Permasalahan yang seringkali menjangkit pada sebuah printer ialah gagal dalam mencetak. Penyebabnya bisa cukup beragam. Namun, hampir semua seri dari jenis printer mengalami hal yang serupa dengan sebab yang sama. Pada artikel ini akan dipaparkan terkait printer Epson L120 tidak bisa print.

Bagian yang harus diperiksa ketika Printer Epson L120 Tidak Bisa Print

Jika dijumpai bahwa printer tidak bisa mencetak itu menandakan printer sedang tidak dalam kondisi baik. Permasalahan tersebut disebabkan oleh berbagai hal. Namun, untuk dapat mengatasinya harus melakukan pemeriksaan terhadap komponen-komponen pada printer tersebut.

  • Lampu Indikator

Lampu indikator pada printer Epson L120 dinyatakan normal apabila lampu selalu dapat menyala. Sementara, apabila dijumpai lampu sering berkedip-kedip bisa dipastikan printer tersebut bermasalah.

  • Cartridge

Pada bagian cartridge atau tinta ini harus dipastikan posisinya pada printer Epson L120 apakah sudah terpasang dengan benar. Tidak ketinggalan, periksa juga isi tinta pada tabung penyimpanan tinta.

  • Kabel Penghubung antara Printer dengan Laptop/Komputer

Kabel penghubung printer ke laptop/komputer harus dipastikan apakah tersambung dengan baik atau tidak. Alangkah lebih baik jika kabel dicabut terlebih dahulu, kemudian baru dipasang kembali. Untuk memastikan kalau kabel telah terpasang dengan benar.

  • Sistem Driver Printer

Sistem driver dari printer harus diperiksa dengan teliti. Apakah semuanya sudah terinstal dengan baik atau belum. Juga tidak boleh terlewatkan, apakah ada kemungkinan terganggu dengan adanya gangguan virus. Jika terdapat virus, bisa diatasi dengan aplikasi anti virus.

Cara Mengatasi Printer Epson L120 Tidak Bisa Melakukan Print

Jangan bingung jika menjumpai printer dalam keadaan tidak bisa melakukan print. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk memperbaiki permasalahan terkait printer tersebut.

Baca juga: Cara Head Cleaning Printer EPSON L210

Masalah Printer Epson L120 yang Tidak Bisa Melakukan Print Disertai dengan Lampu Indikator yang Tidak Menyala

Untuk mengatasi permasalahan ini, perlu dilakukan pengaturan melalui sistem windows setting. Cara-caranya adalah sebagai berikut:

  • Masuk pada menu Services dengan melakukan pencarian pada bagian Search Windows
  • Kemudian akan muncul jendela tab Service
  • Pilih dan klik Print Spooler dengan mengetuk sebanyak 2 kali, kemudian pilih tombol Stop
  • Dengan tetap membiarkan jendela Print Spooler tetap terbuka, masuk ke Windows Explorer dan lakukan penghapusan pada menu Printers
  • Kembali lagi pada tab jendela Print Spooler, klik tombol Start
  • Langkah ini sudah selesai, sekarang cobalah untuk mengoperasionalkan kembali printer Epson L120

Masalah Printer Epson L120 yang Tidak Bisa Melakukan Print Disertai dengan Lampu Indikator Menyala Berwarna Orange

Apabila printer menunjukkan lampu indikator yang menyala warna orange, hal itu berarti printer Epson L120 perlu dilakukan reset ulang. Cara mereset ulang printer cukup mudah. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Tekan dan tahan tombol resume Epson L120 selama 5 detik, kemudian lepas
  • Ulangi dengan menekan dan tahan tombol resume selama 3 detik, kemudian lepas
  • Ulangi sekali lagi, tekan dan tahan tombol resume sekitar 1 detik, kemudian lepas
  • Tunggu sampai lampu indikator berubah menjadi warna hijau

Masalah Printer Epson L120 yang Tidak Bisa Melakukan Print Disertai dengan Lampu Indikator Menyala Normal

Apabila lampu indikator menyala normal, namun printer tidak bisa digunakan untuk mencetak maka terdapat bagian sistem driver printer ada yang hilang. Solusi untuk mengatasinya dilakukan dengan menghapus driver lama dan menginstal kembali driver terbaru.

  • Download driver printer Epson L120 yang sesuai dengan Sistem Windows yang digunakan
  • Install file yang telah diunduh tersebut, maka secara otomatis driver lama akan terhapus digantikan dengan driver baru.

Printer Epson L120 tidak bisa print memang menyebalkan. Namun, diharapkan permasalahan tersebut dapat diatasi dengan melakukan cara-cara di atas. Dengan demikian, printer bisa kembali normal.

Baca Rekomendasi Berikut: