 adalah juaranya ketika dibandingkan dengan seri Epson lainnya. Seri printer ini juga diklaim jauh lebih cepat ketimbang seri sebelumnya. Hal ini tentu saja dikarenakan adanya ukuran input data buffer memori dengan jumlah 2 kali lebih besar.

Kecepatan ini tentu tidak bisa dijumpai pada seri pendahulunya. Epson LX 310 mampu mencetak hingga 357 karakter hanya dalam waktu 1 detik saja. Kecepatan yang sungguh fantastis untuk sebuah printer seperti ini.

Daya Tahan

Untuk persoalan kinerjanya, maka Epson LX 310 adalah juaranya. Ada peningkatan daya tahan penggunaan dari seri sebelumnya. Hal ini membuat seri Epson ini jauh lebih awet, kuat dan bisa dipakai dalam jangka waktu panjang.

Apabila dibandingkan dengan seri sebelumnya, maka seri Epson ini mampu bertahan sampai 6000 PoH. Menariknya, seri Epson ini juga bisa mencapai kecepatan 10.000 PoH. Mungkin tidak semua printer bisa mencapai tingkat kecepatan ini.

Konektivitas

Bicara soal konektivitas, Epson LX 310 bisa menjadi andalan terbaik setiap penggunanya. Printer ini sudah dilengkapi dengan fitu USB 2.0 yang sangat cepat. Dengan adanya fitur ini, maka pengguna seri Epson LX 310 akan mampu memanfaatkan mesin cetak ini secara mudah, praktis dan fleksibel.

Di samping itu, printer ini juga sangat bagus dalam menunjang kebutuhan kantoran. Rangkaian paralel serinya bisa dipakai sehingga membuat pengguna bisa terkoneksi dengan printer mutakhir ini hanya dalam satu kali tekan saja.

Kemampuan Cetak Duplikat

Jika ditinjau dari kemampuan cetak duplikat, maka Epson LX 310 ini adalah pemenangnya. Secara umum printer dot matrix memerlukan lapisan karbon guna membuat cetakan ganda atau rangkap. Jumlah duplikasi yang bisa dicapai sebanyak 2 sampai 3.

Akan tetapi, berbeda halnya dengan seri Epson ini. Printer canggih di kelasnya ini mampu membuat cetakan rangkap hingga 5 kali hanya dalam satu kali cetakan saja. Luar biasa sekali, bukan? Hal ini tentu membuat Anda bisa lebih banyak mencetak dokumen dengan waktu singkat saja.

Itulah tadi kelebihan printer Epson ini, nah sekarang mari bahas Cara Setting Printer Epson LX 310 berikut caranya:

Cara Setting Printer Epson LX 310

Tidak hanya menyajikan keuntungan yang sangat bermanfaat, Epson LX 310 juga mudah dalam hal pengaturannya. Cara setting printer ini benar-benar sangat mudah dan tidak perlu boros waktu untuk melakukannya.

Cara Setting Ukuran Kertas

Sebelum melakukan setting default printer, sebaiknya pengguna bisa melakukan setting terhadap ukuran kertas terlebih dahulu melalui PC atau laptop yang hendak digunakan. Caranya sangat mudah yakni dengan mmanfaatkan menu Control Panel pada perangkat yang digunakan. Cara Setting Printer Epson LX 310 :

  • Buka PC atau laptop yang hendak dikoneksikan dengan printer untuk mencetak dokumen.
  • Pada perangkat tersebut, bukalah menu Control Panel.
  • Langsung akses bagian Hardware and Sound dan klik opsi Device and Printer.
  • Apabila sudah, segera lakukan klik kanan pada ikon printer yang hendak dipakai dan pilih Printer Preferences.
  • Klik bagian menu User Defined Paper dan buat baru nama yang berasal dari kertas tujuan dengan mengklik New Name. Misalnya, kertas Faktur A5. Maka gantilah nama profil dengan Faktur A5 dan aturlah ukuran kertas menjadi Windth 21.00 dan Height 13.97. Jangan lupa klik Ok.
  • Setelah selesai membuat profil, maka berikutnya bisa langsung mulai menerapkannya ke berbagai halaman tujuan. Buka opsi Printer Preferences. Temukan bagian Layout dan klik Advanced.
  • Pilihlah pengaturan profil yang sudah dibuat sebelumnya pada Paper Size. Misalnya, nama profil yang sudah dibuat adalah Faktur A5, maka langsung pilih saja dan klik Ok untuk mulai menjalankan perintah.
  • Nantinya halaman akan kembali mengarahkan pengguna ke bagian Printer Preferences dan kembali ketuk pilihan Ok sehingga perintah bisa langsung berjalan.
  • Jangan lupa lakukan pengaturan juga pada bagian Device Setting melalui cara klik Printer Properties.
  • Lanjutkan dengan klik pilihan Device Setting dan pilih profil yang sudah dibuat sebelumnya pada bagian Manual Feed. Misalnya, nama profil yang sudah dibuat adalah Faktur A5, maka pilihlah dan klik Ok untuk menjalankan perintah.
  • Pilih laman pencarian Mozilla Firefox agar hasil cetakan nantinya bisa lebih maksimal.
  • Saat hendak melakukan proses pencetakan dokumen, pastikan settingan tersebut sudah selesai dibuat. Coba periksalah pada bagian Properties pada kolom dialog Print.
  • Kemudian, lanjutkan dengan klik tombol Advanced yang ada pada bagian bawah kanan.
  • Pastikan bahwa ukuran kertas sudah sesuai dengan profil yang dibuat sebelumnya. Jika masih dalam ukuran lain, maka segera ubah sesuai kebutuhan. Setelah itu, jangan lupa klik Ok agar bisa segera menjalankan perintah.
  • Lakukan log in pada bagian akun Erzap dan akses menu Administrator.
  • Lalu, pilihlah opsi General Setting.
  • Setelah masuk ke pilihan tersebut, berikutnya centang opsi Menggunakan Printer Dot Matrix pada Penjualan di bagian Option Setting.
  • Jangan lupa klik Simpan untuk menyimpan seluruh perubahan yang dilakukan.

Baca juga: Cara Head Cleaning Printer EPSON L210

Cara Setting Printer Default

Setelah melakukan pengaturan printer pada bagian Control Panel, maka berikutnya coba lakukan setting default printer. Langkah-langkah untuk melakukan setting printer default Cara Setting Printer Epson LX 310 sangatlah mudah seperti berikut ini.

  • Atur terlebih dahulu pengait kertas pada printer sesuai dengan ukuran serta letak pengaitnya tepat di bagian tengah.
  • Ketuk tombol LF/FF serta Load/Eject secara bersamaan.
  • Tunggu sejenak sampai muncul bunyi Beep yang berasal dari printer tersebut. Jika sudah terdengar, maka bisa lepaskan.
  • Buka penutup printer dan nantinya akan tampil menu setting yang bisa diubah.
  • Tekan tombol Load/Eject satu kali lagi guna memulai settingan printer.
  • Lanjutkan dengan menekan tombol LF/FF satu kali lagi sebanyak 6 kali. Lakukan sampai menemukan opsi Manual Fed Wait Time.
  • Lalu, klik tombol Load/Eject guna mencapai waktu dari 1,5 ke 0,5 second.
  • Tekan kembali tombol FF/LF sebanyak 17 kali guna mencari Auto Tear Off dan kembali tekan Load/Eject guna mengubah Auto Tear Off. Jangan lupa klik Off menjadi On.
  • Simpan seluruh hasil settingan dengan cara menekan tombol LF/FF dan Load/Eject secara bersamaan.

Seri Epson LX 310 menjadi salah satu printer yang paling direkomendasikan untuk penggunaan kantoran. Banyak kelebihan yang bisa didapatkan pengguna dari printer ini, termasuk pengaturannya yang mudah. Cara setting printer Epson LX 310 memang cukup praktis dan tidak ribet. Jelasnya, sangat menguntungkan.

Baca Rekomendasi Berikut: