Kertas merupakan benda tipis yang ringan dan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Salah satu jenis kertas yang cukup terkenal dalam dunia percetakan adalah art carton. Permintaan kertas ini bahkan terus mengalami peningkatan seiring dengan banyaknya kebutuhan percetakan.

Karakteristik dan Ciri Art Carton

Art karton merupakan kertas yang cukup tebal namun bisa digunting dengan mudah. Sesuai namanya, kertas art karton menggunakan bahan dasar karton yang sudah dimodifikasi menjadi kertas halus. Untuk lebih mengenali kertas ini, perhatikan beberapa ciri dan karakteristiknya berikut ini.

1. Permukaannya Glossy

Ciri khas yang paling menonjol dari kertas art karton ini adalah permukaannya yang sangat glossy dan halus. Bahkan saat terkena sinar atau cahaya, kertas ini bisa memantulkan sinar berkilau. Sementara saat di raba, sangat halus dan licin seperti dilapisi plastik.

Kondisi ini berbeda dengan karakteristik sebagian besar kertas yang doff dan tidak berkilau. Meski glossy, tinta yang dicetak pada permukaannya tidak akan mudah pudar jika dikeringkan terlebih dahulu sebelum diaplikasikan.

2. Memiliki Ketebalan Sekitar 190 – 400 gram

Pada awalnya, kertas art karton hanya memiliki satu jenis ketebalan yang sama antara yang satu dengan lainnya. Namun, seiring perkembangan kebutuhan ukuran kertas mulai divariasikan. Adapun variasi ketebalan yang hanya dimiliki kertas ini adalah :

  • Ukuran 190 gram.
  • Ukuran 210 gram.
  • Ukuran 230 gram.
  • Ukuran 260 gram.
  • Ukuran 310 gram.
  • Ukuran 360 gram.
  • Ukuran 400 gram.

3. Warnanya Putih Mengkilap Pada Dua Sisinya

Kertas berbahan karton ini juga tidak hanya tebal dan glossy pada permukaannya saja. Tetapi bagian belakangnya juga memiliki tekstur yang sama dengan bagian muka. Oleh karenanya, kertas ini bisa digunakan untuk mencetak sekaligus pada bagian depan ataupun belakangnya.

Sifat ini sangat menguntungkan karena bisa menghemat kertas dalam mencetak beberapa gambar atau tulisan sekaligus.

4. Bahannya Kokoh

Kertas ini memiliki bahan yang sangat kokoh dan tidak mudah sobek atau bengkok seperti kertas pada umumnya. Sifat inilah yang membuat kertas ini mudah dibentuk dan bisa dijadikan bahan untuk membuat boks.

Bahkan kekuatannya juga cukup baik ketika terkena kondisi yang lembab dan basah. Tidak heran apabila terkena cipratan air, permukaan kertas yang glossy ini  bisa mengalirkan air tersebut tanpa banyak membasahi bagian kertas.

5. Tidak Bisa Ditembus Tinta

Daya serap kertas karton sangat buruk sehingga tidak bisa ditembus oleh tinta. Sifat inilah yang mengharuskan seseorang harus menunggu hasil cetakan kering sebelum disentuh, sehingga tintanya tidak pudar ke segala arah.

Walaupun mudah memudarkan warna tinta, karakteristik ini juga menjadi salah satu keunggulan kertas karena bisa dimanfaatkan untuk mencetak gambar dengan hasil yang jelas.

Bahkan gambar yang diinginkan bisa dicetak dalam dua sisi sekaligus tanpa khawatir tintanya melebur dan membuat gambar rusak. 

Kegunaan Kertas Art Carton

Dalam kehidupan sehari-hari, penggunaan kertas art karton ini semakin banyak ditemukan. Selain karena bahannya yang kuat, teksturnya juga memberikan tampilan yang mewah pada gambar atau tulisan yang dicetak. Beberapa kegunaan kertas ini yang paling banyak ditemui di antaranya :

1. Sebagai Sampul Buku

Sampul atau cover buku yang berkualitas banyak menggunakan kertas jenis ini. Penggunaannya bisa memberikan hasil cetakan yang jelas pada gambar sampul buku. Terlebih kesan kilap yang diberikan bisa membuat buku terlihat lebih mewah dan berkualitas.

Tentu saja kertas karton yang digunakan adalah yang asli, bukan palsu atau tiruan yang warnanya cenderung gelap dan lebih tipis. Dengan demikian, harga jual buku biasanya lebih mahal akibat penggunaan kertas sampul berkualitas.

2. Untuk Membuat Poster

Poster membutuhkan kertas yang agak tebal dan juga lebar agar bisa tahan ditempelkan pada tempat terbuka. Untuk itulah, kertas yang paling tepat digunakan sebagai poster adalah art karton. Tetapi tentu saja  jenis kertas yang dipakai memiliki ketebalan standar untuk menghemat biaya.

Jenis kertas karton yang paling banyak dimanfaatkan untuk membuat poster biasanya memiliki ketebalan 210 sampai 230 gram per lembar. 

3. Membuat Surat Undangan

Meskipun masih banyak ditemukan surat undangan menggunakan kertas HVS biasa, tapi beberapa jenis undangan yang agak mewah sudah banyak yang memakai kertas karton. Biasanya acara yang memakai undangan karton cukup besar, seperti acara pernikahan atau perayaan ulang tahun.

Penggunaan kertas karton pada undangan bisa memperindah tampilan undangan yang biasanya dilengkapi dengan foto dan gambar menarik. Kalau menggunakan kertas lain, tentu foto mudah pudar dan mudah tembus pada kertasnya.

4. Membuat Brosur

Semua brosur dicetak menggunakan kertas art carton, karena fungsinya sebagai media marketing atau pemasaran sebuah produk. Semakin besar perusahaan atau acara yang diadakan, maka brosur yang dibuat semakin mewah dan tebal untuk menarik publik.

Untuk brosur yang menggunakan kertas tebal biasanya mempromosikan tentang lembaga tertentu. Sementara brosur dengan karton tipis lebih diutamakan untuk promosi produk demi meminimalisir dana pemasaran.

5. Membuat Kalender

Jenis kalender yang paling banyak dicetak dengan poster adalah kalender duduk. Karton yang sifatnya kaku bisa membentuk kertas menjadi bentuk segi tiga yang berdiri sendiri tanpa harus ditempel atau diberi penopang.

Namun seiring perkembangannya, sekarang sudah banyak kalender gantung yang dicetak menggunakan art karton dengan ukuran yang lebih tipis untuk menghasilkan gambar yang berkualitas.

6. Untuk Kartu Nama

Kartu nama yang ukurannya kecil juga wajib dicetak menggunakan kertas karton yang tebal. Jika tidak, bentuknya yang kecil seperti kartu tanda penduduk akan mudah rusak. Terlebih ketika diletakkan di saku atau dompet.

Bahkan demi menjaga keawetan kartu nama, sudah banyak orang yang mencetaknya menggunakan ukuran kertas karton yang paling tebal, yakni 400 gram per lembarnya.

7. Sebagai Dus Makanan yang Dicetak

Cara yang paling instan untuk membuat dus makanan bermerek adalah menggunakan kertas karton. Dengan begitu, merek dan kontak yang ingin ditampilkan pada dus makanan bisa langsung dicetak.

Hal ini tentu lebih menghemat waktu dan tenaga karena tidak perlu menempel merek satu per satu pada dus yang akan dikirim. Cukup gunakan satu kertas karton dengan ukuran besar, lalu dicetak dengan mereknya dan bisa dibentuk langsung menjadi kardus.

8. Tas Suvenir

Dibanding memakai tas plastik biasa, suvenir jauh lebih elegan kalau dimasukkan dalam tas berbahan kertas art karton. Terlebih tulisan yang ingin disampaikan melalui suvenir tersebut juga bisa dicetak dengan mudah tanpa menempel secara manual.

9. Tabel Tent

Tabel tent paling banyak ditemui di meja makan restoran yang menggunakan daftar menu. Sebagian besar tabel tent tersebut dibuat menggunakan kertas art karton yang tebal dan berkualitas Tidak heran jika tampilannya cukup mewah  dengan gambar menu makanan jauh lebih jelas.

Sebagai kertas yang memiliki banyak fungsi, art carton terus diproduksi oleh banyak produsen demi mendapat keuntungan. Oleh karenanya, dalam membeli kertas ini harus mengetahui dahulu kisaran harganya agar tidak tertipu dengan harga yang lebih mahal.