Mesin penghancur kertas adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk menghancurkan dokumen kertas menjadi partikel yang tidak dapat dibaca. Komponen mesin penghancur kertas terdiri dari satu set pisau pemotong berputar yang digerakkan oleh motor listrik.

Biasanya jenis pisau yang digunakan tergantung pada mesin penghancur kertas, seberapa kecil potongan yang ingin didapatkan. Mesin ajaib satu ini dapat mengubah sebuah dokumen rahasia menjadi potongan-potongan panjang atau potongan kertas kecil.

Mesin Penghancur Kertas

Mesin penghancur kertas dokumen sangat penting untuk menjaga kerahasiaan dan informasi sensitif sebuah perusahaan dengan aman.

Sebagian besar perusahaan membuat dan menyimpan file dengan isi yang sensitif, contohnya adalah laporan laba dan rugi, tagihan, audit, catatan akun pelanggan, laporan keuangan, lembar kerja, catatan pajak, pemrosesan data, rencana pemasaran, dan bahkan identitas  karyawan.

Kantor pemerintah, organisasi non-komersial, perusahaan besar, usaha kecil, dan bisnis UMKM lainnya biasa menggunakan mesin penghancur kertas atau paper shredders untuk  memotong kertas menjadi potongan-potongan halus, yang kemudian dikumpulkan dan didaur ulang.

Mesin penghancur kertas kantor dirancang untuk digunakan oleh lebih dari satu orang, di sebuah perusahaan yang besar.

Baca juga: Fungsi dan Cara Memilih Mesin Penghancur Kertas

Komponen Mesin Penghancur Kertas

Mesin penghancur kertas kantor mempunyai banyak bervariasi dalam kecepatan, kapasitas, dan harga. Namun, pada umumnya mesin penghancur kertas memiliki beberapa komponen penting seperti:

1. Konstruksi Mesin

Komponen yang pertama adalah mesin dengan fungsinya sebagai landasan untuk semua komponen lainnya yang ada di paper shredders. Konstruksi mesin terdiri dari rangka, frame bagian kanan dan kiri, serta frame untuk cover.

Bagian rangka mesin paper shredders terbuat dari besi sambungan dengan proses pengelasan yang memastikan, bahwa rangka ini mampu menyokong setiap komponen mesin lainnya.

Sementara  frame kanan dan kiri mempunyai bentuk seperti plat yang ditempelkan di bagian kanan maupun kiri rangka. Sementara bagian frame cover mempunyai bentuk plat yang ditekuk sebagai transmisi mesin roda gigi.

2. Sistem Transmisi

Transmisi adalah salah satu komponen mesin penghancur kertas yang utama karena digunakan untuk mengantarkan putaran dari motor listrik menuju sistem pemotong. Pada bagian sistem transmisi ini mempunyai 3 bagian roda dengan fungsinya masing-masing, di antaranya:

  • Roda gigi helix digunakan untuk melanjutkan putaran yang dihasilkan motor listrik.
  • Roda gigi lurus digunakan untuk meneruskan putaran yang dihasilkan roda gigi helix. Transmisi yang dihasilkan dari roda gigi lurus ini memiliki 2 tingkatan.
  • Roda gigi utama terletak di bagian poros utama yang bisa membuat poros berputar dengan arah yang saling berlawanan.

3. Sistem Pemotong

Komponen yang terakhir adalah sistem pemotong dengan pisau yang berada di vertikal dan horizontal mesin. Pada komponen sistem pemotong ini ada beberapa bagian, seperti:

  • Poros utama memiliki bentuk seperti persegi dan di bagian kedua ujung pisau ada 4 mata pisau.
  • Pisau dinamis inilah yang digunakan untuk memotong kertas dengan arah vertikal maupun horizontal.
  •  Pisau pemotong statis mempunyai bentuk persegi dengan lubang bulat. Pisau ini tidak bisa bergerak  dan hanya bisa menjadi pembatas saja.

Tidak semua mesin penghancur kertas menghasilkan potongan yang sama. Semua tergantung pada seberapa besar keamanan yang perusahaan butuhkan dan jenis dokumen yang ingin dihancurkan, atau seberapa penting informasi tersebut bagi bisnis Anda.

Dengan kata lain, tidak setiap mesin penghancur membuat ukuran partikel yang sama. Namun, pada umumnya, komponen mesin penghancur kertas pasti terdiri dari beberapa hal yang disebutkan di atas.

Baca Rekomendasi Berikut: