Buku digital tidak hanya dibuat dalam format PDF tetapi juga EPUB. Sudah banyak contoh buku digital EPUB di internet yang berasal dari bermacam genre. Meskipun belum sepopuler PDF, format EPUB ternyata memiliki beberapa keunggulan terutama dalam hal keterbacaan.

Alasannya, EPUB dirancang untuk dapat menyesuaikan dengan jenis perangkat mobile, PC, maupun Mac OS. Dengan begitu, pembaca akan lebih nyaman selama membaca teks. Agar lebih mengenal EPUB, berikut penjelasan dari pengertian, kelebihan, contoh buku hingga cara membuka filenya:

Pengertian Format EPUB

EPUB adalah salah satu format buku digital (ebook) yang dibuka melalui berbagai perangkat elektronik. Adapun organisasi yang mengembangkan format ini adalah IDPF (International Digital Publishing Forum).

Sama halnya dengan format PDF, EPUB juga mendukung audio dan video. Selain itu, buku digital berformat EPUB memiliki ukuran yang ringan sehingga tidak lemot saat dibuka.

Bahasa yang digunakan pada EPUB adalah HTML dan XHTML, sehingga bisa terbaca di perangkat apapun. Apabila dibandingkan dengan PDF, format EPUB jelas lebih dinamis karena mampu beradaptasi dengan perangkat yang digunakan untuk membuka format tersebut.

Tidak mengherankan apabila ebook berformat EPUB lebih nyaman dibaca. Namun, apabila Anda berniat untuk mencetaknya, lebih baik pilih ebook yang berformat PDF saja karena EPUB tidak didesain untuk dicetak.

Keunggulan Format EPUB

  • Dapat dibaca menggunakan perangkat digital apapun dan ukuran hurufnya akan menyesuaikan dengan jenis perangkat tersebut.
  • Terdapat pengaturan untuk menyesuaikan ukuran teks dengan selera dan kenyamanan selama membaca.
  • Open source sehingga bisa digunakan oleh siapapun secara gratis. Bahkan fitur yang tersedia juga dapat dipakai tanpa harus membayar.
  • Didesain untuk mendukung audio, video, dan DRM.
  • Dapat disimpan dalam folder zip sehingga lebih praktis.

Contoh Buku Digital EPUB

Buku digital yang dibuat dalam format EPUB mudah ditemukan di berbagai website buku online. Beberapa website yang menyediakan banyak contoh buku digital EPUB secara gratis antara lain:

1. The Online Book Pages

Situs online ini berisi segala jenis buku yang mendukung format EPUB. Pencarian buku bisa dengan memasukan judul maupun mengklik huruf inisial dari A hingga Z.

2. EPUB Books

Website EPUB Books berisi segala macam genre yang disajikan dalam format EPUB. Anda dapat memasukan judul buku atau nama penulis untuk mencari buku tertentu. Misalnya novel “The Mysterious Affair at Styles” karya penulis top Agatha Christie.

3. Library Genesis

LibGen digunakan khusus untuk mencari artikel ilmiah dan handbook yang tersaji dalam format EPUB, PDF, dan DJVU. Setiap dokumen dapat diunduh secara gratis karena sifatnya memang open source.

Salah satu contohnya adalah buku berjudul “Easy Thai Cooking: 75 Family Style Dishes You Can Prepare in Minutes” yang memiliki format EPUB.

4. Google Books

Google Books dapat dimanfaatkan untuk mencari bacaan digital dari berbagai tema. Pencariannya cukup dengan mengklik pilihan ‘Books’ lalu masukan judul buku yang ingin dicari.

Contoh buku digital EPUB dari Google Books yaitu “Origins of Chinese Culture” dan “Write Great Essays and Dissertations”.

5. Open Library

Situs online ini khusus digunakan untuk mencari buku digital epub bergenre romance, baik itu puisi maupun novel yang mendukung format EPUB.

Contoh judul dari buku digital yang bisa diakses yaitu “The Story Girl”, “The Secret Life of Squirrels”, “Sleepovers” dan “Red Storm Rising”.

6. Good Reads

Good Reads menyediakan berbagai jenis bacaan dalam berbagai format, termasuk EPUB. Pilihan genre yang tersedia meliputi romance, fantasy, humor, misteri, thriller, dan sejarah.

7. Feed Books

Seperti halnya Good Reads, website Feed Books juga dapat diakses untuk mendapatkan buku digital berformat EPUB. Contoh ebook yang best seller di Feed Books antara lain “Love, Unexpectedly”, “Killer Cruise”, “Your Guide to Cutting Through The Fat”, dan “Around The World”.

8. DIGI Libraries

Ebook yang memiliki format EPUB dapat dicari melalui DIGI Libraries. Website tersebut memberi kemudahan untuk mencari berbagai genre bacaan.

9. Gutenberg

Alternatif lain untuk mencari contoh buku digital EPUB adalah dengan mengakses Gutenberg. Tersedia berbagai jenis bacaan yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Contoh judul buku digitalnya adalah “Pride and Prejudice”, “The Importance of Being Earnest”, “Labyrinth” dan “Autobiography of Benjamin Franklin”.

10. MPH Online

Selanjutnya adalah MPH Online yang berperan sebagai katalog online untuk segala jenis buku digital yang mendukung format EPUB.

11. EPUB US

Bagi pecinta karya-karya klasik, EPUB US merupakan tujuan terbaik untuk mendapatkan buku digital EPUB yang diinginkan. Anda bisa mendapatkan contoh buku digital EPUB, beberapa contoh judulnya meliputi “The Works of Edgar Allan Poe”, “Latin for Beginners” dan “An English Grammar”.

12. English E-Reader

Website English E-Reader khusus menyediakan novel digital yang mendukung format EPUB. Beberapa contohnya yaitu “A Study in Scarlet”, “A Shot in the Night”, “Five Famous Fairy Tales”, dan “Swan Lake”.

13. GirleBooks

Sudah terlihat dari nama websitenya, semua karya yang ada di GirleBooks hanya dibuat oleh pengarang wanita. Berbagai buku digital berformat EPUB bisa ditemukan dengan mudah.

Beberapa contohnya meliputi “The Black Moth”, “Dear Enemy”, “To Have and To Hold”, dan “The First Violin”.

14. Book Rix

Contoh buku digital EPUB juga dapat dicari melalui website Book Rix. Terdapat berbagai jenis bacaan yang bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan. Pilihan genrenya meliputi fantasi, romance, thriller. dan bacaan khusus untuk anak-anak serta remaja.

15. iBookPile

Terakhir adalah iBookPile yang juga menyediakan berbagai jenis contoh buku digital EPUB. Contohnya meliputi “The Bright Golden Flame” dan “Someone Murdered by The Illusion”.

Cara Membuka Buku Digital EPUB

Apabila Anda sudah menemukan buku digital yang diinginkan, maka ikuti langkah berikut untuk membuka file berformat EPUB tersebut:

  1. Bukalah perangkat elektronik yang akan dipakai untuk membuka file EPUB;
  2. Install aplikasi yang digunakan untuk membaca EPUB. Pastikan aplikasi pembantu tersebut kompatibel dengan perangkat yang Anda miliki;
  3. Setelah proses instalasi berhasil, maka jalankan aplikasi tersebut dalam perangkat;
  4. Pilih buku digital EPUB yang ingin dibaca;
  5. Terakhir, file EPUB tersebut akan ditampilkan dan siap untuk dibaca.

Seperti yang tadi sudah disebutkan bahwa perlu aplikasi tambahan untuk membaca EPUB. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi EPUB reader terbaik:

  • Cool Reader khusus untuk Android
  • Universal Book hanya untuk Android
  • Adobe Digital Editions untuk Windows, iOS, Mac OS, dan Android
  • Kobo untuk Windows, iOS, dan Android
  • Calibre untuk Windows, Linux, Mac Os, dan Android
  • Freda untuk Windows dan Android

Mencari contoh buku digital EPUB dapat dilakukan melalui berbagai website yang khusus menyediakan ebook. Setiap website memiliki karakteristik tersendiri dari segi jenis buku digital yang disajikan.

Beberapa ada yang hanya menyediakan contoh buku digital EPUB berupa novel sedangkan website lain ada yang hanya menyimpan ribuan artikel ilmiah. Kabar baiknya, ada juga website buku digital yang menyediakan berbagai genre bacaan.

Sebelum memilih buku digital, pastikan perangkat yang digunakan sudah memiliki aplikasi ebook reader. Pilihlah aplikasi yang didukung oleh jenis perangkat karena beberapa ada yang hanya support Android atau iOS. 

Baca Rekomendasi Berikut: