Untuk mencetak file berukuran A3 memang tidak bisa dilakukan dengan semua jenis printer. Melainkan, harus menggunakan printer khusus yang memiliki print head berukuran lebar. Fitur ini dipunyai oleh beberapa printer A3 produk keluaran dari Epson.

Rekomendasi Printer A3 dari Epson

Epson yang dikenal sebagai produsen printer mengeluarkan beragam seri printer untuk mencetak kertas A3. Printer tersebut sudah tentu dilengkapi head printer yang berukuran besar dibandingkan printer pada umumnya. Inilah rekomendasi printer yang bisa mencetak kertas berukuran A3.

Epson L1300

Printer Epson L1300 ini merupakan printer ink tank pertama yang diberi fitur dukungan untuk bisa mencetak kertas ukuran A3. Printer A3 ini dilengkapi dengan teknologi cetak Micro Piezo yang menjadikan kualitas hasil cetakan sangat tajam dengan resolusi cetak mencapai 5760 DPI.

Jika digunakan untuk mencetak mode draft, Epson L1300 mampu mencetak dengan kecepatan hingga 30 PPM (hitam) dan 17 PPM (warna). Sedangkan untuk mode ISO, kecepatannya mencapai 15 IPM (hitam) atau 5.5 IPM (warna). Printer ini juga diklaim hemat tinta.

Kendati menggunakan mode empat  warna, diantaranya cyan, magenta, kuning, dan hitam dalam melakukan pencetakan, namun Epson L1300 memiliki 5 buah tangki. Warna hitam menampati dua tangki. Jika digunakan untuk mencetak dokumen yang berwarna hitam, kedua buah tangki tersebut mampu mencetak 7.100 lembar kertas A3.

Epson Workforce WF-7711

Printer A3 ini dilengkapi fitur yang mendukung untuk disambungkan pada berbagai koneksi seperti USB, Wi-Fi Direct, dan NFC. Maka dari itu, sangat cocok jika digunakan untuk menunjang kegiatan percetakan. Printer ini bersifat printer multifungsi sebab selain mencetak, juga mampu melakukan scan, photo copy, bahkan juga fax

Teknologi cetak yang digunakan oleh printer ini mengusung PrecisionCore. Sebuah teknologi yang mengunggulkan tampilan detail yang tinggi meskipun menggunakan mode fast printing. Untuk mempermudah proses mencetak atau scan, printer keluaran Epson ini dilengkapi dengan fitur ADF (Automatic Document Feeder) yang memiliki kapasitas 35 lembar.

Kecepatan cetak printer ini sangat bisa dihandalkan. Kecepatan bisa mencapai 18 IPM untuk warna hitam dan 10 IPM untuk berwarna. Saat digunakan untuk mode duplex, kecepatannya sedikit menurun namun masih cukup bagus, yaitu 8,7 IPM dan 6 IPM.

Baca juga: Cara Head Cleaning Printer EPSON L210

Epson L1455

Printer A3 canggih ini mendukung untuk koneksi nirkabel Wi-Fi Duplex. Koneksi jaringan yang didukung oleh printer ini cukup beragam, diantaranya mencakup TCP/IPv4, TCP/IPv6, LPD, IPP, PORT9100, dan WSD. Sementara, mode jaringan yang didukung antara lain adalah Ethernet, Wi-Fi IEEE 802.11 b/g/n, dan Wi-Fi Direct.

Kecepatan cetak printer ini cukup bagus, untuk kertas berukuran A4 bisa mencapai 18 IPM dan 10 IPM untuk kertas berukuran A3. Hasil cetak Epson L1455 juga tahan terhadap air maupun goresan benda tajam. Namun, untuk keunggulan ini mengharuskan tinta asli keluaran Epson sendiri.

Epson L1455 memiliki kemampuan mencetak kedua sisi kertas secara otomatis. Saat mencetak dengan mode duplex, kecepatan cetaknya memang bisa menurun. Untuk kertas berukuran A4 kecepatannya bisa menjadi 8.7 IPM. Printer ini juga dilengkapi dengan sistem ADF (Automatic Document Feeder) yang mempunyai kapasitas 35 lembar. ADF ini mendukung juga kemampuan mencetak duplex printer nirkabel.

Ketiga seri printer A3 dari keluaran Epson ini memang dibekali fitur yang menggunakan teknologi canggih. Namun, ada baiknya mengetahui spesifikasi masing-masing jenis printer tersebut secara detail. Tentu saja sesuaikan juga dengan budget dan kebutuhan yang diprioritaskan.

Baca Rekomendasi Berikut: