Tumpukan kertas tidak terpakai yang sudah menggunung, tentu akan banyak memakan ruang di dalam kantor. Menghadapi permasalahan tersebut, diperlukan sebuah alat mesin penghancur kertas? Lantas, apa pengertian mesin penghancur kertas?

Pernahkah terdengar mesin penghancur kertas? Pada umumnya, mesin ini banyak digunakan di tempat-tempat kerja, seperti kantor, percetakan, dan tempat lainnya. Untuk lebih jelasnya mengenai pengertian mesin penghancur kertas, bisa menyimak ulasan artikel di bawah ini:

Pengertian Mesin Penghancur Kertas

Mesin penghancur kertas merupakan sebuah mesin yang diciptakan dengan fungsi untuk menghancurkan kertas. Tujuan penghancuran kertas ini bisa untuk daur ulang maupun menghancurkan dokumen penting supaya tidak disalahgunakan. Mesin penghancur kertas juga biasa disebut dengan paper shredder.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, mesin penghancur kertas tidak hanya digunakan untuk menghancurkan kertas saja. Melainkan, bisa digunakan untuk menghancurkan bahan lembaran yang lebih keras. Misalnya, kepingan CD serta kartu-kartu seperti kartu kredit, kartu debit, dan sebagainya. Itulah tadi penjelasan yang membahas pengertian mesin penghancur kertas.

Bagian-Bagian dari Mesin Penghancur Kertas

Mesin penghancur kertas didesain dengan komponen pendukung untuk menghancurkan kertas. Komponen tersebut tersusun menjadi bagian-bagian yang memiliki fungsi berbeda, namun saling mendukung. Bagian-bagian tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Rangka

Semua bagian dari komponen mesin penghancur kertas ditopang oleh rangka. Rangka ini biasanya terbuat dari besi UNP. Namun, pada mesin yang berukuran kecil seringkali tidak dilengkapi dengan rangka. Hanya menggunakan box yang terbuat dari plastik saja.

2. Penampung

Penampung berfungsi untuk menampung hasil cacahan kertas yang telah dihancurkan. Pada umumnya, penampung berupa bak yang terbuat dari plastik atau plat besi. Bentuk penampungan ini berlubang kecil-kecil.

3. Cover Atas

Cover atas ditambahkan dengan fungsi untuk pengaman tangan operator. Cover atas ini berbentuk plat yang menutupi pisau yang berada di bawahnya.

4. Frame Kanan dan Kiri

Frame kanan dan kiri terbuat dari sebuah plat besi yang difungsikan untuk menahan poros mesin penghancur kertas. Pada kedua frame ini juga dilengkapi dengan bearing dan gear yang menempel.

5. Frame Cover

Frame cover berfungsi untuk menutupi frame cover. Tujuannya supaya tidak membahayakan ketika mesin sedang dioperasionalkan. Bahan dari frame cover biasanya terbuat dari plat esser maupun plastik.

6. Pisau

Mesin penghancur kertas dilengkapi dengan shredder yang terdiri dari 2 macam pisau, yaitu pisau gerak dan pisau putar. Pisau gerak berguna untuk menahan kertas. Sedangkan, pisau putar berguna untuk merobek kertas.

7. Roda Gigi

Pada sebuah mesin penghancur kertas dilengkapi dengan roda gigi. Roda gigi tersebut dirangkai dengan posisi berlawanan dengan poros. Roda ini dapat bergerak karena digerakkan oleh motor listrik.

8. Motor Listrik

Komponen motor listrik sangatlah penting pada mesin penghancur kertas. Pasalnya, motor listrik ini menjadi bagian yang berfungsi untuk menghasilkan tenaga. Energi tidak langsung dialirkan pada poros, melainkan ditransfer terlebih dahulu pada gearbox.

Baca juga: Fungsi dan Cara Memilih Mesin Penghancur Kertas

Cara Kerja Mesin Penghancur Kertas

Setelah mengetahui bagian-bagian dari mesin penghancur kertas, selanjutnya memahami cara kerja mesin tersebut. Sebenarnya, rangkaian mesin ini cukup sederhana. Cara kerja mesin penghancur kertas antara lain:

  • Kertas dimasukkan pada penampungan
  • Kertas akan masuk ke dalam mesin sedikit demi sedikit
  • Pisau gerak akan berfungsi menahan kertas supaya mudah disobek
  • Pisau putar mulai bekerja ketika pisau gerak sudah menahan kertas yang akan disobek
  • Pisau putar terus berputar sampai kertas selesai dihancurkan
  • Potongan kertas akan keluar dalam bentuk lembaran kecil-kecil

Sudah cukup jelas bagaimana penjelasan dari pengertian mesin penghancur kertas, bagian-bagiannya, serta cara kerjanya, bukan? Mengingat pentingnya mesin ini sebagai kelengkapan kerja, sebaiknya memang perlu dilakukan pengadaan mesin tersebut.

Baca Rekomendasi Berikut: