Mengarang novel merupakan salah satu hobi yang membutuhkan kemahiran bahasa dan sastra yang baik. Walaupun sebatas hobi, nyatanya banyak pengarang novel terkenal yang bisa mendapatkan banyak pemasukan hanya dengan menulis.

Sebagai bahan motivasi, beberapa perjalanan karier penulis novel terkenal tersebut tentu harus diketahui, khususnya untuk pemula yang membutuhkan semangat dalam menulis novel.

Pengarang Novel Terkenal di Indonesia

Di Indonesia terdapat banyak sekali nama-nama penulis novel terkenal yang masih diingat sampai sekarang. Hal ini disebabkan karena karyanya yang sangat menarik dan membekas di hati para pembacanya. Beberapa pengarang terkenal tersebut di antaranya :

1. Pramodyea Ananta Toer

Penulis legendaris yang satu ini masih terkenal hingga sekarang karena karya novelnya yang sangat menarik. Selama masa hidupnya, pengarang novel terkenal ini telah menulis 50 karya sastra dan telah diterjemahkan dalam 42 bahasa asing.

Beberapa novel karyanya yang sangat terkenal dan masih laris terjual hingga sekarang adalah gadis pantai, rumah kaca, dan bumi manusia. Karena lahir sejak masa penjajahan Belanda, tidak heran kalau sebagian besar karyanya menceritakan kehidupan orang Indonesia di masa penjajahan.

2. Umar Kayam

Umar Kayam juga seorang penulis Indonesia yang lahir sejak masa penjajahan. Meski begitu, tulisannya tidak hanya berkutat tentang kehidupan di masa penjajahan, namun lebih fokus menceritakan budaya asli masyarakat Indonesia dan strata sosial yang berlaku di masanya.

Seorang pengarang novel terkenal Penulis yang lahir di Ngawi Jawa Timur ini juga dikenal sebagai budayawan, karena kerap kali mengenalkan budaya Indonesia yang sangat kental dalam setiap karyanya. Buku yang ditulis juga sangat banyak, salah satunya yang paling terkenal hingga sekarang adalah Para Priyayi.

3. Nh. Dini

Penulis legendaris Indonesia yang terkenal dari kalangan wanita adalah Nh. Dini. Salah satu ciri khas novel yang menjadi andalannya adalah tentang ketidakadilan gender di masanya. Selain itu, novel yang ditulis dominan dengan novel romantis.

Banyak sekali novel Nh. Dini yang masih dikenang sampai sekarang. Beberapa di antarnya adalah Namaku Hiroko, Dua Dunia, La Barka, serta Hati yang Damai. Dengan membaca novel ini, pembaca akan diajak untuk mengintip kisah percintaan orang zaman dahulu.  

4. Haidar Musyafa

Penggemar tokoh berpengaruh di Indonesia pasti mengenal penulis yang satu ini. Haidar Musyafa yang tergolong penulis muda ini menyajikan genre novel yang agak berbeda, yakni tentang kisah tokoh-tokoh terkenal di Indonesia.

Beberapa tokoh yang kisahnya ditulis Haidar dalam bentuk novel adalah Buya Hamka, Ki Hajar Dewantara, Ustadz Jeffri Al Bukhary, serta Ahmad Dahlan. Melalui novelnya, Haidar ingin mengenalkan masyarakat dengan tokoh tersebut dan meneladani perjuangannya.

5. Andrea Hirata

Penggemar film Laskar Pelangi pasti sangat familiar dengan nama Andrea Hirata sebagai penulis novelnya. Selain laskar pelangi, pengarang novel terkenal ini juga banyak menulis novel lainnya yang beberapa di antaranya sudah diterjemahkan dalam bahasa Inggris.

Sebagian besar, karya novel Andrea menceritakan tentang kehidupan di daerah terpencil. Selain itu, bahasa yang digunakan juga lebih apik sesuai dengan latar belakang pendidikannya yang cukup tinggi.

6. Ahmad Fuadi

Nama Ahmad Fuadi mulai dikenal sejak karyanya berjudul Negeri 5 Menara difilmkan. Meski tulisannya menarik, nyatanya Ahmad Fuadi justru memiliki latar belakang sebagai wartawan. Novel yang ditulis Fuadi banyak menceritakan tentang kehidupan seorang pelajar di daerah perantauan.

7. Tere Liye

Nama aslinya adalah Darwis, seorang anak petani yang lahir di daerah Lahat Sumatera. Sebagai pengarang novel terkenal penulis yang lahir di daerah yang kental agamanya, tidak heran jika tulisan-tulisannya lebih banyak mengadopsi tema agama. Salah satunya adalah novel Hafalan Salat Delisa.

8. Asma Nadia

Penulis berhijab yang satu ini masih aktif menulis sampai sekarang. Sebagai perempuan muslim, Asma Nadia lebih suka menulis novel dan cerpen rumah tangga dari sudut pandang wanita. Novel terkenal dari Asma Nadia sangat banyak yang difilmkan.

Beberapa di antaranya adalah Surga yang Tak Dirindukan dan Assalamualaikum Beijing.

9. Dewi Lestari

Satu-satunya penulis yang pernah berkarier dalam dunia tarik suara adalah Dewi Lestari. Penulis cantik kelahiran Bandung ini mulai dikenal publik saat menerbitkan novel Perahu Kertas. Novel lainnya yang tidak kalah terkenal adalah Supernova dan Filosofi Kopi.

10. Habiburahman El Shirazy

Memiliki latar belakang pendidikan di Mesir, Habiburrahman menuangkan wawasan agama Islamnya dalam bentuk novel. Bahkan semua novel yang ditulis bertema cinta dalam sudut pandang islam.

Dua karya novelnya yang sangat fenomenal dan di filmkan adalah Ayat-ayat Cinta dan Ketika Cinta Bertasbih.

11. Pidi Baiq

Siap sangka novel remaja kekinian yang berjudul Dilan diulis oleh penulis yang usianya sudah mencapai 50 tahun. Walaupun namanya baru dikenal sejak novel Dilan difilmkan, tetapi Pidi Baiq sudah aktif menulis sejak tahun 2008.

Genre tulisannya tidak hanya romantis dan humor saja, tapi ada juga yang berupa dongeng untuk anak-anak.

Pengarang Novel Terkenal di Dunia

Dalam dunia internasional, nama-nama pengarang novel terkenal berikut juga patut dijadikan teladan atas karya sastranya yang fenomenal dan mendunia. Beberapa penulis tersebut adalah :

1. JK Rowling

Karya Novel yang menjadi ciri khas tulisan JK Rowling adalah bernuansa fantasi. Karyanya yang sangat terkenal di dunia dan difilmkan adalah Harry Potter. Berkat tulisannya tersebut, JK Rowling yang berasal dari Inggris ini berhasil menjadi penulis dunia yang sangat kaya.

2. Leo Tolstoy

Leo merupakan penulis kebanggaan Rusia yang tulisannya masih terus dijadikan bahan pembelajaran sastra sampai sekarang. Penulis yang lahir di tahun 20-an ini berhasil menulis banyak novel yang sangat dikenal dunia, salah satunya adalah War and Peace.

3. Cs Lewis

Penulis kelahiran Irlandia ini tidak hanya dikenal sebagai penulis saja, namun juga seorang pakar sastra yang sangat dihormati. Meski dari latar belakang sastra, Lewis juga menulis beberapa genre novel yang bervariasi, seperti apologetik kristen, fiksi ilmiah, anak-anak, serta karya fantasi.

Novel terkenal karya Lewis yang cukup digemari adalah The Lion, the Witch and the Wardrobe.

4. Stephen King

Penggemar novel horor tentu sangat mengenal penulis berkebangsaan Amerika ini. Stephen termasuk penulis yang memiliki masa lalu sulit karena dilahirkan dari orang tua pelaut dan ditinggal mati ayahnya sejak usianya 2 tahun.

Karya novelnya yang bergenre horor juga bagian dari akibat masa lalu buruknya yang pernah melihat temannya tertabrak kereta api secara langsung. Berawal dari penggemar komik horor, Stephen mulai mencoba menulis karyanya sendiri berupa novel. Salah satunya berjudul Misery.

5. Haruki Murakami

Haruki adalah satu-satunya penulis terkenal dunia yang berasal dari Asia, tepatnya Jepang. Keunikan dari novel karya Haruki ini adalah alirannya yang khas Surealismen, Bildungsroman, sihir, dan fiksi. Tema novel yang dominan dari Haruki berupa pengasingan dan kesendirian seseorang.

Novel terkenal dunia yakni Killing Comendatore dan Pinball 1973 adalah beberapa contoh hasil tulisannya.

Beberapa nama pengarang novel terkenal di atas tentu bisa menjadi bahan motivasi untuk terus berkarya dalam tulisan. Sebagian besar penulis di atas tidak mendapatkan kesuksesannya dengan mudah. Namun ada kerja keras dan semangat pantang menyerah yang dimiliki untuk terus berkarya.

Baca Rekomendasi Berikut: