Tidak aneh jika printer yang Anda miliki mengalami penurunan fungsi. Setelah dipakai untuk mencetak berbagai projek, kualitas printer tentunya tak sama lagi dengan di awal. Masalah ini bisa dialami oleh head EPSON L210 seperti cetakan yang pudar atau hasil cetak yang tidak sempurna.

Masalah yang terjadi pada print head sangat umum terjadi. Print head merupakan komponen penting pada printer yang menjadi wadah untuk cartridges. Letaknya berada di bawah cover printer. Berikut ini adalah cara membersihkan dan alasan untuk membersihkannya dengan teratur.

Cara Membersihkan Printer Head EPSON L210

  1. Nyalakan printer. Sebelum membersihkan heading, pastikan printer dalam keadaan menyala. Namun, pastikan bahwa indikator lampu ink-out sudah dalam keadaan mati.
  2. Akses utilitas ke head cleaning. Masuk ke bagian control panel, pilih bagian hardware. Lalu klik device and printers. Pilih EPSON L210 printer. Pilih bagian maintenance, kemudian klik opsi Head Cleaning.
  3. Proses pembersihan. Pada proses ini, Anda akan membutuhkan waktu yang berbeda. Bisa sebentar, namun juga bisa memakan waktu beberapa menit. Jangan matikan printer selama proses ini karena bisa menghambat tahap cleaning.
  4. Pilih Print Nozzle Check Pattern. Bagian ini ada di bagian kotak dialog Head Cleaning. Lalu, Anda akan dihadapkan dengan opsi untuk mengeprint kertas sample. Pilih bagian tersebut dan klik OK.
  5. Print. Di layar akan muncul pop up menu untuk persetujuan print. Klik print.
  6. Proses selesai. Jika Anda menemukan dialog box di layar yang menandakan respon “Good”, maka artinya cleaning pada head EPSON L210 telah berhasil. Namun jika masih ada “Cleaning Required” maka Anda harus kembali melakukan proses dari awal.
  7. Finish. Jika statusnya Good, klik Finish. Setelah proses selesai, maka hasil cetakan Anda akan menjadi bersih.

Baca juga: Cara Memperbaiki Printer HP Laserjet p1102 Tidak Bisa Print

Manfaat Head Cleaning Epson L210

  • Memperbaiki kualitas cetakan

Anda tak perlu khawatir manakala kualitas cetakan yang dihasilkan printer menjadi menurun. Hal itu lumrah terjadi apalagi jika Anda jarang melakukan perawatan untuk printer Anda. Lakukan head cleaning jika hal ini terjadi sebagai salah satu bentuk pemeliharaan terhadap printer Anda.

  • Membersihkan residu

Tinta pada printer bisa menjadi residu yang mengganggu hasil cetakan pada kertas Anda. Head cleaning mencegah penyumbatan tinta yang sering terjadi pada bagian head. Karena tersumbat, kualitas cetakan pada kertas biasanya sangat jelek. Head cleaning disarankan dilakukan teratur.

  • Mencegah kerusakan

Printer Epson L210 memang jenis printer yang membutuhkan pemeliharaan dalam bentuk head cleaning. Hal ini disebabkan sistem head ink cartridgenya yang bersifat independen. Lagipula, in cartridge yang terlalu sering dipindah dari injector akan menyebabkan printer lebih cepat rusak.

  • Tidak mengoksidasi sistem

Head cleaning mencegah printer teroksidasi dalam jangka waktu yang lama. Anda perlu memindahkan ini cartridge terlebih dahulu sebelum melakukan head cleaning. Dengan begitu, tinta tidak akan mengering.

  • Menghemat tinta

Mengeprint kertas dengan hasil cetakan yang jelek tentunya tidak akan terpakai, bukan? Kertas akan dibuang, Anda juga akan menghabiskan tinta. Untuk itu, lakukan head cleaning. Dengan begitu tinta akan menjadi lebih hemat dan tidak boros kertas hanya karena hasil print yang jelek atau luntur.

  • Memperpanjang usia printer

Printer merupakan alat penting yang dibanderol dengan harga mahal. Jika Anda malas merawatnya, printer akan mudah sekali rusak. Head cleaning mencegah hal ini terjadi. Printer akan tetap menghasilkan cetakan yang halus dan berkualitas.

Membersihkan head Epson L210 adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Hal ibi akan membantu dalam menjaga kualitas cetakan dan memperpanjang usia printer. Pembersihan bagian head juga cukup mudah, sebentar dan tidak membutuhkan biaya.

Baca Rekomendasi Berikut: