Memilih sebuah mesin penghancur kertas bukanlah hal yang sulit. Ada harus menyesuaikan fungsi mesin penghancur kertas sesuai kebutuhan, budget dan tipe potongan yang cocok untuk dokumen. Mesin ini mudah didapat dengan berbagai tipe dan harga yang beragam.

Penggunaan untuk pribadi dan kantor jelas membutuhkan mesin yang berbeda. Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan saat memilih mesin ini. Berikut ini adalah berbagai fungsi mesin dan juga cara memilihnya agar bisa memenuhi kebutuhan Anda.

Fungsi Mesin Penghancur Kertas

  • Menghancurkan kertas dengan cepat

Alat ini sangat ampuh untuk menghancurkan kertas dalam waktu singkat. Dibandingkan dengan dibakar yang menghasilkan asap atau dibuang sembarangan yang malah berbahaya bagi klien. Ukuran penghancur kertas juga relatif kecil sehingga praktis untuk kantor.

  • Melindungi data kostumer

Mesin ini berperan besar untuk melindungi data konsumen. Dewasa ini, banyak orang jahat yang memanfaatkan informasi terkait data pribadi untuk penipuan. Dengan hancurnya kertas, maka data tersebut bisa tetap aman.

  • Memanajemen data perusahaan

Beberapa informasi perusahaan bersifat sangat sensitif. Untuk terhindar dari kasus dokumen jatuh ke tangan orang yang salah, maka sebaiknya kertas dihancurkan oleh mesin. Fungsi mesin penghancur kertas sangat efektif agar data tak bisa dibaca oleh orang lain.

  • Mengurangi risiko kebakaran

Kertas adalah bahan yang mudah terbakar dan bisa memantik kebakaran. Agar hal ini tak terjadi di kantor, sebaiknya Anda memiliki alat ini. Kertas yang sekiranya tak terpakai perlu dihancurkan agar tidak memicu terjadi kebakaran yang besar dan menimbulkan kerugian.

Cara Memilih Mesin Penghancur Kertas

  • Sesuaikan ukuran mesin

Sebelum membeli, Anda perlu mengira-ngira ukuran kertas mana yang akan sering dihancurkan oleh mesin. Sebagian besar kantor biasanya memilih ukuran letter karena cenderung menyimpan data informasi pribadi dan sensitif, baik klien maupun karyawan.

  • Sesuaikan beban mesin

Selain ukuran, Anda juga perlu memperhatikan beban kerja yang akan dipakai oleh mesin. Mesin dengan ukuran single user mungkin hanya cocok untuk menghancurkan kertas berukuran kecil. Namun jika kertasnya dalam jumlah banyak, mesin akan cepat rusak.

Jadi perhatikan seberapa sering Anda akan menghancurkan kertas. Penggunaan pribadi dan kantor tentunya menggunakan jenis mesin yang berbeda. Penghancur berukuran besar bisa digunakan hingga 10 orang. Sementara dalam skala besar, gunakan penghancur yang komersil.

  • Tipe potongan

Faktor lain yang harus dipertimbangkan dalam memilih alat ini adalah tipe potongannya. Ada alat yang hanya memotong secara vertikal garis lurus, ada juga yang memotongnya menjadi ukuran kecil. Untuk keamanan yang tinggi, gunakan mesin berupa micro cut.

  • Kecepatan alat

Alat ini memiliki kecepatan yang berbeda-beda, tergantung dari jenis pemakaiannya. Semakin kecil batas penggunaannya, maka kecepatannya semakin rendah. Anda juga perlu memberikan waktu senggang agar alat tak bekerja terus-menerus karena bisa menyebabkan aus.

  • Level bising

Jangan heran jika mesin ini cukup berisik saat digunakan. Terutama mesin yang memberikan tipe potongan mikro. Apapun brandnya, mesin tetap menghasilkan suara. Untuk penggunaan di kantor, pilihlah suara yang rendah agar tidak mengganggu kinerja karyawan Anda.

  • Fitur tambahan

Banyak alat yang tak hanya menjalankan fungsi mesin penghancur kertas saja. Kini alat sudah dilengkapi dengan ragam fitur seperti menghancurkan kartu kredit dan plastik. Untuk alat yang ukurannya besar juga sudah dilengkapi tempat penampung yang dilepas seperti tempat sampah.

Mesin penghancur kertas adalah barang yang wajib ada terutama untuk kebutuhan kantor. Mesin ini tak memiliki ukuran yang besar sehingga mudah diletakkan di manapun. Pilihlah brand yang berkualitas sehingga penggunaannya awet dalam jangka yang panjang.

Baca Rekomendasi Berikut: