Apabila printer Epson L210 dijumpai kendala dengan menunjukkan tanda-tanda seperti hasil cetakan yang tidak jelas atau bahkan tidak mengeluarkan hasil cetakan sama sekali. Jangan terburu-buru membawanya ke jasa service printer! Kemungkinan print head Epson L210 hanya perlu diberi perawatan pembersihan.

Penyebab terjadinya permasalahan head print yang bermasalah ini biasanya karena printer jarang digunakan. Bisa juga disebabkan karena tidak pernah melakukan head cleaning, sehingga tinta tidak bisa keluar dengan normal.

Permasalahan pada Head Print Epson L210

Pada printer Epson, keberadaan posisi head print dan cartidge terpisah. Bagian head print ini berfungsi sebagai komponen yang mengatur keluarnya tinta. Sebelumnya, akan dibahas terlebih dahulu terkait dengan permasalahan yang sering muncul terkait print head Epson L210.

1. Hasil Cetakan Buram, Tidak Bagus, Terputus-putus, dan Bergaris

Apabila saat melakukan pencetakan, hasil yang diperoleh terlihat putus-putus, buram, dan bergaris bisa menjadi indikasi jika tinta akan habis, atau bisa juga karena head printer sedang bermasalah. Head printer tidak dapat mengeluarkan tinta dengan lancar karena terjadi penyumbatan.

Penyumbatan terjadi pada bagian lubang tempat keluarnya tinta. Dengan demikian, untuk mengatasi permasalahan ini perlu dilakukan deep cleaning pada bagian head print. Deep cleaning bisa dilakukan dengan melakukan pengaturan software.

2. Tidak Keluar Tinta

Permasalahan yang lebih berat print head Epson L210 yaitu tinta tidak mau keluar. Penyebab dari masalah ini sangat beragam. Jadi, perlu dilakukan pengecekan secara menyeluruh untuk mengetahui penyebabnya. Namun, indikasi awal biasanya lebih mengarah pada kondisi head printer.

Faktor penyumbatan pada umumnya menjadi penyebab yang sering terjadi. Seringkali timbul karena ada sesuatu yang menghalangi lubang keluarnya tinta, seperti plastik segel. Maka dari itu, perlu dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Head Cleaning Printer EPSON L210

Cara Membersihkan Print Head Epson L210 Tanpa Bongkar

Pembersihan head printer bisa dilakukan secara mandiri, tanpa perlu meminta bantuan tenaga profesional. Langkah-langkahnya dapat mengikuti penjelasan pada artikel di bawah ini, khusus print seri Epson L210:

1. Menghidupkan Printer Epson L210

Printer Epson L210 harus selalu dihidupkan selama proses head cleaning. Sebab, hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada printer. Pada tahap ini, lampu daya seharusnya bisa berkedip. Apabila tidak berkedip, harus diperiksa Nozzle cetak pada jendela head cleaning.

2. Mengakses Perangkat Lunak Printer

Langkah berikutnya adalah mengakses perangkat lunak printer yang terhubung pada utility printer. Hanya perlu klik tombol Clean Head Cartidge saja.

3. Membersihkan Head Print

Pada tahap berikutnya akan muncul tab-tab, ikuti tab utility kemudian klik head cleaning. Proses pembersihan ditunggu hingga selesai. Ingat, printer tidak boleh dimatikan ketika proses pembersihan sedang berlangsung, karena dapat berakibat kegagalan pembersihan maupun kerusakan.

4. Mencetak Pola Nozzle

Selanjutnya, pola Nozzle harus dicetak dan diamati. Apabila bentuk pola tidak beraturan, harus dilakukan head cleaning lagi.

5. Mengulangi Kembali

Jika print head printer tidak bersih, ulangi langkah-langkah di atas untuk memulai proses  pembersihan print head berikutnya. Periksa pola pada halaman pengujian, jika polanya belum bagus harus mengulangi siklus pembersihan.

Jika kualitas cetak tidak sesuai setelah dilakukan beberapa kali proses pembersihan, maka catridge printer harus diganti.

Jika menjumpai print head Epson L210 telah mengalami tanda-tanda kerusakan seperti yang telah disebutkan di atas, lebih baik segera cek bagian tersebut dengan seksama. Lakukan pembersihan atau head cleaning seperti pada penjelasan di atas. Namun, apabila printer masih mengalami hal yang sama berarti cartidge memang harus segera diganti.

Baca Rekomendasi Berikut: