Alat pencetak dari dokumen yang telah dibuat sebelumnya dari komputer dinamakan printer. Ada banyak fitur yang berbeda pada setiap jenis dan merk printer, misalnya printer untuk kertas A3. Secara umum, printer kertas A3 ini digunakan untuk mencetak dokumen atau draft dari gambar.

Biasanya printer A3 jarang digunakan secara pribadi, karena kebanyakan orang yang memiliki printer ini adalah pengusaha percetakan atau jasa di bidang percetakan. Untuk kebutuhan percetakan desain seperti desain grafis, interior, dan juga arsitektur sebaiknya memakai printer berkualitas.

Daftar Rekomendasi Jenis Printer untuk Kertas A3 yang Terbaik

Ada banyak merk printer yang bisa Anda pilih dengan keunggulannya masing-masing dan harga variatif. Namun, kebanyakan orang menggunakan printer merk Epson untuk kebutuhan cetak kertas A3. Pilihan rekomendasi lainnya dari printer untuk kertas A3 di antaranya yaitu:

1. Printer Epson T1100

Merk printer Epson dengan tipe T100 merupakan rekomendasi terbaik dari printer untuk kertas A3. Keunggulannya yaitu memiliki teknologi terbaru yang bisa membantu mencetak gambar dengan hasil paling baik.

Teknologi tersebut yaitu Stylus office dengan kualitas hasil cetakan yang detail dan tidak buram. Printer Epson ini juga direkomendasikan untuk pencetakan foto ukuran 16R yang memiliki kualitas cetak anti luntur.

Terdapat juga fitur untuk mengukur droplet tinta supaya hasil warnanya lebih tajam dan juga terang.

2. Printer Canon Pixma IX 6560

Printer dengan merk Canon ini juga direkomendasikan sebagai printer terbaik untuk cetak kertas A3. Resolusinya yaitu  9600 x 2400 dpi yang sudah dilengkapi dengan teknologi cetak inkjet, dan memiliki kecepatan cetak terbaik.

Apabila Anda mencetak warna putih/hitam maka kecepatannya mencapai 11.3 ipm. Lain halnya dengan cetakan berwarna yang mencapai 8.8 ipm.

3. Printer Brother MFC – J3720

Ada pula printer dengan merk Brother MFC seri J3720 sebagai printer untuk kertas A3 dengan kualitas bagus. Printer ini multifungsi karena bisa dipakai untuk scan, copy, dan juga fax.

Bahkan dilengkapi juga dengan wireless WiFi, sehingga bisa dipakai untuk mencetak dokumen melalui jaringan internet tersebut.

4. Printer Epson L1800

Ada pula Epson L1800 yang sering digunakan untuk printer di perusahaan percetakan. Keunggulannya adalah memiliki 6 tipe warna yang meliputi warna magenta, light magenta, cyan, light cyan, yellow, dan juga black. Perpaduan warnanya menghasilkan warna berkualitas tinggi.

5. Printer All in One Epson L1455

Jumlah pengguna printer Epson memang sangat banyak, terutama bagi mereka yang menginginkan hasil cetak gambar berkualitas tinggi. Printer ini bisa mencetak ukuran A3 dengan ukuran resolusi yang mencapai 9600 dpi.

Beragam jenis kertas dan ukuran juga telah didukung oleh printer Epson L1455 ini. Misalnya foto brilian, ledger, dan sebagainya.

6. Printer Epson Stylus Photo 1390

Bagi Anda yang bekerja di bidang arsitektur dengan grafis lebih baik menggunakan printer Epson Stylus Photo 139. Pasalnya, hasil cetakannya sangat bagus dan harganya pun lebih terjangkau dibanding tipe Epson lainnya.

7. Printer Canon PIXMA iX7000

Rekomendasi printer A3 berikutnya adalah Canon PIXMA iX7000 yang telah dilengkapi dengan fitur unggulan yaitu mampu mencetak gambar/teks, dengan warna yang lebih tajam dan terlihat jelas.

8. Printer Canon Pixma Pro 10

Jika ingin mencetak A3 dengan keunggulan pada hasil terbaik dihasilkan oleh printer Canon Pixma Pro 10. Fungsinya all in one karena tak hanya bisa dipakai untuk mencetak ukuran A3 saja.

Dari sekian banyak rekomendasi printer untuk kertas A3 di atas, Anda bisa membelinya dengan menyesuaikan kebutuhan A3 Anda dan sesuaikan juga dengan harganya.

Baca Rekomendasi Berikut: