Perkembangan teknologi elektronik saat ini menuntut adanya proses pembelajaran yang lebih efektif dan praktis. Kondisi inilah yang menjadi faktor pendukung munculnya berbagai format buku digital. Banyaknya jenis buku digital diharapkan bisa menunjang proses membaca  melalui media elektronik.

Jenis-jenis Format Buku Digital

Kalau dilihat dari fungsinya, buku digital sekilas memang memiliki bentuk yang sama, yakni berupa buku yang dibaca melalui media elektronik. Namun, demi menyesuaikan media yang digunakan untuk membukanya, berkembanglah berbagai format dari buku digital, di antaranya :

1. Portable Document Format (PDF)

Format buku digital yang satu ini , sudah sangat dikenal oleh semua lapisan masyarakat. Selain mudah digunakan, format pdf ini bisa digunakan dalam berbagai situs website. Pengembangnya adalah adobe yang kiprahnya dalam dunia elektronik juga sangat terkenal.

Banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membuka file ini. Bahkan beberapa perangkat android sudah dilengkapi secara otomatis dengan aplikasi pembuka file pdf.

2. Mobipocket

Cakupan Mobipocket ini tergolong cukup luas, bahkan mencakup Java Script. Keunggulan format buku digital yang dibuat menggunakan format ini adalah gambar bukunya yang menggunakan format GIF.

Perangkat pendukung untuk membaca buku dengan format Mobipocket  juga cukup banyak, di antaranya Windows, Linux, Balcberry, Symbian, serta Mac OS X.  Sayangnya, format buku yang dikembangkan oleh perusahaan di Prancis ini telah menutup  server mobipocket sejak tahun 2016.

3. Palm File Database (PDB)

Format buku digital ini biasanya digunakan untuk berbagai buku digital yang formatnya PalmDoc. Pembuatannya dikhususkan untuk berbagai perangkat yang menggunakan sistem operasi Palm saja. Oleh karenanya, buku ini tidak bisa dibuka dengan maksimal pada perangkat lain yang tidak menggunakan Palm.

4.  Amazon Kindle

Format yang lebih dikenal dengan kode azw ini merupakan salah satu pengganti format Mobipocket yang dikembangkan sebelumnya. Secara keseluruhan formatnya memang masih sama dengan MOBI, namun sudah dilengkapi dengan proteksi Digital Rights Management.

Untuk bisa membaca format azw, bisa menggunakan aplikasi kindle yang sudah tersedia di berbagai media elektronik.

5. Compressed Html (CHM)

Format buku digital ini cukup banyak digunakan pada komputer karena sifatnya yang berperan sebagai file pembantu di windows. Distribusi teks dan dokumen menggunakan format CHM sudah cukup terkenal karena bisa dibuka melalui website.

6. Electronic Publication (EPUB)

Format ini memang masih asing di masyarakat umum. Padahal ada banyak perangkat elektronik yang bisa digunakan untuk membuka format tersebut. Electronic Publication ini juga sudah dilengkapi dengan perlindungan DRM.

Selain bisa dibuka melalui banyak perangkat elektronik, format buku digital yang satu ini juga sudah mengombinasikan 3 standar internasional publikasi digital, di antaranya :

  • OPF versi 2.0.
  • OCF versi 1.0.
  • OPS versi 2.0.

7. Hyper Text Markup Languange (HTML)

Format buku digital yang satu ini juga terkenal dan sering dilihat dalam sebuah website. HTML ternyata berperan besar dalam penyebaran file di Worl Wide Web. Buku digital yang menggunakan format HTML sudah didukung oleh Cascading Style Sheet yang menggunakan model utama HTML.

8. KF8

Kf8 juga dikembangkan di Amazon yang memiliki tampilan mirip ePub. Penciptaannya sengaja dibentuk untuk memudahkan pembaca buku digital yang menggunakan berbagai perangkat dari Amazon.

9. Topaz File Extension (TPZ)

Amazon kindle ternyata juga menggunakan format TPZ untuk mengembangkan perangkatnya. Format TPZ memiliki pengatur halaman yang cukup memudahkan pengguna. Format ini juga sudah dikembangkan bersamaan dengan versi OCR.

Beberapa buku lama sudah bisa diubah menjadi buku elektronik dengan cepat dan efektif menggunakan TPZ. Scan halaman buku lama yang diinginkan juga bisa berjalan secara otomatis setelah proses konversi.

10. TXT

Jika ingin menggunakan buku digital dengan ukuran yang paling ringan, maka txt bisa menjadi pilihan. Ukurannya hanya 4 MB saja, dengan kata buku mencapai delapan ratus ribu. Format txt hanya bisa dibaca pada perangkat Microsoft, Unix, Windows, dan Macintosh.

Sayangnya format buku digital ini sudah mulai jarang digunakan sejak kemunculan PDF. Beberapa buku yang menggunakan format txt adalah Alkitab.

11. XML

XML juga termasuk format buku yang diperuntukkan pada pertukaran data dengan tampilan sangat sederhana.. Format dari buku digital yang biasa digunakan pada XML hanya terbatas pada RSS Feed dan XHTML saja.

12. XHTML

Format ini merupakan pengembangan dari HTML yang sudah diciptakan sebelumnya. Diberi nama XHTML karena dikembangkan untuk memenuhi aturan konstruksi pada XML. Format XHTML ini masih menggunakan tampilan standar ePub.

13. Post Script (PS)

Post Script lebih difokuskan untuk membuat sebuah deskripsi halaman yang ada dalam dekstop publishing serta elektronik. Melalui PS ini, isi dan tata letak halaman yang akan tercetak bisa digunakan pada program rendering.

Hasil cetakan dari PS ini biasanya berupa bitmap. Penggunaan Post Script masih sangat luas, sehingga beberapa kantor printer sengaja menyediakan perangkat yang otomatis mendukung format buku elektronik ini.

Cara Membuat Buku Digital Secara Umum

Dari sekian banyak jenis format buku digital yang berkembang, sebenarnya cara membuatnya secara umum sama saja. Perbedaannya hanya terletak pada aplikasi yang dipakai untuk membuat. Beberapa cara yang bisa diterapkan untuk membuat buku digital secara umum adalah :

1. Menyiapkan Dokumen yang Akan Diubah Menjadi Buku Digital

Dokumen yang akan diubah menjadi buku digital harus ditulis dalam format Microsoft Word. Pastikan format huruf dan penggunaan tanda baca sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia yang benar, karena tulisan tersebut nantinya akan dibaca banyak orang.

Pembuatan sampul melalui aplikasi juga bisa dipindah ke dalam dokumen word karena nantinya akan dijadikan dalam satu file.

2. Import File Menggunakan Aplikasi

Ada banyak aplikasi yang bisa dijadikan alat membuat buku digital, seperti ePUBee Maker, Caibre, dan Mobipocket Creator. Pilih jenis aplikasi yang dianggap paling mudah dan sesuai selera. Setelah itu, pilihlah file buku digital, lalu import file yang sudah dipilih.

3. Lengkapi Identitas Buku

Lengkapi identitas buku yang perlu diisi dalam metadata buku. Misalnya judul buku, deskripsi singkat buku, nama penulis, serta tahun pembuatan buku. Pengisian metadata ini bisa dilakukan dengan memilih menu tool dalam aplikasi, lalu pilih menu metadata editor.

4. Masukkan Sampul

Menyisipkan sampul pada buku digital bisa dilakukan dengan cara menyisipkannya pada menu add cover dalam aplikasi.  Setelah sampul di masukkan, akan muncul jenis format file yang akan digunakan sebagai sampul.

5. Simpan dan Konversikan

Langkah terakhir adalah mengecek ulang semua data sebelum disimpan dan di konversikan. Saat menyimpan dokumen, secara otomatis aplikasi akan memberikan pilihan format buku elektronik yang diinginkan. Pilih format sesuai keinginan, dan tunggu aplikasi memproses file menjadi buku digital.

Meskipun ada banyak jenis format buku digital yang beredar, tetapi fungsinya antara yang satu dengan lainnya sama saja. Namun, agar buku digital lebih mudah dipasarkan, tentu lebih efektif kalau menggunakan format yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dari semua kalangan.

Baca Rekomendasi Berikut: