Buku adalah gudang ilmu, dan membaca merupakan salah satu jalan untuk menguasai ilmu tersebut. Sayangnya, perkembangan teknologi elektronik menyebabkan berkurangnya minat membaca buku di kalangan masyarakat. Padahal ada banyak kelebihan dari membaca di buku dibandingkan internet.

Kelebihan tersebut disebabkan karena buku tidak membuat seseorang ketergantungan dengan media elektronik seperti android. Bentuk buku juga lebih fokus diperuntukkan untuk membaca saja. Berbeda dengan gawai yang sekaligus menjadi media komunikasi.

Kelebihan Membaca Buku Dibandingkan dengan Internet

Walaupun membaca melalui internet lebih praktis dan bisa dilakukan di mana saja, namun membaca dengan buku tetap memiliki banyak kelebihan dibandingkan internet. Oleh karenanya, keberadaan buku sangat penting dan tidak boleh diabaikan begitu saja.

Beberapa kelebihan tersebut di antaranya :

1. Kelebihan dalam Kesehatan

Dalam bidang kesehatan, membaca buku jauh lebih baik untuk kesehatan dibandingkan membaca melalui media internet. Terlebih android yang digunakan untuk membaca bisa menyebabkan radiasi yang tidak baik untuk kesehatan.

Kelebihan dalam bidang kesehatan yang hanya didapatkan dengan membaca melalui buku adalah :

  • Aman untuk Mata

Sebagian besar orang kutu buku digambarkan dengan kaca mata tebal yang digunakan. Karena terlalu sering membaca buku, maka matanya menjadi minus. Padahal, kondisi minus tersebut disebabkan karena cara membacanya yang salah.

Apabila membaca buku sudah sesuai ketentuan, tentu tidak akan bermasalah bagi mata. Berbeda dengan membada di internet yang mudah menyebabkan mata lelah dan gatal karena kontras dan radiasi yang disebabkan oleh alat elektronik.

  • Meredakan Stres

Sebagian besar penyakit yang bersarang dari tubuh juga disebabkan oleh stres berlebihan. Untuk mengurangi kondisi ini, membaca bisa menjadi solusi yang mengurangi tingkat stres hingga 60 %. Hal ini juga sudah dibuktikan oleh penelitian dari salah satu universitas di Inggris.

Walaupun sama-sama membaca, tetap saja membaca menggunakan buku jauh lebih efektif mengurangi stres dibandingkan internet. Kalau menggunakan media elektronik, tingkat fokus membaca bisa terganggu oleh cahaya dari android yang membuat mudah lelah dan pusing.  

  • Meningkatkan Kesehatan Otak

Manfaat ini sudah banyak dibuktikan oleh mereka yang suka membaca buku. Bahkan orang lain bisa membuktikan sendiri betapa kutu buku yang suka membaca memiliki otak yang lebih cerdas.  Ini disebabkan karena kesehatannya otaknya senantiasa terjaga.

Dalam bidang kedokteran, bagian otak somatosensor akan mengalami peningkatan ketika membaca dengan buku. Kondisi inilah yang bisa meningkatkan kesehatan pada otak karena kinerjanya terus diasah.

  • Menjaga Kualitas Tidur

Membaca ternyata juga bisa membantu seseorang bisa tidur dengan berkualitas. Bahkan dampaknya bisa dirasakan langsung oleh mereka yang terbiasa membaca sebelum tidur. Membaca yang dimaksud tentu menggunakan buku, bukan android.

Apabila membaca dengan media android atau internet, justru mata akan kesulitan tidur meskipun sudah mengantuk. Ini sangat berbahaya untuk kesehatan, sehingga aktivitas membaca dengan gadget perlahan harus diganti dengan menggunakan buku.

  • Berpotensi Panjang Umur

Penelitian terkait membaca yang cukup mencengangkan adalah kemampuannya dalam meningkatkan harapan hidup. Terlepas dari kaitannya yang mengurangi rasa stres, orang yang membaca lebih dari 3 jam seminggu, berpotensi untuk hidup 2 tahun lebih lama dari yang tidak.

2. Kelebihan dalam Bidang Agama

Dalam hal agama, membaca menggunakan buku juga memiliki kelebihan dibandingkan melalui media elektronik. Kelebihan ini bisa menjadi pendorong untuk lebih bersemangat membaca buku dan membeli nya. Kelebihan tersebut meliputi :

  • Bebas dari Iklan Negatif dan Lebih Fokus

Media elektronik seperti gadget memang sangat memudahkan banyak orang untuk mendapat informasi. Penggunaannya yang praktis dan lebih murah menjadi daya tarik tersendiri. Sayangnya, gadget yang terhubung internet tidak akan luput dari banyaknya iklan yang bermunculan.

Iklan ini selain mengganggu fokus, juga mengandung hal negatif yang secara tidak sengaja mengajak orang bermaksiat. Tentu hal ini sangat tidak dibenarkan dalam agama apapun.

  • Lebih Berkah

Semakin sulit jalan seseorang mendapatkan ilmu, tentu tingkat keberkahannya juga semakin tinggi. Ini disebabkan karena jalan sulit yang dilalui tersebut sudah dinilai pahala oleh Allah.

Berbeda dengan membaca melalui gadget yang tidak membutuhkan banyak usaha dan hanya membutuhkan kuota saja.

Tidak heran jika orang yang mendapat materi melalui internet lebih mudah lupa dibandingkan mempelajarinya melalui buku.

  • Tidak Menyebabkan Lupa Waktu Ibadah

Saat beberapa bab atau lembar dari buku sudah tuntas dibaca, seseorang bisa melakukan aktivitas lainnya dan tidak akan membawa buku ke segala tempat. Ini berbeda dengan gadget yang bisa dibawa ke manapun dengan mudah.

Akibatnya, mereka yang membaca di internet akan lupa waktu dan terlambat melakukan ibadah karena terlalu asyik membaca dan membawa gadget ke manapun.

3. Kelebihan Bagi Kecerdasan

Manfaat membaca buku untuk kecerdasan juga sudah tidak diragukan lagi. Dengan membaca melalui buku, kelebihan-kelebihan berikut secara otomatis akan didapatkan, di antaranya :

  • Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak

Kalau Anda rajin membaca buku, tidak perlu khawatir mengalami penurunan fungsi kognitif saat usia bertambah tua. Orang yang rajin membaca, tidak akan mudah pikun ataupun  kesulitan mengingat nama dan wajah orang setelah tua.

Fakta ini juga sudah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh salah satu universitas di Amerika Serikat. Dalam sampel penelitiannya, mereka yang sudah berusia 80 tahun ke atas tidak mudah terkenal penyakit terkait kemampuan kognitif, seperti alzeimer dan demensia.

  • Meningkatkan Kecerdasan

Orang yang membaca, otaknya akan terus diasah dengan kondisi yang relaks. Secara tidak langsung, kecerdasannya juga akan terus meningkat sesuai jumlah buku yang dibaca. Kondisi ini tetap berlaku meski yang dibaca bukanlah buku pelajaran.

4. Kelebihan dalam Etika

Membaca dengan buku ternyata juga memiliki keunggulan dalam hal etika, kelebihan tersebut adalah :

  • Meningkatkan Rasa Empati

Rasa empati seseorang juga bisa diasah dengan membaca sebuah buku. Namun, buku yang dimaksud biasanya berupa buku fiksi seperti novel dan kumpulan cerpen. Karakter tokoh utama ataupun antagonis dalam cerita bisa membuat pembacanya lebih peka terhadap perasaan orang lain.

Meningkatnya rasa empati saat membaca buku fiksi baru bisa dirasakan kalau sudah terbiasa membacanya dalam waktu lama dan bertahap.

  • Mudah Mendalami Kebaikan dari Bahan Bacaan

Meski bukan kisah nyata, novel tentu memiliki amanat atau pesan baik yang ingin disampaikan kepada pembaca. Biasanya pesan tersebut disampaikan melalui perilaku tokoh utama. Pesan baik yang disampaikan melalui prilaku tokoh ini, akan mudah diresapi dan diterapkan pembaca.

  • Tidak Lupa Waktu

Membaca memang memberikan banyak manfaat, tapi jika membacanya menggunakan gawai, tentu akan membuat seseorang lupa waktu. Bahkan sulit mendengarkan perintah orang tua karena sudah terlalu asyik.

Berbeda dengan buku yang tampilannya monoton dan lebih fokus pada bacaan, maka pembacanya lebih mudah membagi waktu atau berhenti membaca untuk melakukan aktivitas lainnya.

Walaupun aktivitasnya sama-sama membaca, tapi jika media yang digunakan lebih banyak memberikan efek negatif, maka manfaatnya bisa berkurang. Oleh sebab itu, jangan pernah mencoba mengabaikan aktivitas membaca buku meskipun ada media internet yang bisa menjadi alternatif lainnya.

Baca Rekomendasi Berikut: