Ada berapa sih sebenarnya mesin penghancur kertas kapasitas besar? Mesin penghancur kertas dengan kapasitas besar ada banyak sekali jenisnya, mulai strip-cut, cross-cut, micro-cut, dan jenis potongan lainnya.

Selain dibedakan karena potongan dan kapasitasnya, mesin penghancur kertas umumnya juga dibagi berdasarkan fiturnya. Ada yang bisa digunakan untuk menghancurkan kertas rahasia, adapula yang bisa digunakan untuk merobek CD.

Mesin Penghancur Kertas Kapasitas Besar

1. Strip-Cut Paper Shredders

Mesin penghancur kertas kapasitas besar satu ini dikenal menghasilkan potongan kertas seperti pita atau lurus. Mesin penghancur kertas berisi satu bilah pisau ini mampu untuk memotong dokumen kertas secara vertikal.

Mesin penghancur kertas strip-cut akan merusak dokumen menjadi garis vertikal panjang, bukan potongan pendek. Rata-rata, dokumen standar akan dicacah menjadi 39 strip. Strip ini mungkin masih berisi bagian teks dan visual, grafik, tanda tangan, atau foto yang dapat dibaca.

Mesin penghancur kertas satu ini sangat cocok untuk merobek dokumen non-rahasia dan dapat digunakan untuk penggunaan pribadi.

Mesin satu ini bisa menghancurkan kertas dengan cepat  dan membutuhkan perawatan paling sedikit. Sisi negatifnya adalah penghancur kertas ini tidak direkomendasikan untuk merobek-robek dokumen rahasia.

2. Cross-Cut Paper Shredders

Mesin penghancur kertas dengan kapasitasnya yang besar selanjutnya adalah cross-cut paper shredders. Mesin penghancur kertas ini memotong dokumen secara diagonal dari kedua arah, yang menghasilkan partikel kertas kecil.

Nah, karena kapasitas teknologi cross-cutnya ini, maka paper shredders ini menawarkan keamanan yang jauh lebih baik daripada model strip-cut. Dokumen standar umumnya dipecah menjadi sekitar 400 partikel.

Mesin penghancur kertas cross-cut memberikan keamanan yang cukup untuk merobek-robek dokumen rahasia umum di kantor. Oleh karena itu, cross-cut paper adalah jenis mesin penghancur kertas paling populer di dunia.

Mesin penghancur kertas jenis ini menawarkan kapasitas besar dan bisa menghancurkan kertas dengan cepat. Nah, agar mesin penghancur kertas cross-cut terawat dengan baik, maka disarankan untuk memberikan minyak pada mesin penghancur kertas secara teratur.

Baca juga: Fungsi dan Cara Memilih Mesin Penghancur Kertas

3. Micro-Cut Paper Shredders

Mesin penghancur kertas kapasitas besar dengan potongan mikro menawarkan kapasitas yang lebih besar dari kedua paper shredders yang disebutkan sebelumnya. Mesin satu ini lebih canggih dan menawarkan keamanan tinggi untuk menghancurkan data yang sangat rahasia.

Micro-cut paper shredders sendiri menawarkan tingkat keamanan informasi tertinggi dan direkomendasikan untuk merobek-robek dokumen yang sangat rahasia, misalnya dokumen dari pemerintah.

Partikel kertas yang dihasilkan dari mesin penghancur ini berukuran sangat kecil. Seseorang bahkan tidak dapat membaca satu huruf pun di atas kertas yang telah dihancurkan. Satu dokumen A4 bisa berakhir menjadi lebih dari 2.000 partikel kecil saat dihancurkan dengan mesin ini.

4. Mesin Penghancur Kertas Auto Feed

Terakhir, ada mesin penghancur kertas auto feed yang dapat menghancurkan dokumen dalam jumlah besar secara otomatis karena kapasitasnya. Ya, dengan mesin ini, seseorang tidak perlu menghabiskan atau membuang waktu merobek-robek kertas.

Cukup memasukkan dokumen ke mesin penghancur kertas dan komponen dalam mesin secara otomatis akan merobek-robeknya. Mesin penghancur kertas auto feed biasa digunakan di kantor, terutama bisnis yang terkait layanan keuangan.

Mesin ini bisa menghancurkan dokumen dengan kecepatan yang tinggi dan dalam jumlah besar. Umumnya, mesin penghancur kertas auto feed ini dapat merobek sekitar 100 lembar. Adapula mesin auto feed yang bahkan bisa menghancurkan 500+ lembar per sesi.

Di antara keempat mesin penghancur kertas kapasitas besar yang telah disebutkan di atas, semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kantor. Sangat disarankan untuk memilih mesin penghancur kertas yang memiliki baki sehingga dapat dikunci untuk keamanan ekstra. 

Baca Rekomendasi Berikut: